Peluang Usaha Ternak yang Menjanjikan di Tahun 2021

Apakah peluang usaha ternak dapat menjanjikan? Memilih jenis usaha ternak memang bukan perkara mudah untuk dilakukan.

Apalagi kalau cuma punya sedikit modal atau bahkan tidak ada keterampilan khusus sama sekali. Akan tetapi banyak yang tidak tau kalau ada orang bisa sukses hanya dengan menjadi seorang peternak.

Bagaimana Peluang Usaha Ternak di Tahun 2021?

Bagaimana Peluang Usaha Ternak di Tahun 2021 by Tope A. Asokere Pexels
Peluang Usaha Ternak di Tahun 2021 (Foto: Tope A. Asokere/Pexels)

Usaha di bidang peternakan telah banyak berkembang di daerah pedesaan. Meski demikian masih ada beberapa orang takut untuk menjalankan bisnis ini.

Memanfaatkan peluang usaha ternak menjadikan sumber penghasilan yang banyak bukanlah hal yang mustahil. Berikut peluang usaha ternak di kota atau di desa yang bisa terjadi:

1. Peluang Usaha Ternak di Kota

Peluang peternak di kota mamang kurang memiliki prospek menjanjikan. Bahkan untuk biaya produksi pada bisnis ini relatif cukup tinggi. Hal itu terjadi karena makanan dari ternak itu sendiri semua harus beli.

Sedangkan harga jual ataupun sewa lahan di kota jauh lebih mahal jika dibandingkan di desa. Biaya yang dikeluarkan untuk tenaga kerja pun juga relatif cukup besar.

Lain halnya jika hidup di kampung yang beda dengan perkotaan, terkadang pihak peternakan sering sekali bersitegang dengan sektor industri yang mendirikan hotel atau restoran. Alasannya karena bau dari limbah ternak sangat menyengat.

2. Peluang Usaha Ternak di Desa

Peluang usaha ternak di desa sangat menjanjikan di tahun 2021. Selain karena faktor lahan, dukungan pemerintah juga berpengaruh kepada pengembangan produk peternakan.

Hal ini sejalan dengan sasaran atas kebijakan pembangunan peternakan di indonesia. Dalam segi penguatan produk, juga mendapatkan dukungan dari adanya dana desa.

Sekarang dengan adanya akses jalan raya yang baik lebih mempermudah dalam pengangkutan hasil peternakan.

Begitu juga pada bidang produksi hewan dapat memenuhi konsumsi banyak masyarakat umum. Hal itu menyebabkan meningkatnya kualitas sumber daya manusia yang ada.

Dengan adanya kemajuan teknologi saat ini lebih memudahkan produk ternak untuk lebih dikenal masyarakat luas.

Bahkan, saat ini jaringan internet juga sudah mulai bisa di akses di daerah pedesaan dan wilayah terpencil lainnya. Apalagi dengan maraknya pengguna sosial media memberikan kemudahan dalam memasarkan produk ke berbagai wilayah.

Cara Beternak Sapi, Kambing dan Ayam dengan Benar

Bagaimana Peluang Usaha Ternak di Tahun 2021
Seorang Pria sedang Beternak, Bagaimana Cara Beternak Sapi dengan Benar?

Ada beberapa langkah yang harus dimiliki bagi seseorang yang melakukan bisnis di bidang peternakan. Terdapat cara tertentu untuk beternak sapi, kambing dan ayam agar berhasil dan menguntungkan.

Kerja keras dan bersungguh-sungguh menjadi modal penting dalam memulai suatu usaha ternak. Berikut penjelasan tentang cara beternak hewan dengan benar:

1. Cara Beternak Sapi

Hal wajib dilakukan dalam beternak sapi adalah pemilihan bibit. Usahakan pilih yang berkualitas supaya hasilnya nanti juga akan memuaskan. Langkah selanjutnya adalah pemberian pakan.

Pemberian vitamin dan pakan sangat berpengaruh terhadap proses penggemukan. Memperhatikan kualitas dari nutrisinya adalah suatu hal yang penting.

Bisnis budidaya sapi tidak akan berjalan tanpa adanya kandang, maka paling tidak bisa melindunginya dari perubahan iklim dan cuaca.

2. Cara Beternak Kambing

Pemilihan jenis kambing merupakan tahap awal yang sangat penting dilakukan. Selanjutnya membangun kandang agar mudah dalam merawat dan mengawasinya.

Jangan lupakan juga pemberian pakan harus diperhatikan supaya hewan mengalami kelajuan pertumbuhan.

Tidak bersihnya kandang menyebabkan kambing akan mudah terkena penyakit. Pemanenan bisa dilakukan ketika sudah berusia sekitar 8 sampai 12 bulan.

Usahakan berbarengan dengan hari raya kurban (Idul Adha) agar harga jualnya tinggi dan keuntungan yang didapat juga banyak.

3. Cara Beternak Ayam

Menyiapkan kandang dengan lokasi yang tepat tentunya akan memudahkan dalam pengawasan. Selanjutnya, memilih indukan juga akan berpengaruh pada telur dan anakan.

Proses pengawinan dilakukan secara alamiah sehingga hanya tinggal menunggu proses bertelurnya. Pada tahap penetasan ini umumnya bisa dilakukan melalui cara buatan atau alami.

Dengan memilih metode yang tepat akan lebih mempersingkat waktu telur menetas. Tahap selanjutnya adalah tinggal memelihara ayam kampung atau ayam negeri hingga dewasa dan layak di jual ke pasar, mall, rumah makan, restoran, hotel, atau tempat lainnya.

