13 Cara Bisnis Laundry Kiloan untuk Pemula, Cuan Besar!

Bisnis laundry dapat membantu kebanyakan orang yang sibuk hingga tidak dapat mencuci pakaian sendiri di rumah.

Tidak dapat dipungkiri, peluang usaha menjalankan bisnis laundry semakin berkembang dengan keuntungan yang besar. Apabila Anda tertarik ingin membuka bisnis ini, tentu harus bagaimana cara bisnis laundry dan tips menjalankan bisnisnya.

Tips dan Cara Bisnis Laundry agar Cuan Besar

Cara Bisnis Laundry agar Cuan Besar
Listing Cara Bisnis Laundry

Poin penting jika ingin sukses mengembangkan usaha laundry, yaitu jangan malu. Kebanyak orang malu menjalankannya.

Padahal, apabila serius menekuni bisnis ini, dipastikan akan maju dan berkembang pesat. Selain itu ada cara dan tips lainnya. Diantaranya yaitu:

1. Pilih Tempat Strategis

Jangan asal-asalan membuka bisnis laundry kiloan, pakaian, sprei, bed cover, laundy sepatu, helm atau lainnya. Penting untuk mempertimbangkan tempat yang strategis dengan matang dan lebih baik.

Meskipun mempunyai jasa terkait antar jemput pakaian. Tetap saja untuk pikirkan dengan matang mengenai lokasi yang ingin dijadikan usaha laundry. Jika Anda belum punya banyak uang atau modal untuk sewa tempat, Anda bisa bisnis laundry rumahan.

Apabila tempat laundry tersebut terlalu jauh dan sulit di jangkau dari lokasi yang strategis, mungkin saja biaya untuk antar jemput akan membengkak. Hal ini dapat dipastikan akan membebani biaya operasional bisnis yang Anda jalankan.

2. Memahami Seluk Beluk Bisnis Laundry

Bagi Anda ingin membuka usaha cuci pakaian kiloan, bisa saja untuk langsung membukanya, tanpa pikir panjang.

Namun, opsi ini punya risiko kegagalan yang lebih cepat. Dikarenakan kurangnya persiapan dalam membuka usaha ataupun kesalahan dalam manajemen bisnisnya.

Adapun cara terbaik bisa memulai usaha ini yaitu dengan melakukan riset terkait seluk beluk laundry. Bisa bertanya ke orang yang lebih paham bisnisnya.

Selain itu juga memahami tentang beberapa hal, misal peluang bisnis, persiapan peralatan, biaya operasional, desain pelayanannya, serta promosinya.

3. Menyediakan Jasa Antar Jemput

Jasa Antar Jemput Laundry
Ilustrasi Jasa Antar Jemput Laundry

Jika belum mempunyai tempat untuk usaha laundry, Anda bisa memanfaatkan bisnis online rumahan sebagai tempat usaha. Siapkan bisnis laundry online menjadi pilihan layanan jasa antar jemput barang atau pakaian para pelanggan.

Cara ini layaknya bisnis online pada umumnya, yaitu cukup dengan menghubungi customer service (CS) via chat. Bila memungkinkan, Anda pun bisa membebaskan ongkos kirim dalam batasan area tertentu atau radius yang dipikir memungkinkan.

Tak salah jika mematok harga yang khusus pada layanan ini, tentu selama masih batas wajar bahkan tidak berlebihan.

Tapi jangan lupa untuk menentukan waktu pengiriman laundry yang jelas. Guna memastikan, ketika sampai ditempat tujuan, ada orang yang menerima barang ke alamat pelanggan.

Artikel Lainnya: 11 Cara Memulai BISNIS PROPERTI

4. Mematok Harga Lebih Sesuai

Jika ingin usaha yang Anda jalankan berkembang, pastikan untuk memperhitungkan patokan harga. Bisa mengetahui harga dari bisnis usaha cuci pakaian di tempat lainnya di sekitar area Anda. Bertujuan, agar harga yang Anda patok tidak terkesan mahal nantinya.

Harga akan jadi pertimbangan pertama bagi sebagian orang Indonesia. Dengan begitu, jangan terlalu mahal untuk memberikan harga. Terlebih adanya usaha yang sama di dekat bisnis Anda.

5. Perhitungkan dan Persiapkan Modal Untuk Usaha

Perhitungkan dan Persiapkan Modal Untuk Usaha Laundry
Perhitungkan dan Persiapkan Modal Untuk Bisnis Laundry

Poin penting yang ditekankan disini yaitu memastikan Anda harus benar-benar telah menghitung secara rinci dan teliti. Tentang kebutuhan modal untuk usaha laundry ini nantinya.

Alhasil, Anda dapat melakukan operasional bisnis dengan lebih tepat dan efektif. Dikarenakan, tanpa ada perhitungan dan persiapan.

Mungkin nanti ada kekeliruan dalam menjalankan bisnis tersebut. Bahkan bisa saja mengalami kerugian. Inilah pentingnya melakukan persiapan dalam berbisnis.

6. Menerapkan Operasional Mencuci

Pastikanlah Anda sudah paham bagaimana teknik operasional dalam mencuci yang baik dan benar, mulai dari cara untuk menggunakan bahan mencuci. Hingga berapa waktu yang diperlukan dapat menyelesaikan pekerjaan sehari-harinya.

Dengan begitu, ini dapat berpengaruh terhadap kualitas pelayanan usaha Anda nantinya kepada pelanggan. Agar dapat memperkirakan, berapa banyak cucian yang bisa diselesaikan dalam sehari.

