8 Kelebihan Sekolah Negeri di Indonesia

Pemerintah juga mempunyai tanggung jawab terhadap kemajuan pendidikan di Indonesia. Hal ini karena pendidikan juga menjadi faktor yang mendukung kesuksesan anak.

Banyak orang tua yang memilihkan pendidikan anaknya di sekolah negeri (SD, SMP, SMA, atau SMK) dibandingkan sekolah swasta karena beberapa alasan. Simak penjelasan kelebihan sekolah negeri di KlikTerbaru.

1. Biaya Bulanan Gratis

Biaya Bulanan Gratis
Biaya Bulanan Gratis

Alasan yang sering kali menjadikan orang tua memilih sekolah di Negeri yaitu biayanya gratis.

Jenjang pendidikan formal tingkat SD, SMP dan SMA biayanya gratis dibayarkan oleh pemerintah. Walaupun tidak membayar uang sekolah bulanan, kualitas di sekolah negeri ini tidak perlu diragukan karena ada pedoman kurikulum setiap semesternya.

2. Kurikulum Merata

Meskipun berbeda tempat pendidikannya, semua mengajar dan mata pelajaran yang diterapkan semuanya sama. Ini karena pendidikan sekolah tersebut memiliki kurikulum yang sama sehingga bisa merata tidak memandang lokasi daerahnya.  

3. Persaingan Masuk yang Ketat

Sistem penjaringan siswa di sekolah negeri memang setiap tahunnya bisa tidak sama. Tetapi, bisa dipastikan persaingannya jauh lebih ketat bila dibandingkan sekolah swasta.

Padahal, daya tampung di sekolah ini banyak, tetapi tetap tidak bisa memenuhi siswa yang berminat. Hal ini juga menjadikan beberapa orang tua merasa bangga jika anaknya dapat sekolah di negeri.

Artikel Lainnya: 13 Ide Bisnis Online untuk Pelajar yang Menguntungkan

4. Guru Berpengalaman Menurut Bidangnya

Sekolah Negeri Memiliki Guru Berpengalaman Menurut Bidangnya
Sekolah Negeri Memiliki Guru yang Berpengalaman

Guru pengajar di sekolah ini tentu berasal dari orang-orang pilihan dan melewati penjaringan seleksi yang ketat.

Dapat Anda ketahui bahwa menjadi PNS sebagai guru bukanlah hal mudah dan memerlukan usaha keras untuk mendapatkannya. Oleh karena itu, guru di sekolah ini sudah mempunyai ilmu dan pengalaman yang baik.

5. Terdapat Banyak Beasiswa Bantuan

Adanya banyak beasiswa yang diberikan di sekolah-sekolah negeri juga menjadi alasan mengapa sekolah ini banyak digemari orang tua murid.

Apalagi beasiswa ini tidak hanya ditujukan bagi siswa berprestasi saja, melainkan bagi yang kurang mampu pun disediakan dana bantuan tersendiri.

Beasiswa yang ada di sekolah negeri tidak hanya berasal dari Kementrian Pendidikan saja, melainkan dari pemerintahan setempat juga mengalokasikan anggarannya di bidang pendidikan untuk mencerdaskan anak bangsa.

6. Jam Belajar Lebih Singkat

Jam belajar di sekolah ini mempunyai durasi yang lebih singkat dibandingkan sekolah swasta. Hal ini dikarenakan menganut kurikulum yang diterapkan oleh pemerintah.

Hal ini berbeda dengan sekolah swasta yang punya jam belajar mengajar lebih lama karena adanya tambahan materi belajar.

Waktu belajar yang tidak terlalu padat juga menguntungkan bagi siswa. Sepulang sekolah, waktu tersebut bisa digunakan untuk pengembangan diri dengan mengikuti kegiatan ekstrakulikuler yang ada di sekolahan atau bimbingan belajar.

Baca Juga: PENDIDIKAN Adalah: Pengertian, Sejarah, Fungsi, dan Tujuan

7. Fasilitas Terpenuhi

Sekolah Negeri di Indonesia 2
Siswa SMA di Indonesia

Sekolah negeri banyak dipilih karena fasilitas belajar mengajar yang ada terpenuhi dengan baik. Tidak seperti dulu yang fasilitasnya kurang lengkap dan memadai.

Saat ini, pemerintah telah memperbaiki gedung-gedung sekolahan di berbagai kota agar lebih nyaman saat kegiatan belajar mengajar dan sekolah tidak perlu membebankan biaya perbaikan ke orang tua murid.

8. Memiliki Teman Lebih Banyak

Umumnya, total siswa di sekolah negeri per kelas saat belajar sekitar 40 orang. Hal ini membuat anak-anak bisa memiliki teman yang banyak.

Apalagi murid yang ada di sekolah ini berasal dari berbagai macam latar belakang sehingga anak bisa belajar bersosialisasi dengan baik.

Jadi, saat sekolah anak tidak hanya belajar pelajaran di sekolah saja, melainkan juga belajar menyikapi perbedaan yang ada. Hal ini tentu belum tentu didapatkan saat berada di sekolah swasta.

Baca Juga: Perbedaan Sekolah Negeri dan Swasta

Nah, itu tadi kelebihan yang sering menjadi alasan orang tua mengarahkan anaknya untuk masuk di sekolah negeri.

Sebenarnya dari tujuan keberadaan sekolah sendiri adalah sebagai wadah bagi anak belajar untuk masa depan, karena pendidikan juga menjadi faktor yang mengantarkan kesuksesan untuk anak.

Semoga bermanfaat, bantu share artikel ini ya. 🙂

Bantu Share Ya :)

Tinggalkan komentar