2 Cara Membuat Ebook dengan 5 Aplikasi Terbaik dan Mudah

Ebook merupakan buku digital yang hadir sebagai produk dari perkembangan teknologi saat ini.

Adanya buku digital tersebut tentu sangat membantu setiap orang ketika ingin mempublikasikannya tanpa perlu mencetaknya secara fisik. Oleh sebab itu, segera cari tahu bagaimana cara membuat ebook dengan mudah.

2 Cara Membuat Ebook dengan Mudah

Cara Membuat Ebook dengan Mudah
Ilustrasi Cara Membuat Ebook dengan Mudah

Apabila Anda berniat membuat buku sendiri dalam bentuk digital atau softcopy, maka sangat penting untuk mengetahui caranya terlebih dahulu.

Nantinya, buku tersebut dapat dijadikan sebagai ilmu pengembangan diri yang modern dan praktis untuk digunakan. Di bawah ini langkah-langkah membuatnya:

1. Siapkan Dokumen Word

Ketika ingin membuat buku dalam bentuk digital, sangat penting bagi Anda untuk menyiapkan dokumen/file dalam format Word.

Hal ini dapat dilakukan dengan memanfaatkan aplikasi Microsoft Word. Usahakan juga untuk melengkapi isi dokumen tersebut

Mulai dari bagian cover, kata pengantar, isi, penutup, dan lain sebagainya sesuai kebutuhan. Tidak ada salahnya juga untuk melampirkan foto pada dokumen tersebut. Akan tetapi, usahakan untuk meletakkan foto di tengah teks. Begitu juga ketika ingin menambahkan tabel.

2. Lakukan Import File

Apabila file dokumen dalam format Microsoft Word milik Anda sudah siap, maka langsung saja lakukan proses import file. Proses ini sendiri akan menjadikan file Word berubah ke buku digital.

Oleh sebab itu, sangat penting untuk mengecek terlebih dahulu kesesuaian filenya sebelum mengimport file tersebut.

Mulai dari cover, teks, hingga posisi fotonya apakah sudah pas atau belum. Setelah itu, import dengan memanfaatkan beberapa aplikasi pembuat ebook. Dengan begitu, file akan secara otomatis berubah dalam bentuk buku digital dan bukan lagi dokumen Microsoft Word.

Artikel Lainnya: Perbedaan Cara Kerja Dropship dan Cara Kerja Reseller

5 Rekomendasi Aplikasi Pembuat Ebook Terbaik

Rekomendasi Aplikasi Pembuat Ebook Terbaik
Ilustrasi Rekomendasi Aplikasi Pembuat Ebook Terbaik

Sekarang ini siapa saja dapat dengan mudah membuat buku digital karena sudah tersedia aplikasi pembuat ebook. Dengan begitu, Anda hanya perlu mengunduh aplikasi tersebut, menyiapkan file buku, kemudian mengubahnya menjadi PDF dengan bantuan aplikasi pembuat ebook. Di bawah ini diantaranya:

1. Calibre

Calibre adalah aplikasi terbaik yang bisa Anda gunakan untuk membuat buku digital. Aplikasi ini sendiri dapat digunakan pada perangkat dengan basis Windows, iOS, serta Linux. Jika dibandingkan dengan lainnya, maka aplikasi ini menyediakan format ebook sangat lengkap.

Hal ini berarti, setiap orang tentu akan lebih leluasa dalam memilih format tersebut sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Anda juga dapat mengubahnya kembali ke dalam format tertentu. Mulai dari TXT, ZIP, PDF, SNB, RTF, TXTZ, SNB, MOBI, dan masih banyak lagi.

2. EPUBee Maker

Sesuai dengan namanya, aplikasi ini sangat mudah dan efektif untuk digunakan membuat ebook. Tidak heran jika sangat direkomendasikan untuk digunakan karena dapat menjadi solusi pembuatan ebook secara sederhana. Artinya, setiap orang dapat mengonversikan dokumen mereka dalam format EPUB.

Caranya adalah dengan menekan menu EPUBee Maker yang sudah tersedia pada aplikasi. Nantinya, dokumen tersebut dapat dipublikasikan dengan cepat tanpa memerlukan waktu lama. Apabila ingin mengubahnya dalam format PDF, maka langsung saja tekan menu Simpan sebagai PDF.

3. Sigil

Aplikasi lain yang tidak kalah bagusnya untuk Anda gunakan adalah Sigil. Gunakan aplikasi tersebut untuk membuat ebook secara gratis pada perangkat iOS dan Windows. Setiap pengguna juga dapat menambahkan info metadata secara lengkap sesuai dengan keinginan.

Aplikasi ini bahkan menawarkan berbagai fiturnya seperti menambahkan cover picture, indeks, hingga daftar isi.

Pengguna juga dapat mengubah gaya huruf, menambahkan gambar, video., hingga audio. Oleh sebab itu, jangan sampai melewatkan untuk mencoba aplikasi ini.

Artikel Lainnya: 10 Bisnis Online Rumahan Modal Kecil

4. MS Word to EPUB Converter

Aplikasi besutan MS Word ini dapat melakukan konversi file dalam bentuk Doc atau Docx ke format Epub. Apabila Anda menggunakannya, maka akan ada antarmuka yang simpel tetapi fungsinya cukup terbatas. Jika dibandingkan dengan aplikasi lain, maka MS Word to EPUB Converter paling sederhana.

Untuk membuat ebook dari aplikasi ini sendiri tidak dikenakan biaya alias gratis. Setiap pengguna juga dapat langsung melakukan konversi file dengan memanfaatkan menu Start Converting. Dengan begitu, Anda bisa langsung mendapatkan ebook dengan format EPUB secara langsung.

5. Mobipocket Creator

Anda dapat membuat ebook serbaguna dengan memanfaatkan aplikasi ini. Pengoperasiannya sendiri sangat mudah dan praktis sehingga tidak perlu khawatir apabila ingin menggunakannya. Tersedia juga format inputan dengan dukungan PDF, TXT, DOCX, serta HTML.

Apabila Anda sudah selesai melakukan proses import, maka tidak ada salahnya apabila menambah cover, deskripsi, daftar isi, hingga tanggal terbit pada ebook tersebut.

Tepatnya di bagian metadata. Selanjutnya, langsung konversi menjadi ebook dengan menekan menu Build.

Baca Juga:

Itu dia penjelasan lengkap tentang cara membuat ebook serta rekomendasi aplikasinya yang bisa Anda ketahui. Dengan adanya aplikasi tersebut, tentu siapa saja dapat dengan mudah mengubah file dokumen menjadi format ebook sebagai buku digital multifungsi dengan pengguaan sangat praktis.

BAGIKAN:

Tinggalkan komentar