6 Jenis Kucing Munchkin, Harga dan Cara Merawatnya

Kucing munchkin merupakan spesies domestik dari jenisnya serta tergolong mutasi genetik alami. 

Penampilan kucing ini mudah dikenali dengan struktur body, utamanya sisi kaki yang terkesan lebih pendek dari kebanyakan jenis serupa pada umumnya. Harga kucing munchkin cukup bersaing dan cara perawatannya mudah, membuat banyak orang makin tergiur memeliharanya. 

Jenis-jenis Kucing Munchkin, Cara Merawat dan Harganya

Meski sudah terkualifikasi dalam kategori munchkin, namun varian ini masih terbagi lagi dalam beberapa jenis.

Hal tersebut dipengaruhi oleh berbagai faktor serta turut membawa kriteria tersendiri sebagai pembeda antara satu kucing dengan lainnya. Adapun daftar tersebut terurai sebagai berikut. 

1. Munchkin Napoleon

Munchkin Napoleon by Christine Kalicky Pinterest
Munchkin Napoleon (Foto: Christine Kalicky/Pinterest)

Kucing jenis munchkin napoleon adalah spesies hasil persilangan antara kucing asli dari kategori ini dengan salah satu dari persia, himalaya, dan eksotik short hair. Hasil anakannya pun memiliki ciri fisik yang cukup unik, seperti tekstur bulu serta corak variatif diikuti warna-warna menarik. 

Warna-warna tersebut antara lain putih, abu-abu, kuning kecoklatan hingga lain sebagainya. Ketebalan bulunya pun bervariasi, adanya tumbuh lebat atau cukup sedang. 

Akan tetapi secara garis besar napoleon ini sangat menggemaskan dan lucu. Adapun harganya sekitar Rp 7.000.000 untuk usia 2 tahun. 

Artikel Lainnya: Harga Kucing Himalaya 2021 dan Ciri Fisiknya

2. Munchkin Scottish Kilts

Munchkin Scottish Kilts by Debi Askey Pinterest
Munchkin Scottish Kilts (Foto: Debi Askey/Pinterest)

Varian munchkin scottish kilts termasuk yang sangat digemari pecinta kucing karena memiliki daun telinga melipat kedalam. Hal ini membuat tampilan wajahnya semakin bulat dan menggemaskan, sehingga turut membedakannya dengan jenis jenis lain dari spesies sama. 

Adapun pada hakekatnya kucing ini merupakan hasil perkawinan silang antara scottish fold dan munchkin. 

Kedua jenis hewan menggemaskan yang digabungkan sehingga menghasilkan keturunan baru pun sangat istimewa. Varian ini pun identik dengan peliharaan mahal yakni sekitar Rp 6 jutaan untuk usia 2,5 bulan. 

3. Munchkin Lambkin

Munchkin Lambkin by asnimohdghazali Instagram
Munchkin Lambkin (Foto: asnimohdghazali/Instagram)

Berikutnya ada munchkin lambkin yang merupakan varian unik lainnya dengan ciri khas bulu-bulu keriting di sekujur badannya. Bahkan cenderung mirip dengan bulu domba ikal, sehingga sangat unik untuk dipelihara. Terlebih di tengah mayoritas kucing berbulu lurus. 

Jenis kucing yang satu ini merupakan hasil persilangan dari munchkin dan rex selkirk sehingga menghasilkan varietas baru yang lebih unik dan eksotik. 

Selain itu perawatan lambkin patut diperhatikan mengingat karakter bulu keritingnya. Adapun harganya sekitar jutaan hingga puluhan juta rupiah. 

4. Munchkin Genetta

Munchkin Genetta by gopetcaregresik Instagram
Munchkin Genetta (Foto: gopetcaregresik/Instagram)

Munchkin genetta adalah varian berikutnya yang termasuk jenis kucing yang unik dan menarik. Kucing ini pun memiliki daya pikat tersendiri karena keimutannya serta dinilai sangat cocok sebagai hewan peliharaan. 

