Pengertian Blogger adalah: Jenis, Cara Daftar & Cuannya

Blogger adalah sebuah pekerjaan menulis di sebuah situs bernama Blogspot. Situs ini sangat cocok bagi mereka yang menyukai dunia tulis menulis.

Ada banyak sekali kelebihan blogspot yang bisa Anda dapatkan hingga memperoleh cuan besar jika mau untuk membuat tulisan secara konsisten di blog.

Pengertian Blogger

Pengertian Blogger adalah
Ilustrasi Pengertian Blogger

Platform Blogger adalah sebuah layanan membuat blog secara gratis milik Google. Pertama kali dikembangkan oleh Pyra Labs, lalu Google membelinya sekitar tahun 2003 lalu. Blogger juga memiliki banyak sekali bentuk dan juga jenis-jenisnya.

Blogger pertama yang masuk dalam catatan sejarah adalah seorang warga Negara Amerika Serikat. Namanya adalah Justin Allyn Hall atau biasa diketahui orang dengan nama Justin Hall. Tetapi, ketika waktu itu nama blog belum ada. Nama weblog baru muncul sekitar tahun 1997.

Orang yang pertama kali memperkenalkannya adalah Jorn Barger dari blog miliknya yang awal. Namanya adalah Robot Wisdom.

Ada banyak sekali penyedia layanan-layanan blog untuk para blogger, ada yang gratis hingga berbayar. Berikut ini adalah layanan blog yang bisa dimanfaatkan secara gratis, seperti:

Selain layanan blog gratis, jika Anda punya dana lebih Anda bisa menggunakan layanan berbayar seperti Wordpress Self-Hosted atau script website lain yang perlu sewa hosting atau server untuk penyimpanan data blog.

Baca Juga: 10 Bisnis Online Rumahan Modal Kecil 2021, Menguntungkan!

Jenis-jenis Blogger adalah

Jenis jenis Blogger adalah
Seorang Wanita Menjadi Blogger

Ada banyak sekali jenis-jenis blogger yang ada. Mungkin bagi beberapa orang yang baru mengenal dan memahami dunia blogging berpikiran bahwa blogger hanya memiliki satu jenis saja. Berikut adalah cara menjadi blogger berdasarkan jenisnya:

1. Blog Pribadi

Ini adalah sebuah blog yang secara khusus dibuat oleh perseorangan. Biasanya jenis blog satu ini dibuat berdasarkan pada kepentingan pribadi atau pengalaman saja. Maka dari itu, biasanya isi blog sesuai pemikiran dari blogger itu sendiri.

Umumnya blog pribadi isinya mengenai pengalaman-pengalaman pribadi seseorang atau hal yang menyangkut kesehariannya.

Terutama suatu peristiwa dan terjadi dalam kehidupan si blogger tersebut. Sifat penulisan dari blog jenis ini santai dan pembahasannya seputar hal-hal yang sederhana.

2. Blog Niche

Blog satu ini kontennya memfokuskan pada tema tertentu saja dalam sajian halamannya. Biasanya mengandalkan keywords yang menjadi target.

Supaya bisa mempermudah orang-orang melakukan akses pada blog sesuai dengan tema yang ditulis dalam kolom pencarian.

Selain itu, hal ini juga bisa menambah jumlah uang yang didapatkan penulis melalui Google Adsense. Bahkan, pemilik blog juga dapat melakukan promosi produk dan bisnis-bisnis menggunakan blog.

Syaratnya hanya dengan menginput kata kunci familiar supaya mudah dilacak oleh pencarian di Google.

Berikut ini adalah niche blog dengan penghasilan tinggi dari Google Adsense atau program periklanan lainnya:

  • Teknologi
  • Bisnis online
  • Travelling
  • Kesehatan
  • Beauty dan fashion
  • Alat Elektronik (Produk)
  • Asuransi
  • Entertaiment
  • Otomotif
  • Properti
  • Pendidikan

3. Blog Bisnis atau Content Marketing

Blog ini biasanya berisi artikel mengenai hal-hal yang memiliki kaitannya dengan bisnis yang dilakoni oleh website tersebut.

Karena hal ini bermanfaat sekali untuk menghasilkan trafik penjualan dan juga menaikkan otoritas website itu sendiri.

Bahkan, pada masa sekarang ini jenis blog bisnis banyak dipakai oleh perusahaan barang dan jasa untuk bisa menggaet konsumen. Misalkan saja seperti blog Tokopedia, Lazada, BliBli, BukaLapak, Traveloka, Niagahoster dan perusahaan lainnya.

4. Blog Profesional

Ini merupakan salah satu jenis blog resmi yang melakukan pengangkatan terhadap tema-tema yang diperkirakan penting oleh rata-rata orang atau audience dan juga penulis sendiri. Memiliki sifat tematik, misalkan seperti blog mengenai otomotif, sastra dan lain-lain.

Bahasa yang dipakai di dalam blog sama sekali bukan bahasa asal-asalan. Apalagi dipenuhi dengan spam keyword yang membuatnya tampak membosankan dan tidak menarik.