Artikel Lainnya: 9 Cara Bisnis Online untuk Pemula dari Nol agar Sukses

Kisaran Modal untuk Beternak

Kisaran Modal untuk Beternak by SARINYAPINNGAM Canva
Ilustrasi Seseorang Menghitung Modal untuk Beternak (Foto: SARINYAPINNGAM/Canva)

Modal untuk beternak adalah faktor utama dalam melakukan usaha ternak. Namun, hal itu bukan merupakan kunci utama dari kesuksesan dalam beternak. Faktor lain yang mendukung yaitu niat dan fokus pada peluang usaha ternak dan bekerja keras.

Dalam melakukan bisnis ada beberapa macam sumber modal. Masing-masing berpengaruh kepada pendapatan dan keuntungan. Oleh karena itu, alangkah lebih baiknya mempertimbangkan terlebih dahulu mana yang akan digunakan.

Pembagian modal tersebut bisa berasal dari modal sendiri, pinjaman, atau bagi hasil. Dari ketiga sumber modal tersebut, semuanya memiliki kelemahan dan kelebihan masing-masing.

Dengan kata lain, jika Anda menggunakan dana pribadi lebih kecil resikonya daripada melakukan pinjaman ke teman, secara online atau ke bank.

Tips dalam Pemilihan Hewan Ternak

Tips dalam Pemilihan Hewan Ternak Ayam by jkraft5 Canva
Tips dalam Pemilihan Hewan Ternak (Foto: jkraft5/Canva)

Dalam memulai bisnis peternakan ada beberapa hal yang harus diperhatikan dengan seksama. Salah satunya adalah pemilihan bibit yang baik. Jika salah memilih bukannya untung malah bisa rugi besar.

Bibit merupakan parameter keberhasilan dalam budidaya peternakan. Apabila yang digunakan memiliki mutu baik maka dapat menjamin keberhasilan usaha tersebut. Dengan pemeliharaan yang berkualitas tentu akan menambah populasi hewan ternak.

Pemilihan yang baik dapat dilihat dari kondisi hewan yang akan dibesarkan. Hal itu meliputi fisik sehat dan tidak menderita kecacatan.

Kenali Apa Saja Kendala dalam Beternak

Kenali Apa Saja Kendala dalam Beternak by shironosov Canva
Seorang Wanita sedang Beternak, Apa Saja Kendala dalam Beternak? (Foto: shironosov/Canva)

Banyak kendala yang dialami banyak orang ketika beternak. Mayoritas beranggapan bahwa hal tersebut hanya pekerjaan sampingan sehingga hasilnya hanya cukup untuk kebutuhan pribadinya saja.

Kurangnya pengetahuan tentang cara beternak yang baik juga menjadi faktor pendukung lainnya.

Hal itu dipengaruhi karena kurangnya minat masyarakat mengikuti penyuluhan dari pemerintah. Tidak heran jika masih banyak orang menjadikannya sebagai pekerjaan sampingan.

Kendala dalam permodalan masih mempengaruhi minimnya minat masyarakat melakukan ternak hewan ataupun unggas.

Selain itu, banyaknya korban dari peminjam kredit juga menyebabkan menurunnya minat pengembang usaha ternak tersebut. Karena tanpa modal cukup, bidang bisnis ternak yang dilakukan juga tidak akan berkembang.

Keuntungan dalam Beternak

Ilustrasi Keuntungan dalam Beternak sellingpix Canva
Ilustrasi Keuntungan dalam Beternak (Foto: sellingpix/Canva)

Banyak keuntungan yang bisa di dapat dari bisnis ini. Umumnya usaha di desa tak pernah sepi pembeli. Apalagi para pengepul yang berada di mana-mana siap untuk datang mengambil barang.

Keuntungan lain dari usaha ternak adalah bisa dimulai dari modal yang tidak terlalu besar. Dalam pembuatan kandang juga tidak sulit mencari bahannya. Sedangkan untuk masa panennya pun juga lebih cepat ketika berada di desa daripada di kota.

Peminat pada hewan ternak jauh lebih banyak jika di desa. Walaupun target luas, namun permintaan pasar tidak tinggi maka akan kesulitan juga untuk menjual produk tersebut.

Beberapa Masalah dalam Beternak

Beberapa Masalah dalam Beternak Ayam by Jules Palmer Pexels
Beberapa Masalah dalam Beternak (Foto: Jules Palmer/Pexels)

Masih banyak peternak yang tidak memiliki pengetahuan khusus dalam mengolah kotoran ternak.

Hal itu menyebabkan limbah dari kandang terkadang masih dibuang secara sembarangan sehingga menimbulkan pencemaran di lingkungan. Masalah tersebut menjadi suatu yang serius dan harus segera diselesaikan.

Dari segi operasional, pengeluaran biaya tinggi tidak mengimbangi kepada hasil yang didapatkan. Hal ini dapat dilihat, misalnya pada peternakan ayam sedikit jumlahnya tapi pengeluaran pakannya besar.

Maka dari itu, saat ini banyak pengusaha tersebut menjadikan budidaya tersebut sebagai pekerjaan sampingan. Namun, masalah lain juga timbul pada ternak yang sering mati karena kurangnya perawatan.

Jangan heran jika hal tersebut menjadi penyebab kerugian dan membuat banyak pengusaha ternak yang gulung tikar atau merugi. Dari kejadian itu pemerintah diharapkan lebih membantu memberikan solusi terbaik pada peternak.

Dengan kata lain, peluang usaha ternak masih menjanjikan jika mengetahui cara beternak yang benar. Namun, itu semua tergantung Anda atau para pekerja dalam menjalankan bisnis ternak. Semoga bermanfaat dan sukses dalam beternak ya!

Share:

Tinggalkan komentar