5 Cara Bermain Saham Online bagi Pemula, Aman dan Untung

Investasi saham saat ini bisa dilakukan secara online dengan memanfaatkan media digital. Lalu, apa sebenarnya pengertian saham dan bagaimana cara bermain saham online ini?

Berikut ulasan lengkap mengenai pengertian dan cara bermain saham online yang perlu diketahui.

Apa Itu Saham Online?

Saham Online
Ilustrasi Cara Bermain Saham Online

Saham online merupakan jenis investasi yang bisa dilakukan secara digital, baik melalui PC maupun smartphone.

Investasi yang satu ini bisa dilakukan dengan cara memanfaatkan aplikasi yang disediakan untuk bermain saham agar bisa menghasilkan keuntungan dan menambah penghasilan.

Investasi saham secara online juga bisa menghasilkan timbal balik yang tinggi selayaknya invesatsi dengan sistem konvensional.

Kelebihan dari saham online adalah Anda bisa melakukan investasi dengan modal yang kecil terlebih dahulu sekaligus mempelajari sistem kerjanya agar mendapat laba.

Artikel Lainnya: ASURANSI KESEHATAN BCA LIFE & KEUNTUNGANNYA

Berikut ini 5 langkah mudah untuk memulai investasi secara online:

1. Menyiapkan Dana untuk Investasi

Menyiapkan Dana untuk Investasi
Investasi Online

Langkah pertama yang harus dilakukan untuk memulai investasi saham online adalah menyiapkan dana.

Jumlah dana yang disiapkan ini harus disesuaikan dengan kondisi ekonomi, sehingga Anda tidak terlalu terbebani maupun kekurangan untuk kebutuhan pokok rumah tangga hanya demi berinvestasi.

Modal yang diinvestasikan dalam saham online ini sebaiknya adalah dana lebih atau tabungan saja.

Namun, jangan gunakan semua tabungan yang dimiliki untuk berinvestasi karena saham belum tentu bisa memberikan return yang cepat. Anda perlu menganalisa jumlah dana untuk investasi dengan teliti.

2. Membuka Akun Rekening Efek di Sekuritas

Membuka Akun Rekening Efek di Sekuritas
Membuka Akun Rekening Efek di Sekuritas

Hal berikutnya yang perlu dipersiapkan untuk memulai investasi saham online adalah membuka akun rekening efek di sekuritas.

Pastikan bahwa Anda memilih perusahaan sekuritas yang legal dan memenuhi regulasi OJK (Otoritas Jasa Keuangan), sebab ini berhubungan dengan proses investasi dana saham online nantinya.

Membuat akun rekening efek ini bisa dilakukan melalui website atau aplikasi, sehingga tidak perlu datang langsung ke kantor sekuritas.

Anda hanya perlu menyiapkan dokumen yang diperlukan untuk pendaftaran saja, yang diantaranya adalah

  • foto KTP,
  • NPWP, dan
  • foto buku rekening tabungan.

Baca Juga: HARGA EMAS ANTAM Hari Ini | Pegadaian

3. Melakukan Transaksi Saham Online

Transaksi Saham Online
Melakukan Transaksi Saham Online

Cara berikutnya adalah mulai melakukan transaksi menggunakan akun yang sudah dimiliki.

Sebelum membeli, carilah saham yang dirasa menguntungkan di masa mendatang dengan teliti. Di samping itu, sesuaikan pula dengan modal investasi Anda.

Perhatikan kinerja perusahaan yang memiliki saham sebelum membelinya agar tidak merasa dirugikan di kemudian hari.

Di samping itu, pastikan bahwa perusahaan yang menerbitkan saham ini mempunyai reputasi baik dan aktivitas operasionalnya stabil selama beberapa waktu.

4. Bermain Saham Online

Bermain Saham Online
Seorang Wanita Bermain Saham Online

Hal berikutnya yang bisa dilakukan setelah melakukan transaksi pembelian adalah bermain saham online. Cara bermain saham online ini adalah dengan mengamati pergerakan dan tren harganya.

Tujuan dari mengamati pergerakan dan tren ini adalah untuk melihat apakah saham Anda menghasilkan untung. Pergerakan dan tren saham ini perlu diamati secara berkala, namun tidak selama 24 jam penuh.

Pemantauan ini setidaknya harus dilakukan selama setengah jam setiap sesi. Cara ini diperlukan karena grafik saham bisa mengalami perubahan sewaktu-waktu.

5. Menyiapkan Strategi dalam Investasi Saham

Strategi dalam Investasi Saham
Ilustrasi Strategi dalam Investasi Saham

Cara bermain saham online yang terakhir adalah menyiapkan strategi agar bisa memaksimalkan keuntungan dan dapat bertahan lama di pasar.

Langkah untuk memaksimalkan keuntungan ini adalah memutar modal dan timbal balik yang didapatkan untuk membeli saham baru.

Strategi ini diperlukan agar Anda tetap bisa meraih keuntungan di setiap sesinya, sehingga modal tidak terbuang sia-sia.

Baca Juga:

Belilah saham baru dari timbal balik yang sudah dihasilkan untuk memperbesar peluang mendapatkan keuntungan tinggi. Namun, pastikan saham baru ini juga mempunyai prospek.

Share:

Tinggalkan komentar