Dari jenis blog satu ini seseorang bisa dianggap profesional atau ahli dalam suatu bidang. Bahkan, bisa juga memperoleh keuntungan. Bisa melalui jalan iklan, jualan atau bintang tamu dalam acara tertentu.

5. Blog Citizen

Blog ini umumnya dipakai oleh banyak orang dalam sebuah kelompok. Khususnya kelompok-kelompok yang membahas mengenai topik tertentu dan diperkirakan bisa disukai oleh pembaca. Misalkan seperti kompasiana dan masih banyak contoh lainnya.

Pada website kompasiana, seorang blogger bisa menulis mengenai opini dan isu-isu yang membahas mengenai hal-hal yang berkembang di tengah-tengah masyarakat. Tentu hal ini akan sangat menguntungkan bagi para pemakai atau pengguna website ini.

6. Blog Resmi

Jenis blog ini adalah yang paling susah untuk ditemui keberadaannya. Bahkan, pembuatannya juga bisa dikatakan cukup terbatas.

Sebab, jenis blog satu ini merupakan suatu website yang dibuat suatu perusahaan dengan tujuan memberi informasi tambahan.

Khususnya mengenai produk-produk yang mereka jual. Hal ini akan bisa sangat menguntungkan untuk para pemilik website. Karena website tersebut banyak yang mengunjunginya. Di sisi lain iklan-iklan produknya juga bisa menghasilkan tambahan uang.

Rekomendasi Sebelum Daftar Blog dengan Benar

Rekomendasi Sebelum Daftar Blog dengan Benar
Ilustrasi Blogger

Untuk dapat menjadi seorang blogger, maka seseorang harus membuat blog dengan benar. Supaya bisa menghasilkan tulisan yang bagus dan juga sesuai dengan yang diinginkan. Berikut adalah beberapa cara-caranya.

1. Menentukan Niche

Niche merupakan topic atau area fokus utama dari blog milik Anda. Cara untuk dapat membuat blog pribadi atau profesional adalah dengan memberikan ulasan topik yang Anda sukai terlebih dahulu.

Penulis atau blogger bisa menyesuaikannya dengan profesi yang sedang dijalani atau berdasarkan hobi.

Mungkin memang memilih tema memang membutuhkan waktu cukup lama. Tetapi, tentu juga dengan berbagai macam hal-hal perlu untuk diperhatikan dengan seksama terlebih dulu. Misalkan, membuat daftar hal-hal disukai atau bidang-bidang yang dikuasai.

2. Memilih Web Hosting yang Tepat

Jika Anda tidak menggunakan platform gratis untuk blog, maka perlu web hosting untuk menyimpan data blog (artikel, foto, video dan file pendukung lainnya).

Dengan menggunakan web hosting, maka Anda akan bisa melakukan akses secara online dan orang lain bisa mengunjungi blognya menggunakan internet via laptop ataupun HP.

Tetapi, sebelum memilih untuk menggunakan platform web hosting tertentu. Maka, sebaiknya tanyakan mengenai pertanyaan-pertanyaan seputar untuk mendatangkan trafik, proses setup, bantuan pelanggan atau customer support, fitur membuat blog dan biaya langganannya juga.

3. Shared Hosting

Jika seorang pemula ingin memulai untuk membuat sebuah blog, maka sebaiknya Anda melakukan langganan terhadap shared hosting terlebih dahulu. Tipe hosting seperti ini menggunakan banyak sekali website pada satu server fisik serupa.

Semua jenis resource juga harus dibagikan kepada masing-masing website yang ada. Pastikan juga server hosting selalu dilakukan optimasi dan juga melakukan monitor. Supaya website mempunyai power yang sama dan juga bagus.

Baca Juga: 7 Ide Bisnis Online untuk Pelajar yang Menguntungkan

Kelebihan-Kelebihan dari Blog

Kelebihan Kelebihan dari Blog
Ilustrasi Kelebihan-Kelebihan dari Blog

Ada banyak sekali kelebihan-kelebihan dari blog yang bisa sangat diperlukan dalam sebuah website. Maka dari itu, perlu dilakukan berbagai macam hal untuk bisa mendukungnya. Salah satunya seperti harganya yang murah dan juga mudah untuk digunakan.

Pembaruan uptime dan server dikelola oleh provider hosting. Hal tersebut tentu akan sangat diperlukan dalam sebuah dunia website. Ini semua memang dibutuhkan dalam sebuah blog agar bisa menghasilkan tulisan-tulisan berkualitas dan bagus.

Bantuan pelanggan juga yang baik adalah 24/7. Jenis-jenis bantuan ini juga bisa berisi apa saja mengenai dunia blogger.

Selain itu, blog juga memiliki 1-click installer untuk dapat melakukan penginstalan platform dalam mengelola blog milik Anda tersebut.

Sekian penjelasan-penjelasan singkat mengenai pengertian blogger adalah: jenis, cara daftar dan keuntungannya.

Ada banyak sekali hal-hal penting mengenai dunia blog yang harus diketahui oleh para pembaca. Supaya bisa memberikan informasi sejelas-jelasnya kepada Anda.

BAGIKAN:

Tinggalkan komentar