7 Rahasia Elon Musk untuk Kesuksesan Bisnisnya

Mendengar nama Elon Musk, pertanyaan yang umum dipikirkan yaitu apa strategi bisnis beliau? Sebagai orang terkaya di dunia, tentu banyak yang bertanya terkait rahasia dibalik kesuksesan bisnis yang dijalankannya.

Dia adalah pendiri perusahaan SpaceX, Tesla, Neuralink dan lainnya.

Memiliki pemikiran yang inovatif, selalu membuat produknya menjadi unik dan banyak dibeli orang. Dia juga seorang pemimpin yang sangat ambisius dalam mengerjakan sebuah bisnis.

Elon Musk
Elon Musk (Foto: AP PHOTO/JAE-C. HONG/Wikimedia)

Dibalik keberhasilan bisnis tentu strategi pemasaran berperan penting di dalamnya, namun hal itu bukan satu – satunya kunci kesuksesan Musk yang bisa dipelajari. Ada beberapa prinsip dan kepribadian yang harus diketahui sebelum terjun menjadi seorang pembisnis.

Rahasia Prinsip dan Kepribadian Elon Musk Menjalani Bisnisnya

Dibalik kesuksesan Elon Musk dengan gelar miliarder dunia, tentunya terdapat banyak usaha dan kerja keras yang dicoba. Lantas apa saja rahasia di balik kesuksesannya?

Berikut ini prinsip dan mental kepribadian Musk yang menghantarkanya menjadi salah satu orang terkaya di dunia bidang teknologi.

1. Hobi Membaca

Elon Musk Hobi Membaca by Olga Niekrasova Canva
Hobi Membaca

Elon Musk dikenal orang yang hobi membaca, pasalnya membaca adalah metode paling efektif dalam mengumpulkan informasi. Orang yang suka membaca cenderung lebih berwawasan dibandingkan orang pada umumnya.

Tanpa disadari, membaca membuat otak cenderung lebih kuat untuk mengingat apa yang pernah kita pelajari. Dari sini juga kita bisa belajar lebih fokus, untuk menemukan ide bisnis yang perpotensi jangka panjang dan tidak terpengaruh oleh trends.

2. Tekad Kuat

Setiap pencapaian tidak lepas dari tantangan yang mungkin kita tidak akan pernah tahu sebelum mengalaminya. Dibalik kesuksesan Elon Musk tentu memiliki tekad yang kuat dalam mencapai tujuan yang diimpikan.

Maka dari itu terkadang kita perlu ambisi yang besar untuk menambah semangat dalam diri saat menghadapi masalah yang sedang dialami. Contoh orang yang memiliki tekad kuat, salah satunya adalah tidak takut bermimpi.

Artikel Lainnya: 7 Perbedaan Whatsapp Bisnis dan Biasa

3. Tidak ada Alasan

Tidak ada Alasan by Heisenberg Media Flickr
Tidak ada Alasan untuk Menuju Sukses dalam Bisnis (Foto: Heisenberg Media/Flickr)

Untuk menjadi seorang Elon Musk, orang nomor satu di dunia tidak kenal dengan alasan, karena orang yang suka mencari alasan tidak akan pernah menjadi nomor satu.

Jalankan strategi bisnis dengan tekad yang kuat dan hadapi setiap masalah tanpa alasan. Itulah salah satu kunci sukses dalam berbisnis, dengan begitu kita akan terus memperbaiki diri sehingga menjadikan lebih baik dan begitu seterusnya.

4. Berani Gagal

Bagi pembisnis seperti Elon Musk yang memiliki tekad yang kuat, tidak akan ada kata menyerah setiap kegagalan yang dialami. Baginya suatu kegagalan adalah gerbang menuju kesuksesan yang sebenarnya.

Ini menjadi sebuah jalan petunjuk, dimana kita bisa memperbaiki apa yang harus diperbaiki. Oleh sebab itu, semakin banyak kita gagal, semakin dekat pula pintu sukses.

Baca Juga: 12 Bisnis di Masa Pandemi Corona yang Menjanjikan

5. Suka Dikritik

Ilustrasi Di Kritik by aga7ta Canva
Ilustrasi Suka Dikritik

Walaupun sudah menjadi orang tersukses di dunia, Elon Musk tau akan pentingnya kritik untuk ajang perbaikan. Dengarkan apa masalah yang dialami konsumen, berikan tindakan khusus untuk penyelesaian.

Secara tidak langsung bisnis akan menjadi lebih cepat tumbuh, karena kritik bisa menjadi alat ukur performa suatu bisnis agar lebih baik.

6. Disiplin

Meskipun sudah meraih kesuksesan yang notabene berhasil menciptakan mesin uang. Elon Musk selalu mengisi waktunya dengan berbagai kegiatan, maka tidak heran dia memiliki berbagai perusahaan besar.

Oleh sebab itu, hargailah setiap waktu yang ada, jangan sampai waktu terbuang percuma tanpa adanya kontribusi yang positif bagi perkembangan bisnis.

7. Terus Belajar

Ilustrasi Terus Belajar Bisnis by annatodica Canva
Ilustrasi Terus Belajar Bisnis untuk Meraih Kesuksesan

Jangan mudah puas dan selalu belajar. Bercermin pada Elon Musk, beliau berhasil mendirikan beberapa perusahaan besar salah satunya SpaceX dan mobiil Tesla.

Baca Juga: 11 Rekomendasi Bisnis Frozen Food Rumahan dan Tipsnya

Meskipun keduanya masih dalam kategori transportasi, namun memiliki pemahaman yang jauh berbeda dari segi bisnis.

Demikian karakter dari orang sukes seperti Musk, semoga dapat menjadi pembelajaran untuk Anda juga untuk menjadi orang sukses sedunia. Selain itu, Anda bisa mempelajari berbisnis, bisnis apa saja? Simak disini: Cara Bisnis Online dan Analisis Peluang Usaha

Share:

Tinggalkan komentar