Harga Kucing Sphynx & 5 Fakta Menarik Kucing Sphynx

Jenis-jenis kucing yang banyak dipelihara di rumah sudah cukup banyak, salah satunya adalah kucing Sphynx.

Jenis kucing Sphynx memang terkenal dengan harganya yang sangat mahal. Selain itu, terdapat treatment khusus saat memelihara kucing sultan ini.

Harga kucing Sphynx sendiri berbeda-beda sesuai dengan jenis dan usianya. Berikut penjelasan lebih lengkapnya.

Berapa Harga Kucing Sphynx?

Kucing Sphynx
Ilustrasi Harga Kucing Sphynx

Tingginya harga kucing Sphynx disebabkan banyak faktor. Keunikan yang dimiliki hewan tersebut membuatnya banyak diburu pecinta anabul.

Harga per ekor dari kucing Sphynx dapat ditentukan oleh umur, jenis kelamin, ras, dan perawatannya. Berikut ini beberapa perbandingan harga jika Anda ingin membeli kucing sphynx, seperti:

  • Kitten Sphynx

Jenis pertama adalah untuk anakan kucing Sphynx yang masih berusia 2 bulan. Setiap ekornya dibandrol di kisaran Rp 1,8 juta. Karena usianya masih sangat muda, maka perlu perawatan ekstra untuk menjaga pertumbuhan dan kesehatannya tetap stabil.

  • Anakan Sphynx

Harga kucing Sphynx cepat sekali berubah. Selisih 1 bulan saja Anda harus menambah kocek sebesar Rp 1,2 juta dari harga sebelumnya. Artinya, untuk seekor anakan kucing Sphynx berusia 3 bulan dihargai Rp 3 juta.

  • Sphynx Pejantan

Beberapa kolektor menyukai tipe Sphynx pejantan karena lebih mudah perawatannya. Harga setiap ekornya sendiri berada di angka Rp 6 juta. Harga tersebut berlaku untuk Sphynx pejantan yang masih berusia 6 bulan.

  • Kucing Sphynx Ras Asli

Harga untuk kucing Sphynx ras asli sendiri dibedakan menjadi 2 kategori. Apabila kucing berusia 1 tahun, maka harganya di kisaran Rp 10 juta. Lain lagi untuk usia 2 tahun, maka nilainya menjadi Rp 20 juta per ekor.

  • Kucing Sphynx Dewasa

Kucing Sphynx dewasa pun memiliki 2 jenis. Anda dapat membeli sesuai dengan budget yang tersedia.

Sphynx pejantan Nonped dihargai Rp 6 juta dengan usia 2 tahun. Harga tersebut akan berubah jika Anda membeli kucing dewasa berusia 3 tahun yang dibandrol Rp 25 juta.

Baca Juga: 6 Jenis Kucing Munchkin, Harga dan Cara Merawatnya

5 Fakta Menarik Kucing Sphynx

Kucing Sphynx 2
Kucing Sphynx

Selain harga kucing Sphynx yang tergolong mahal, ada beberapa fakta menarik dari kucing cantik tersebut.

Anda mungkin tidak pernah berpikir tentang keunikan tersebut sebelumnya. Berikut ini adalah beberapa fakta menarik pada kucing sphynx.

1. Hewan sosial

Tahukah Anda bahwa kucing Sphynx memiliki karakter sebagai hewan sosial? Hal itu memang benar adanya dan sudah diteliti oleh ahli onkologi veteriner New York.

Pada penelitian tersebut menunjukkan kucing Sphynx terbilang vokal karena keinginannya selalu berusaha diutarakan.

2. Mudah sakit

Fakta selanjutnya yaitu kucing Sphynx mempunyai daya tahan tubuh yang cukup rendah. Hal ini membuatnya mudah sakit dan terinfeksi bakteri.

Disarankan untuk melakukan pemeriksaan secara rutin ke dokter hewan saat memelihara kucing ini.

3. Butuh perawatan rutin

Setelah Anda merogoh kocek cukup dalam untuk menebus harga kucing Sphynx yang mahal, Anda harus mempersiapkan biaya tambahan.

Biaya tersebut adalah untuk perawatan si anabul berbulu tipis tersebut. Perawatan dapat meliputi makanan, kebersihan, vitamin, dan suplemen lainnya.

4. Bisa menyebabkan alergi

Kucing pada umumnya dapat menyebabkan alergi pada manusia karena bulu-bulunya.

Walaupun kucing Sphynx hanya memiliki bulu super tipis, ternyata kucing ini juga dapat menyebabkan alergi. Hal ini yang perlu diwaspadai oleh pemelihara atau calon pemiliknya.

5. Membutuhkan pelindung dari cuaca

Mengingat kulitnya yang terbuka, kucing Sphynx harus diberikan pelindung dari cuaca. Pelindung tersebut dapat berupa pakaian atau tempat tidur yang hangat dan bersih tentunya.

Saat kondisi musim dingin, kucing Sphynx rawan mengalami kedinginan bahkan iritasi.

Selain tidak kuat di suhu dingin, anabul yang satu ini juga tidak kuat jika terkena paparan sinar matahari secara langsung. Kulitnya yang tipis membuatnya sangat sensitif terhadap intensitas cahaya dan suhu di sekitarnya.

Baca Juga:

Demikian informasi harga dan fakta-fakta menarik tentang kucing Sphynx. Pecinta kucing jenis ini di Indonesia sudah cukup banyak. Apakah kamu selanjutnya?

Semoga bermanfaat dan jangan lupa share artikel kucing Sphynx ya..

BAGIKAN:

Tinggalkan komentar