Cara Cek TV Sudah Digital atau Masih Analog

TV analog saat ini sudah banyak diubah menjadi televisi digital yang tak jarang membuat sebagian orang bingung mengenai bagaimana cara untuk menggantinya.

Lalu, bagaimana cara cek TV sudah digital atau masih analog serta apa saja perbedaannya? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Perbedaan Televisi Digital dan Televisi Analog

Perbedaan Televisi Digital dan Televisi Analog
Ilustrasi Cara Cek TV Sudah Digital atau Masih Analog

Ada beberapa hal mendasar yang membedakan TV digital dan analog yang juga akan mempengaruhi kenyamanan dalam menonton.

Simak penjelasan berikut ini mengenai apa saja perbedaan tv analog dan digital.

  • Pemancar TV

Pertama, pemancar sangat memiliki peranan pada tampilan TV analog. Hal ini karena jarak pemancar dari TV analog akan menentukan kekuatan sinyal yang diterima.

Apabila jarak pemancar dan TV analog cukup jauh, maka sinyal yang didapat semakin lemah yang membuat tampikan gambar jadi bersemut dan buram.

Sedangkan jarak pemancar tidak memiliki pengaruh pada TV digital karena teknologi canggih di dalamnya. Hal ini membuat Anda tetap mendapatkan tampilan gambar yang jelas, meskipun jarak TV dan pemancar cukup jauh.

Artikel Lainnya: Prilly Latuconsina Beli Klub Bola, Ini 9 Sumber Kekayaannya!

  • Fitur Televisi

Cara cek TV sudah digital atau masih analog bisa dilakukan dengan melihat perbedaan fitur yang ada di dalamnya.

TV digital memiliki fitur yang canggih, salah satunya ada layanan interaktif. Berikutnya, TV digital juga dilengkapi dengan jadwal acara yang akan dan sudah ditayangkan.

Hal ini membuat Anda lebih mudah untuk mengikuti acara yang disukai. Sementara TV analog tidak memiliki fitur yang berteknologi canggih. Fitur yang disajikan pada TV analog sangat sederhana dan hanya menampilkan siaran yang sinyalnya kuat.

  • Sinyal

Sinyal yang digunakan untuk TV analog hanya sebatas UHF yang membuatnya lebih rentan terkena gangguan, noise, dan distorsi.

Sedangkan TV digital mempunyai sinyal yang lebih baik, sehingga Anda tidak akan mengalami gangguan ketika menonton karena siaran akan ditampilkan dengan jernih.

  • Jenis Televisi

TV analog memiliki bentuk yang mayoritas menyerupai tabung dan terbilang masih kuno. Dalam beberapa jenis sudah ada TV yang memiliki tampilan layar datar, tetapi masih dengan siaran analog.

Sementara untuk TV digital memiliki bentuk datar dengan layar yang tampilannya sudah modern.

  • Kualitas Gambar

Satu lagi perbedaan antara kedua jenis TV tersebut, yaitu mengenai kualitas gambarnya. Pada TV analog, kualitas visualnya standar karena ukurannya terbatas.

Sedangkan TV digital banyak menggunakan resolusi HD yang membuat siarannya menjadi jernih.

Artikel Lainnya: Xiaomi 11T, Langsung Bisa 5G di Indonesia, Harganya?

Cara Cek TV Sudah Digital atau Masih Analog

Perbedaan TV Digital dan Analog
Ilustrasi Cara Cek TV Sudah Digital atau Masih Analog

Cara cek TV sudah digital atau masih analog sangat mudah, bahkan bisa dilakukan sendiri di rumah.

Pengecekan ini bisa dilakukan secara manual atau melalui bantuan situs di internet. Berikut dua alternatif cara untuk mengecek TV digital atau masih analog.

  1. Mengecek Secara Online

Cara cek TV sudah digital atau masih analog yang pertama, yaitu secara online dengan mengakses situs resmi kominfo.

Selanjutnya, ketuk pada opsi “Menu Perangkat”, pilih Televisi. Lalu, Anda juga bisa tulis merek, model atau tipe perangkat TV yang Anda miliki.

Hasil pencarian pada tabel akan memunculkan daftar merk dan tipe yang sudah diinput sebelumnya jika memang TV tersebut sudah menerima siaran digital. Sementara jika belum, maka akan ada keterangan mohon maaf perangkat tidak terdaftar di database.

  1. Mengecek Melalui Spesifikasi Televisi

Cara cek TV sudah digital atau masih analog yang lainnya, yaitu mengecek fitur dengan menu pencarian melalui remot.

Apabila pada remot tersebut terdapat fitur DTV, maka televisi Anda sudah menerima siaran digital. Selain itu, lakukan pengecekan sertifikasi tipe kepada sales apabila membeli TV baru.

Baca Juga:

Demikian informasi tentang perbedaan TV analog dengan TV digital, semoga bermanfaat. Jangan lupa di share ya.

BAGIKAN:

Tinggalkan komentar