7. Menentukan Pemasok Material 

Pemasok Material Laundry
Ilustrasi Pemasok Material untuk Laundry

Pada poin penting ini yaitu terkait material operasional harus selalu tersedia dalam stok. Diharuskan agar menjaga kualitas dari hasil cucian di usaha laundry ini. Hal ini bertujuan agar para pelanggan tidak lari ke laundry lain.

Dengan begitu, tak ada salahnya untuk menemukan pemasok usaha laundry berkualitas yang bisa dibeli secara grosir ataupun harga lebih murah, dibandingkan membeli satuan seperti pada umumnya.

Baca Juga: 13 Ide Bisnis Reseller Paling Menguntungkan

8. Mengamati Bisnis Kompetitor

Anda Jangan segan-segan untuk menjadikan kompetitor sebagai pertimbangan dan tolak ukur terhadap bisnis yang ingin Anda kembangkan.

Terlebih mengamati bagaimana cara mereka bekerja dan cara untuk memberikan pelayanan kepada pelanggan setiap hari.

Selain itu, dengan mengamati usaha kompetitor juga akan membantu Anda mempertimbangkan harga, paket laundry dan jasa lainnya. Sehingga dapat mencari ide untuk menjalankan bisnis yang sama dengan strategi berbeda dan ditambah inovasi.

9. Persiapkan Sistem Untuk Pengelolaan Profit

Persiapkan Sistem Untuk Pengelolaan Profit
Persiapkan Sistem Untuk Pengelolaan Profit

Untuk memulai bisnis, Anda pun juga bukan hanya mempersiapkan sejumlah modal. Serta persiapan operasional lain. Tetapi juga harus mempersiapkan sistem pengelolaan untuk profit yang didapatkan.

Ini bertujuan agar bisnis yang Anda jalankan, terus berjalan secara optimal. Dikarenakan terkelola dengan baik dan tepat. Dengan begitu, persiapan ini pun juga perlu dilakukan.

Baca Juga: 11 Bisnis Dropship yang Menguntungkan, Laba Hingga 30%

10. Mempromosikan Paket Khusus

Bukan hanya soal pilihan promosi saja yang bisa menarik pelanggan, akan tetapi, Anda juga dapat menarik ketertarikan banyak pelanggan seperti membuat beberapa pilihan paket “cuci khusus”.

Misalkan seperti “paket cuci kilat” dengan mematok harga yang lebih mahal sedikit. Akan tetapi cucian lebih diutamakan, dan pastinya akan lebih cepat selesai.

Ada juga paket lainnya seperti “paket cuci dan setrika”. Pilihan paket-paket ini, sekaligus juga dapat dipertimbangkan untuk melengkapi jasa usaha laundry Anda.

11. Membuat Standar Pelayanan Memuaskan

Standar Pelayanan Memuaskan untuk Bisnis
Ilustrasi Standar Pelayanan Memuaskan untuk Bisnis

Perlu diketahui, harga murah bukan satu-satunya cara memenangkan persaingan usaha laundry walaupun masih pemula.

Justru dengan pelayanan memuaskan bisa memberi peluang tetap menarik pelanggan meski harga lebih sedikit mahal. Guna menghadirkan pelayanan yang memuaskan, tentu harus mengedukasi karyawan.

Terkait cara mencuci pakaian yang benar disesuaikan dengan jenis kain. CS juga harus belajar cara untuk menangani komplain para pelanggan.

Bukan hanya itu, Anda butuh prosedur mencegah adanya masalah yang biasa dialami bisnis laundry, misalkan pakaian rusak, tertukar dan hilang.

Baca Juga: 9 Cara Membuat Bisnis Model Canvas Berdasarkan Elemennya

12. Lakukan Promosi Awal Pembukaan

Salah satu strategi pemasaran dan ini biasanya sering dilakukan saat pembukaan atau peresmian.

Anda dapat memberi diskon sekitar 50% untuk pelanggan yang melakukan pemesanan pada hari pembukaan usaha. Selain itu, bisa juga memberikan diskon bagi 10 orang pelanggan pertama yang akan laundry

Dengan promosi ini, akan menarik minat pelanggan. Anda juga masih bisa menawarkan promo dengan cara menggratiskan 1 kg, bagi pelanggan yang mencuci minimal 5 kg pakaian. Selain itu, juga bisa promosi hari raya dan hari tertentu lainnya.

13. Belajar Mengelola Keuangan

Belajar Mengelola Keuangan Bisnis
Belajar Mengelola Keuangan Bisnis

Pada saat bisnis laundry telah berjalan, poin penting yang tidak boleh disepelekan, yaitu mengatur pemasukan dan pengeluaran bisnis (cash flow).

Dimana keuangan merupakan bahan bakar untuk penggerak usaha Anda. Oleh sebab itu, pengelolaan cash flow sangat diperlukan guna melihat kemana saja dana itu mengalir. Baca Juga: 12 Bisnis di Masa Pandemi 

Dengan pengelolaan dana yang tepat, membantu bisnis menghasilkan profit yang besar. Anda dapat melakukan scale up usaha sehingga terus meningkatkan dengan cabang-cabang baru di beberapa tempat strategis lainnya.

Beberapa cara dan tips yang bisa dilakukan untuk mengembangkan usaha bisnis laundry. Asalkan punya niat dan kerja keras, serta pemahaman-pemahaman lainnya. Dipastikan bisnis yang dijalankan, dapat berjalan lancar dengan cuan besar.

Share:

Tinggalkan komentar