5 Cara Cek Tagihan BPJS Kesehatan Online

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) merupakan salah satu layanan yang diberikan pemerintah kepada masyarakat dalam bidang kesehatan. Banyak yang bertanya, bagaimana sih cara cek tagihan BPJS Kesehatan?

BPJS kesehatan ini sangat diminati khususnya masyarakat golongan menengah ke bawah karena iuran per bulan yang cukup terjangkau.

Sebagai usaha untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat, pemerintah memberikan perhatian yang cukup besar terhadap layanan yang satu ini.

Selain keleluasaan informasi dan layanan, pemerintah juga memberikan kemudahan untuk masalah prosedur dan aksesnya. Salah satu bentuk kemudahan informasi tersebut yaitu cara cek tagihan BPJS Kesehatan yang sangat mudah.

1. Cek Tagihan BPJS Kesehatan di Website Resmi BPJS Kesehatan

Berikut ini kami sajikan informasi lengkap mengenai cara mengecek tagihan iuran BPJS Kesehatan paling mudah dan lengkap. Simak penjelasannya di bawah ini!

Untuk data tagihan iuran BPJS Kesehatan yang lebih akurat, sebaiknya anda mengeceknya melalui website resmi dari BPJS Kesehatan. Untuk mengeceknya, anda dapat log in ke akun BPJS Kesehatan anda melalui https://daftar.bpjs-kesehatan.go.id/bpjs-checking/.

Setelah halaman berhasil dibuka, anda akan diarahkan untuk mengisi form informasi akun. Data yang harus anda masukan agar berhasil masuk ke akun anda yaitu Nomor Kartu BPJS dan tanggal lahir.

Pada bagian bawah, anda harus menyalin captcha atau angka validasi, kemudian klik tombol ‘’Cek’’.

Apabila validitas informasi akun anda dinyatakan benar, informasi tagihan BPJS bulan terkait dari BPJS Kesehatan anda akan ditampilkan.

2. Cek Tagihan BPJS Kesehatan Menggunakan SMS Gateway

Selain melalui website resminya, anda juga bisa cek tagihan BPJS Kesehatan melalui layanan SMS gateway. Cara yang satu ini dianggap lebih mudah dan simpel karena tidak memerlukan akses internet sama sekali.

Layanan SMS Gateway yang diberikan BPJS Kesehatan diberikan melalui nomor 08777 5500 400. Selain informasi tagihan iuran bulanan, anda juga bisa meminta informasi lain seperti denda yang terjadi.

Untuk mengakses SMS Gateway BPJS Kesehatan, anda diwajibkan untuk mengisi salah satu informasi data diri seperti Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Nomor Kartu BPJS.

Caranya cukup mudah yaitu dengan mengetik;

Tagihan (spasi) Nomor Induk Kependudukan (NIK) atau Nomor Kartu BPJS Kesehatan

Contoh: Tagihan 0000345773872 kemudian kirim ke nomor 08777 5500 400

Baca Juga: Cara Daftar BPJS Kesehatan Online

3. Cek Tagihan BPJS Kesehatan di Aplikasi Mobile JKN

Seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya bahwa pemerintah sangat memberikan perhatian lebih kepada layanan kesehatan BPJS dengan memberikan kemudahan dalam mengakses informasi.

Salah satu bentuk perhatian ini yaitu telah diluncurkannya aplikasi Mobile JKN. Aplikasi yang satu ini memungkinkan anda untuk mendapatkan berbagai informasi akun anda, termasuk dengan besaran iuran yang wajib anda bayar pada bulan terkait.

Cara cek tagihan BPJS Kesehatan melalui aplikasi Mobile JKN cukup mudah, langkah pertama yaitu dengan mengunduh dan menginstal aplikasi pada handphone anda. Setelah berhasil terpasang, kini saatnya anda untuk meregistrasi akun agar dapat masuk ke sistem BPJS Kesehatan.

Setelah berhasil masuk ke akun BPJS Kesehatan, untuk mengecek informasi jumlah tagihan anda dapat mengklik menu ‘’Tagihan > Premi’’. Setelah menunggu berapa saat jumlah tagihan BPJS Kesehatan anda akan ditampilkan.

4. Cek Tagihan BPJS Kesehatan Menggunakan Platform Pembayaran Digital Lain

Cara lain yang dapat anda coba untuk mengecek jumlah tagihan BPJS Kesehatan yaitu melalui platform pembayaran digital lain.

Berkat adanya perkembangan teknologi yang semakin pesat, segala urusan dapat diselesaikan secara digital atau virtual, tidak terkecuali dengan masalah iuran BPJS Kesehatan ini.

Saat ini banyak sekali aplikasi pembayaran digital yang diluncurkan sebagai pengganti transaksi tunai. Sebut saja Tokopedia, Bukalapak, Shopee, Payfazz, Ovo , dan masih banyak lagi.

Semua aplikasi yang kami sebutkan tadi menyediakan layanan untuk masalah cek tagihan BPJS Kesehatan maupun pembayarannya.

Karena merupakan moda pembayaran digital, tentu saja pembayaran iuran bulanan BPJS Kesehatan anda juga dilakukan secara virtual.

Meskipun tidak langung terhubung dengan pihak BPJS, anda tidak perlu khawatir mengenai keamanan seperti informasi data pribadi maupun dana yang anda setor.

Platform digital dengan nama besar tersebut telah bekerja sama dengan pihak BPJS Kesehatan untuk turut memudahkan masyarakat dalam masalah pembayaran iuran.

Masyarakat yang saat ini terbiasa dengan teknologi, tentunya memilih cara yang satu ini karena tentunya lebih mudah dan efektif.

5. Care Center BPJS Kesehatan

Cara terakhir yang dapat anda gunakan untuk mengecek jumlah tagihan bulanan BPJS Kesehatan anda yaitu Care Center. Melalui nomor 1500 400, anda akan terhubung dengan call center BPJS Kesehatan yang akan melayani keperluan anda.

Selain care center, anda juga dapat memanfaatkan fasilitas jemput bola BPJS Kesehatan atau MCS yang berada di mall kota-kota besar di Indonesia.

Baca Juga: 13 Asuransi Kesehatan Terbaik 2020 di Indonesia

Demikian ulasan lengkap mengenai beberapa cara untuk mengetahui jumlah iuran bulanan BPJS Kesehatan. Tidak hanya mengecek iuran, melalui cara-cara di atas anda juga dapat membayar iuran tersebut tanpa harus repot-repot datang ke kantor BPJS Kesehatan.

Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu anda dalam mendapatkan informasi BPJS Kesehatan, terima kasih!

Share:

Tinggalkan komentar