5 Ciri-Ciri Kucing Persia Asli dan Cara Merawatnya

Kucing merupakan salah satu hewan yang digemari untuk dipelihara di rumah karena bentuknya yang imut dan lucu.

Hewan menggemaskan satu ini memiliki banyak jenis, salah satunya yaitu kucing Persia. Adapun tanda khas atau ciri-ciri kucing Persia asli yang dapat Anda kenali adalah sebagai berikut.

Ini Dia, 5 Ciri-Ciri Kucing Persia Asli

Ciri Ciri Kucing Persia Asli
Ciri-Ciri Kucing Persia Asli

Kucing Persia identik dengan perilakunya yang menggemaskan, manja, dan pendiam. Tidak heran jika jenis kucing Persia menjadi salah satu hewan peliharaan yang digemari.

Terdapat berbagai jenis kucing Persia, ada yang Persia asli, Himalaya, anggora, dan masih banyak lagi.

Beda jenis ras, pasti berbeda pula jenis dan cara perawatannya. Untuk membedakan ras-ras kucing di atas, berikut beberapa ciri-ciri khusus kucing Persia asli yang dapat Anda kenali agar tidak salah dalam melakukan perawatan kucing kesayangan.

1. Warna Kucing Persia

Kucing Persia asli memiliki warna bulu yang cenderung polos, seperti putih, hitam, coklat, dan beberapa warna lainnya.

Ada pula kucing jenis ini yang memiliki bulu berwarna mix, namun lebih jarang ditemui.

2. Bulu Kucing Persia

Bulu yang panjang dan tebal merupakan ciri khusus dari kucing Persia asli yang membedakannya dengan kucing ras lain. Panjang bulu kucing Persia yang asli bisa mencapai 5 hingga 10 cm, dengan tekstur halus dan lembut.

Hal ini membuat kucing Persia asli nampak anggun dan elegan, sehingga tidak heran jika kucing jenis ini memiliki harga yang tidak murah dan lumayan mahal.

3. Badan Kucing Persia

Ciri kucing Persia asli selanjutnya adalah memiliki tubuh kekar yang dibalut oleh bulu-bulu panjang.

Pada bagian dada dan pundak, kucing Persia asli akan terlihat lebar dengan perut bawah yang lebih rendah dari pada bagian depannya.

Ekor yang dimiliki oleh kucing jenis ini yaitu panjang dan menjuntai ke belakang. Selain itu, kucing Persia juga identik dengan tubuhnya yang pendek namun tetap tegap menopang tubuhnya.

Artikel Lainnya: KUCING PERSIA MEDIUM: Ciri, Jenis, & Cara Merawatnya

4. Kepala Kucing Persia

Kucing Persia asli memiliki kepala yang berukuran agak besar dan berbentuk bulat, lebih besar jika dibanding kepala kucing ras lainnya.

Ciri lainnya yaitu rahang yang kokoh, tulang pipi yang sedikit menonjol, serta hidung, dahi, dan dagu yang tegak lurus dengan leher yang pendek.

Selain itu, kucing Persia yang asli juga memiliki bentuk telinga yang lebih kecil, tipis, dan terlihat bulat.

5. Mata Kucing Persia

Bentuk mata yang menjadi ciri khusus dari kucing Persia yang asli yaitu memiliki bentuk mata yang bulat lebar.

Biasanya warna dari mata kucing ras ini sesuai dengan warna bulu yang dimilikinya. Seperti kucing berbulu putih, maka matanya berwarna biru.

Adapun kucing Persia asli yang memiliki warna mata heterochromia atau warna mata yang berbeda antara yang kiri dan kanan. Kucing Persia yang memiliki warna mata tersebut cenderung lebih mahal dari pada kucing Persia yang biasa, karena matanya yang unik.

Baca Juga: Kucing Persia Flatnose: Jenis, Ciri-ciri & Karakteristiknya

Cara Merawat Kucing Persia Asli di Rumah

Cara Merawat Kucing Persia Asli di Rumah
Seorang Wanita Merawat Kucing Persia di Rumah

Perawatan pada kucing ini memerlukan tingkat perhatian ekstra. Ketika grooming, hendaknya Anda menggunakan shampo khusus untuk kucing jenis tersebut. Sebelumnya, Anda perlu menyisir bulu kucing terlebih dahulu agar tidak menggumpal.

Jangan lupa untuk membersihkan telinga dan mata pada kucing Persia. Hal ini perlu dilakukan secara rutin, untuk mencegah belekan dan jamur pada sekitar telinga.

Menyikat gigi dan memotong kuku juga wajib Anda lakukan. Setidaknya, lakukan perawatan tersebut secara rutin seminggu sekali.

Menjaga kebersihan kandang, wadah makan dan minum juga perlu untuk Anda perhatikan. Kucing Persia yang asli cenderung mudah terkena penyakit. Jadi, kebersihan dan kesehatannya harus dijaga secara ekstra. Hal ini bertujuan untuk menghindarkan kucing Persia dari penyakit jamur.

Selain itu, lakukan vaksin dan sterilisasi setidaknya 1 bulan sekali untuk mencegah kucing Persia asli Anda terhindar dari berbagai penyakit.

Baca Juga:

Semoga penjelasan tentang ciri-ciri kucing Persia asli dapat Anda pahami. Yuk, bantu share artikel ini ke sosial media atau saudaramu..

BAGIKAN:

Tinggalkan komentar