Teknologi 6G, Peneliti Tiongkok Alirkan 1TB Data dalam Sedetik

Perkembangan teknologi digital dan banyaknya orang yang menggunakan internet membuat munculnya banyak ide baru.

Saat ini tengah ada pengembangan teknologi 6G yang dilakukan oleh para peneliti di Tiongkok. Lalu, apa saja hal yang menarik mengenai teknologi tersebut? Berikut ulasannya.

Apa Itu Teknologi 6G?

Apa Itu Teknologi 6G
Ilustrasi Teknologi 6G

Negara Tiongkok saat ini sedang mengembangkan konektivitas internet 6G untuk meningkatkan kecepatan koneksi nirkabel. Teknologi ini dinilai akan mampu mengalirkan data hingga 1 TB dalam waktu satu detik dengan jarak 1 km.

Teknologi ini mulai dikembangkan seiring dengan meningkatkan kebutuhan koneksi internet dengan kecepatan tinggi.

Ide ini semakin meningkat karena dinilai saat ini banyak aplikasi yang membutuhkan koneksitas dengan kecepatan lebih tinggi, yaitu teknologi 6G.

Tidak hanya penggunaan secara umum, ternyata teknologi 6G ini akan dimanfaatkan untuk sistem pertahanan dan senjata.

Konektivitas ini dinilai memungkinkan jika digunakan untuk senjata hipersonik. Selain itu, 6G juga digunakan untuk mengembangkan aplikasi berbasis internet of things.

Pengembangan konektivitas 6G saat ini sudah mencapai tahap riset universitas secara masif di Tiongkok guna mendukung perkembangan teknologi terbaru.

Artikel Lainnya: 9 Film Lucu Indonesia Terbaik

Tiongkok Menguasai 40 Persen Paten Teknologi 6G

Tiongkok Menguasai 40 Persen Paten Teknologi 6G
Ilustrasi Tiongkok Menguasai 40 Persen Paten Teknologi 6G

Penurunan Huawei dalam kapasitas besar menjadi pelopor adanya pengembangan dan penelitian teknologi 6G. Hingga saat ini Tiongkok memegang sebesar 40 persen untuk hak cipta 6G dari total keseluruhannya.

6G merupakan teknologi internet dengan kecepatan internet yang dinilai 100 kali lebih cepat jika dibandingkan dengan 5G. Saat ini, Tiongkok sedang melakukan pengembangan teknologi ini agar bisa digunakan secara luas dalam jangka waktu dekat.

Selain itu, ada juga beberapa negara yang mengembangkan 6G, meskipun teknologi 5G masih tergolong baru dikembangkan.

Meskipun saat ini banyak dikembangkan, tetapi masih membutuhkan waktu lama untuk 6G benar-benar bisa digunakan.

Setidaknya diperkirakan harus menunggu hingga tahun 2030 untuk bisa menikmati jaringan 6G secara lebih luas. Hal ini karena saat ini fokus pengembangan jaringan secara global adalah 5G untuk memenuhi berbagai kebutuhan.

Diperkirakan akan ada perubahan yang besar dalam bidang teknologi karena munculnya jaringan internet 6G. Meskipun saat ini masih ada beberapa kekhawatiran dalam pengembangannya, terutama di bidang keselamatan penerbangan dan kesehatan.

Kehadiran teknologi ini akan membuat akses internet diperkirakan akan semakin mudah karena kecepatan konektivitasnya meningkat.

Akan tetapi, penerapannya juga tidak bisa instan mengingat saat ini teknologi 5G saja belum bisa digunakan secara menyeluruh.

Baca Juga: 7 Orang Terkaya di Dunia, Bidang Teknologi

Uji Coba Internet 6G Saat Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022

Uji Coba Internet 6G
Ilustrasi Uji Coba Internet 6G

Teknologi 6G akan mulai uji coba sebagai eksperimen dalam sistem jaringan nirkabel saat Olimpiade Musim Dingin di Beijing tahun 2022 ini.

Jaringan nirkabel tersebut direncanakan akan digunakan untuk fasilitas streaming yang mulus untuk lebih dari 10.000 live feeds.

6G dinilai bisa menambahkan dimensi baru pada transmisi nirkabel yang modelnya mirip dengan gerakan pusaran tornado.

Pihak peneliti juga mengembangkan pemancar inovatif yang memungkinkan gelombang bisa berputar dalam 3 mode berbeda untuk proses transmisi supaya efisien.

Penerapan teknologi ini menggunakan arsitektur penerima khusus yang bertugas untuk memecahkan kode. Tugas arsitektur ini cukup berat karena pastinya kode yang dipecahkan memuat data besar dengan kecepatan tinggi.

Hasil pengujian konektivitas 6G di Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022 tentu sangat membuat penasaran.

Tentunya pengguna internet akan antusias untuk mengikuti perkembangannya karena menghadirkan konektivitas dengan kecepatan tinggi.

Baca Juga:

Lalu, apakah Anda juga tertarik untuk mencoba teknologi 6G tersebut? Perkemabangan dunia digital dan semakin tinggi kebutuhan internet membuat munculnya teknologi baru.

6G merupakan terobosan terbaru untuk membuat koneksi internet semakin cepat. Yuk, di share artikelnya..

BAGIKAN:

Tinggalkan komentar