5 Cara Membuat Bisnis Plan Frozen Food yang Bagus

Peluang bisnis frozen food saat ini di Indonesia cukup menjanjikan untuk dijalankan. Faktanya, kesibukan banyak orang, membuat frozen food menjadi menu sajian cepat untuk memenuhi kebutuhan harian.

Jika tertarik dengan peluang bisnis frozen food, pastikan Anda membuat bisnis plan frozen food yang baik. Berikut panduan cara membuatnya:

1. Membuat Alokasi Modal Bisnis

Membuat Alokasi Modal Bisnis
Membuat Alokasi Modal Bisnis

Bisnis plan frozen food yang pertama yaitu membuat alokasi modal yang diperlukan untuk memulai bisnis.

Sebuah bisnis yang baru dibangun tentu membutuhkan modal untuk memulainya. Punya modal saja tetapi tidak membuat rancangan alokasi pos pengeluaran juga akan membuat terhambatnya usaha frozen food.

Alokasi modal untuk jenis usaha ini harus digunakan untuk kebutuhan utamanya seperti peralatan penyimpanan freezer.

Jika masalah mesin es penyimpanan ini sudah terpenuhi, Anda bisa mengalokasikan modal ke kebutuhan utama lain yaitu sewa tempat atau ruko dan melengkapi produk frozen food.

2. Riset Produk

Riset Produk
Riset Produk

Perkembangan aneka macam produk frozen food ini memang beragam jenis, beraneka bentuk, dan lama ketahanan makanan yang telah dibekukan.

Sebelum memulai bisnis frozen food, maka Anda wajib untuk melakukan riset produk yang ingin dijual. Produk frozen food yang Anda jual harus sesuai dengan kebutuhan di daerah sekitar lokasi berbisnis.

Produk frozen food ini bisa berasal dari produksi Anda sendiri maupun mengambilnya dari produsen makanan, usahakan yang sudah memilik merk atau brand agar lebih terpercaya.

Jika Anda berniat menjual produk olahan sendiri pastikan untuk menguji masa simpannya terlebih dahulu dan melengkapi izin edar sesuai peraturan yang berlaku di Indonesia agar lebih aman dan dapat kepercayaan konsumen.

Namun, jika Anda berniat sebagai Agen frozen food saja maka bisa memilih produsen terkenal seperti PT So Good Food, PT Elson Bernardi, PT Indomina Cipta Agung dan lain sebagainya.

Membuat bisnis plan frozen food ini membutuhkan riset produk dengan benar agar nantinya bisa berjalan lancar, dagangan laku dan mendapatkan untung yang besar.

3. Merencanakan Pembelian Peralatan

Freezer
Freezer

Seperti nama usahanya yaitu frozen food maka peralatan utama yang harus Anda miliki adalah freezer.

Dalam bisnis plan frozen food Anda pastikan hal ini sudah direncanakan. Usaha tersebut juga tergantung terhadap freezer sebagai penyimpanan agar produk tidak mengalami penurunan mutu atau cepat expired.

Jadi, saat membeli freezer pastikan Anda memilih produk yang berkualitas dan terpercaya. Jika Anda tidak membeli freezer berkualitas tinggi, ini bisa menyebabkan masalah dan menganggu kelancaran bisnis frozen food.

Apabila modal yang Anda miliki besar maka sebagai agen frozen food bisa mencari kerjasama dengan penjual eceran.

Dalam usaha frozen food, untuk memperlancar jalannya bisnis dan pendistribusian produk juga dibutuhkan kendaraan. Anda juga bisa memasukkannya dalam anggaran.

Artikel Lainnya: 13 Bisnis di Masa Pandemi Corona yang Menjanjikan

4. Membuat Strategi Marketing

Strategi Marketing
Strategi Marketing

Di dalam bisnis plan frozen food Anda juga harus memikirkan strategi pemasaran yang tepat.

Anda bisa memasarkannya secara online jika ingin produk frozen food bisa dijangkau oleh banyak kalangan di banyak kota atau seluruh Indonesia. Strategi pemasaran online ini tidak membutuhkan banyak modal namun jangkauannya bisa luas.

Anda bisa memanfaatkan media sosial (Facebook, Twitter, TikTok, Instagram, dan Youtube) untuk mempromosikan bisnis frozen food. Selain itu, Anda dapat menjualnya di aplikasi belanja online seperti Tokopedia, BukaLapak, BliBli dan Shopee.

Banyak orang yang menyukai hal praktis dalam membeli sesuatu secara online. Anda bisa memanfaatkan peluang ini untuk memberikan layanan pesan antar bisnis frozen food.

Selain itu, agar produk dapat cepat laku terjual, Anda juga bisa menjalin kerjasama dengan reseller ataupun pedangan eceran. Dengan hal ini, usaha frozen food Anda bisa lebih cepat berkembang.

5. Merencanakan Penjagaan Kualitas

Frozen Food
Ilustrasi Bisnis Plan Frozen Food

Jika Anda sudah mengikuti langkah-langkah bisnis plan frozen food di atas, jangan lupa merencanakan penjagaan kualitasnya. Saat bisnis sudah berjalan, pastikan tetap menjaga kualitas produk frozen food dan menjaga kualitas pelayanannya.

Ini karena kualitas yang stabil bagus membuat pelanggan betah dan bisa semakin bertambah. Tentu Anda tidak ingin kehilangan pelanggan bukan?

Banyak pemula yang baru memulai bisnis frozen food. Hal ini karena, bisnis ini praktis untuk dijalankan dan tidak perlu keahlian khusus.

Baca Juga:

Jangan lupa untuk membuat bisnis plan frozen food semaksimal mungkin sebelum Anda memulainya agar usaha yang dibangun lebih terfokus dan sesuai harapan. Semoga bermanfaat dan bantu share artikel ini ya. 🙂

Bantu Share Ya :)

Tinggalkan komentar