5 Layanan Nomor Call Center BPJS Kesehatan, Gratis 24 Jam

Sehat adalah aset berharga yang tidak bisa dinilai dengan apapun. Demi menjaga hal itu penting bagi masyarakat untuk melakukan proteksi diri.

Salah satu cara proteksi diri yakni mengikuti asuransi Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Selain mendapat jaminan, semua masalah juga bisa cepat selesai dibantu oleh call center BPJS kesehatan.

Layanan Utama saat Menghubungi Nomor Call Center BPJS Kesehatan

Nomor Call Center BPJS Kesehatan by Screenshot Web BPJS Kesehatan
Nomor Call Center BPJS Kesehatan dan Alamat Kantor (Screenshot Web BPJS Kesehatan)

Dengan menjadi peserta asuransi jaminan kesehatan yang dikelola oleh negara, Anda dapat menikmati berbagai kemudahan ketika membutuhkan perawatan saat menderita sakit.

Jika dalam pelaksanaannya menemui kendala, call center BPJS siap membantu dengan 5 layanan utamanya, yakni meliputi:

1. Layanan Konsultasi Kesehatan Gratis

Demi meningkatkan pelayanan kepada seluruh anggota, pihak BPJS memberikan layanan konsultasi secara gratis. Bagi peserta yang sedang menderita gangguan kesehatan dan ingin bertanya kepada dokter bisa melalui call center BPJS di 1500 400 (24 jam) atau melalui 021-4212938 (Hunting).

Namun layanan ini hanya bisa dinikmati oleh anggota yang berstatus aktif saja dan bisa dilakukan di hari kerja Senin sampai Jumat, jam 07.00 hingga 20.00 WIB.

Kini Anda juga dapat dengan mudah konsultasi dengan dokter umum tanpa perlu antri ke rumah sakit maupun puskesmas.

Artikel Lainnya: 4 Cara Cek BPJS Kesehatan Masih Aktif atau Tidak

2. Layanan Pengaduan Call Center BPJS Kesehatan

Kini tidak perlu khawatir apabila sewaktu-waktu menemui kendala atau masalah dengan BPJS.

Anda dapat menyampaikan langsung terkait keluhan yang dialami kepada petugas terkait tanpa perlu repot datang ke kantor. Caranya mudah tinggal hubungi call center di nomor 1500 400.

Pihak BPJS kesehatan menyediakan fasilitas ini sebagai wujud komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada para pesertanya.

Oleh karena itu, tidak perlu sungkan untuk mengajukan keluhan pelanggan, pasalnya hal itu akan menjadi bahan evaluasi untuk perbaikan bagi lembaga serta stakeholder.

3. Layanan Informasi

Jika berminat untuk menjadi anggota jaminan kesehatan negara namun masih ragu. Anda dapat menghubungi call center BPJS kesehatan di 1500 400 agar mendapatkan informasi lengkap seputar fasilitas, layanan serta program terbaru.

Bagi peserta juga dapat mencari informasi seputar detail status kepesertaan mulai dari jumlah tanggungan, total tagihan, tanggal pembayaran, masih aktif atau tidak bisa melalui call center BPJS. Bagusnya lagi, layanan call center ini bisa diakses selama 24 jam penuh.

4. Layanan Daftar Anggota BPJS Kesehatan

Tidak hanya menerima pengaduan saja, pihak BPJS juga memberikan kemudahan dalam hal administrasi.

Kini melalui care center 1500 400, masyarakat dapat mendaftar sebagai peserta tanpa perlu bersusah payah datang ke kantor yang mungkin lokasinya jauh dari rumah.

Nantinya lewat sambungan telepon tersebut, petugas akan membantu dan meminta data pribadi Anda untuk mendaftarkan.

Demi kelancaran proses tersebut, siapkan beberapa dokumen yang diperlukan seperti:

  • Kartu Keluarga (KK).
  • Kartu Tanda Penduduk (KTP).
  • Nomor telepon.
  • Alamat email.
  • Nomor rekening.
  • Pilihan faskes.

Baca Juga: 5 Cara Cek Tagihan BPJS Kesehatan Online

5. Layanan Perubahan Data Kepesertaan

Selain proses pendaftaran yang simpel, Anda juga dapat melakukan perubahan data kepesertaan dengan mudah melalui call center BPJS kesehatan. Alhasil semua tahapan birokrasi jadi lebih praktis.

Sebab melalui call center BPJS kesehatan, Anda dapat melakukan perubahan data kepesertaan meliputi identitas, faskes serta kelas rawat inap secara mudah dan cepat tanpa perlu datang ke kantor.

Itulah sekilas informasi seputar layanan yang didapat masyarakat nikmati melalui call center BPJS kesehatan. Jika Anda belum daftar BPJS kesehatan, ikuti cara mendaftarnya melalui: BPJS Kesehatan online.

Semoga ulasan di atas bisa menambah pengetahuan Anda tentang program asuransi pemerintah dan menjadi bahan pertimbangan untuk bergabung menjadi peserta.

Share:

Tinggalkan komentar