Selain itu, warna bulunya sangat beragam, bahkan dapat disesuaikan dengan minat dan kesukaan Anda. Warna-warna tersebut antara lain seperti perak, bintik salju, coklat hingga hitam. 

Alasannya, ciri fisik dari hewan peliharaan ini mampu membantu meringankan penat pemiliknya karena tingkah pola lucu yang menggemaskan. Adapun dari segi harga rata-rata dibanderol dengan nominal sekitar Rp 8 jutaan. 

Baca Juga: 5 Jenis Kucing Bengal dan Harganya, Termasuk Kucing Langka

5. Munchkin Minskin dan Bambino 

Kucing Munchkin Minskin dan Bambino
Kucing Bambino

Varian ini tergolong cukup jarang dijumpai namun juga hadir berdasarkan perkawinan silang dari munchkin dengan sphynx. Anak dari persilangan tersebut dinamai minskin dan bambino. Ciri identiknya mudah dikenali dari bulunya yang sangat tipis bahkan nyaris tidak ada.

Selain itu telinganya pun tampak lebih lebar dan besar sehingga turut memberi keunikan dan ciri khas tersendiri. 

Meski tidak selebat bulu kucing lain pada umumnya, namun kondisi tersebut justru sangat menarik. Adapun kisaran harganya adalah jutaan hingga puluhan juta rupiah. 

6. Munchkin Kinkalow

Munchkin Kinkalow by purplerivermunchkin Instagram
Kucing Munchkin Kinkalow (Foto: purplerivermunchkin/Instagram)

Jenis kucing ini merupakan hasil persilangan dari munchkin dan amerika curl. Adapun ciri fisiknya tampak pada bulunya yang lebat nan panjang, ditambah lagi kaki depan pun terlihat lebih tinggi daripada spesies aslinya. Selain itu, telinganya sedikit menekuk ke arah luar, sehingga semakin lucu. 

Hewan ini sangat relevan sebagai penghibur di dalam rumah, ditambah berbagai manfaat lain jika memelihara kucing. 

Kucing munchkin kinkalow sangat jinak dengan manusia serta dapat berbaur dengan mudah. Adapun harga kisaran yang berlaku sekitar Rp 10 jutaan untuk usia 4 bulan. 

Baca Juga: 7 Makanan Kucing untuk Bulu Rontok, Ini Rekomendasinya!

Cara Merawat Kucing Munchkin 

Kucing Munchkin
Kucing Munchkin

Secara spesifik masing-masing jenis kucing munchkin memang memiliki ciri fisik yang berbeda-beda sesuai dengan variannya. 

Akan tetapi, perawatannya secara umum bisa disesuaikan dengan kondisi serta karakteristik hewan tersebut. Salah satunya dengan proses pembersihan atau memandikannya. 

Adapun pagi yang berbulu lebat perlu mendapatkan perawatan lebih mendetail misalnya dengan menyisir bulu secara rutin atau membawanya ke salon hewan peliharaan. Kemudian tak lupa memberi asupan makanan yang sesuai dengan jenis serta kebutuhan. 

Selain itu penting untuk memperhatikan lingkungan sekitar agar terjaga pula kebersihannya. Rutin mengajaknya bermain dan beraktivitas santai di luar rumah guna membantu pengenalan lingkungan kereta proses adaptasi dengan sekitar. 

Demikian informasi tentang jenis-jenis kucing munchkin, harga hingga cara perawatannya. Dengan begitu tak perlu ragu untuk memiliki peliharaan lucu dan eksotis ini. Baca Juga: 17 Jenis jenis kucing.

Selain itu siapkan pula sederet kebutuhan seperti kandang, tempat tidur, mainan serta lain sebagainya. Semoga keterangan di atas bermanfaat.

Share:

Tinggalkan komentar