5 Jenis Kucing Bengal dan Harganya, Termasuk Kucing Langka

Kucing bengal merupakan salah satu jenis hewan peliharaan yang pada dasarnya tergolong liar serta sangat sulit diatur.

Meski demikian, sekarang ini banyak para pecinta satwa dengan upaya penyelamatan dan pemeliharaan terhadap hewan tersebut mulai mengadopsinya. Baik karena faktor kelangkaan maupun ciri khas pada kucing bengal.

Ciri-ciri Fisik Kucing Bengal

Ciri ciri Fisik Kucing Bengal
Ciri-ciri Fisik Kucing Bengal

Berbeda dari berbagai jenis kucing pada umumnya, pada kategori bengal memang memiliki ciri fisik tersendiri.

Kriteria ini penting untuk dikenali guna memahami secara spesifik karakteristik hewan tersebut. Selain itu, kondisinya menjadi daya tarik serta tingginya minat untuk memeliharanya.

Sisi utama yang paling menonjol dari bengal adalah pola spotted wild di seluruh bagian tubuhnya. Corak tersebut mengidentikkannya sebagai hewan liar, sehingga sebagian orang mungkin masih asing terhadap mamalia satu ini.

Meski begitu karena tergolong sebagai jenis kucing maka Anda dapat mencoba untuk lebih akrab. Adapun pada segi berat tubuh, bengal jenis jantan dapat mencapai 10 kg dan betina sekitar 5 kg. Selain itu, perawakannya tampak besar, gagah serta panjang.

Ciri-ciri tersebut membuatnya sangat berbeda dengan varian kucing lain. Bulunya pun tidak lebat ditambah pula telinga lebih lebar nan tinggi.

Artikel Lainnya: Makanan Kucing Murah yang Basah dan Kering

5 Jenis Kucing Bengal dan Harganya

Jenis Kucing Bengal dan Harganya
Jenis Kucing Bengal dan Harganya

Meski tidak sepopuler beberapa kucing peliharaan seperti persia, anggora dan lain sebagainya.

Namun, bengal juga memiliki varian yang cukup beragam serta spesifik. Hal tersebut pun turut membagi ciri khusus hewan ke beberapa kondisi fisik mendetail. Berikut 5 jenis-jenis kucing bengal beserta harga pasarannya.

  1. Campuran marmer perak bengal oriental siam usia 7 bulan Rp 2,5 juta
  2. Anak kucing bengal usia 2-3 bulan Rp 5 juta
  3. Import kucing bengal dengan sertifikat usia 3 bulan Rp 10-15 juta
  4. Benggala putih usia 7 bulan Rp15 juta
  5. Benggala asli usia 3-6 bulan Rp10-40 juta

Harga bengal dalam negeri umumnya berbeda dengan pasaran internasional atau ketentuan yang berlaku di negara lain.

Biasanya akan terpaut lebih mahal jika merupakan satwa yang diperdagangkan secara global. Walau demikian, banyak orang rela mengeluarkan budget tidak sedikit demi hewan satu ini.

Baca Juga: Makanan Kucing Anggora dan Cara Perawatannya

Cara Merawat Kucing Bengal agar Sehat dan Makin Jinak

Cara Merawat Kucing Bengal
Seorang Wanita Merawat Kucing Bengal

Memiliki spesies kucing spesial nan langka, tentu membutuhkan cara perawatan tepat.

Di samping untuk memberi asupan makanan sesuai, metode pemeliharaan ini juga bermanfaat untuk menjaga pola kesehatan hingga pendekatan terhadap hewan tersebut. Berikut metode perawatan kucing bengal yang bisa Anda terapkan.

1. Membersihkan dengan Benar dan Rutin

Membersihkan atau memandikan kucing jenis bengal perlu dilakukan rutin meskipun hakikatnya adalah hewan liar.

Adapun cara membersihkannya salah satunya dengan bantuan sikat khusus bulu yang dapat menjangkau seluruh sela bulu secara merata. Lakukan perlahan atau secara lembut.

Pembersihan yang tepat bermanfaat untuk menghilangkan kotoran pada bulu-bulu kucing. Akan tetapi jangan lupa untuk memandikannya lebih dulu agar kebersihannya semakin maksimal.

Jika Anda khawatir kesulitan mengatasi insting takut airnya, maka meminta bantuan salon dapat menjadi alternatif.

2. Memberi Makanan Bernutrisi Sesuai Kebutuhan

Setiap hewan juga membutuhkan makanan kucing terbaik yang berguna untuk kesehatan serta pertumbuhannya. Bagian ini pun tak boleh terlewatkan dalam proses pemeliharaan bengal.

Pada umumnya jenis makanan tersebut bisa disesuaikan dengan berbagai produk olahan di berbagai supermarket dan toko tertentu.

Dengan pola makan dan jenis pakan yang tepat maka kesehatan akan terjaga. Bengal kesayangan Anda pun tidak mudah terserang penyakit serta memiliki daya tahan tubuh baik.

Hal ini turut mendukung peluang usia lebih panjang sehingga dapat menekan kelangkaan pada hewan ini.

3. Mengajak Kucing Bermain

Jangan salah, ternyata mengajak kucing bermain termasuk pada cara pemeliharaan yang dianjurkan.

Hal ini disebabkan manfaat kegiatan sederhana tersebut dapat membangun kedekatan hewan dengan sang pemilik. Selain itu, proses tersebut dapat menunjang masa adaptasi bengal di dalam area mukim Anda.

Adapun jenis permainannya sangat beragam dan mudah untuk dipraktekkan. Antara lain seperti melompat, berlari atau menyediakan mainan sederhana untuk memancing gerak aktif si kucing.

Keuntungan lainnya adalah kondisi fisik yang lebih kuat serta sehat karena didukung gerakan aktif.

Baca Juga: 9+ Makanan Kucing Kampung dan Minumannya agar Sehat

4. Mengajak Kucing Jalan-Jalan Santai

Tidak hanya manusia, hewan pun akan turut terhibur dengan kegiatan jalan-jalan santai yang bisa Anda agendakan di tengah rutinitas harian.

Misalnya dengan menjadwalkan setiap satu kali dalam sepekan. Hal ini akan membangun kedekatan serta pengenalan lingkungan sekitar. Meskipun tidak terlalu lama, namun sekiranya cukup untuk menjadikan penyegaran bagi kucing.

Selain itu, hewan peliharaan yang dikenalkan dengan lingkungan sekitar dapat lebih mudah beradaptasi serta tidak terlalu asing dengan orang lain. Baca Juga: 7 Makanan Kucing untuk Bulu Rontok

Demikian beberapa bagian informasi dari kucing bengal beserta cara perawatannya. Melalui metode pemeliharaan tepat tentu hewan yang dinilai mulai langka ini dapat terjaga dengan baik. Semoga bermanfaat dan jangan lupa di Share ya..

Share:

Tinggalkan komentar