9 Jenis Kucing Siam dan Harganya

Kucing siam adalah salah satu tipe kucing yang banyak mendapat sorotan dan perhatian para pecintanya.

Adapun menurut sejarah asal mula keberadaannya muncul dari negara Thailand saat wilayah tersebut masih menjadi sebuah kerajaan. Sebagian orang mengenalnya sebagai binatang berciri bulu coklat.

Jenis-jenis Kucing Siam dan Harganya

Mirip dengan berbagai jenis kucing dalam kategori lainnya, siam pun terbagi menjadi beberapa varian yang masing-masing memiliki ciri khas tersendiri.

Keunikan dan faktor istimewa lain membuat hewan peliharaan yang satu ini selalu digemari serta mampu memikat banyak pencintanya.

Berikut 9 jenis kucing siam beserta harganya.

1. Siam Applehead

Kucing Siam Applehead
Kucing Siam Applehead

Pilihan pertama disebut dengan applehead atau kucing yang dikenal dengan karakteristik kekar.

Kucing ini disebut apel karena bentuk hidungnya yang menjorok ke bawah. Hal tersebut menjadikan pola wajahnya cenderung bulat seperti buah populer tersebut.

Adapun telinganya justru lebih kecil namun paling tinggi dari varian lainnya. Sedangkan bulu-bulu yang menyelimuti tubuhnya berkarakter halus dan panjang.

Disamping itu, harga per ekornya untuk usia 3 bulan yakni berkisar antara Rp150.000 hingga Rp650.000-an.

Artikel Lainnya: 6 Jenis Kucing Munchkin, Harga dan Cara Merawatnya

2. Old Siamese Style

Kucing Old Siamese Style
Kucing Old Siamese Style

Old siamese style memiliki karakteristik tubuh yang lebih kurus daripada applehead.

Sebaliknya untuk telinga serta hidung justru tampak besar serta bagian wajahnya sedikit memanjang daripada jenis siam tradisional. Adapun bentuk matanya terlihat tegas seperti pola bentuk kacang almond.

Setelah kemunculan spesies ini, kemudian keberadaannya sengaja dikembangbiakkan karena keunikan dan berbagai ciri khas menarik yang dimilikinya. Harga old siamese style mulai dari 500rb hingga 1 jutaan.

3. Classic Siamese

Kucing Classic Siamese
Classic Siamese

Kucing classic siamese mempunyai karakter energik bahkan sering disebut atletis daripada jenis kucing siam tradisional lainnya.

Struktur tubuhnya tampak panjang dan ramping disertai telinga lebar pada bagian kepala serta ekor memanjang yang ukurannya lebih dari jenis lain.

Selain itu karakteristik lain dapat dijumpai melalui pola hidung yang tampak menengadah. Adapun warnanya umumnya terdiri atas putih dan coklat.

Kucing ini dapat menjadi peliharaan yang cocok untuk menghidupkan suasana dalam rumah. Adapun harga kucing classic siamese sekitar jutaan hingga belasan juta rupiah.

4. Siam Wedgies

Kucing Siam Wedgies
Siam Wedgies

Varian berikutnya merupakan siam yang lahir dari perkawinan silang dengan jenis kucing lainnya.

Perkembangbiakan tersebut menghasilkan spesies dengan ciri fisik mirip seperti baji. Kucing ini memiliki telinga runcing, mata sipit, tinggal hidung lebar mengarah keluar.

Meski demikian sangat disayangkan bahwa jenis ini menjadi lebih rentan terhadap penyakit ginjal akibat kondisi perkawinan silang. Bahkan rata-rata usianya hanya mencapai 6 tahun.

Dari segi harga siam wedgies memiliki kisaran jutaan hingga puluhan juta rupiah.

Baca Juga: Harga Kucing Himalaya dan Ciri Fisiknya

5. Siam Brown Point

Kucing Siam Brown Point
Siam Brown Point

Siam brown point terlahir dengan ciri unik berupa dasar bulu berwarna krem disertai motif titik-titik coklat. Hal tersebut relevan sesuai nama jenis kucing ini.

Selain itu, kategorinya tergolong langka dan masih sangat jarang dijumpai, bahkan keberadaannya tidak sepopuler kawanan lainnya.

Di samping itu, variasi lainnya juga tidak terlalu banyak terdapat pada jenis kucing ini, sehingga seolah mirip dengan varian lainnya.

Meski demikian karena faktor kelangkaan, harganya pun bisa cukup tinggi sekitar jutaan hingga puluhan juta rupiah.

6. Lilac Point Siamese Cat

Lilac Point Siamese Cat
Lilac Point Siamese Cat

Jenis berikutnya mirip dengan Brown Point hanya saja berbeda pada warna lilac-nya yang membuatnya menjadi varian langka. Hal tersebut membuatnya diselimuti oleh bulu berkarakter biru biru pucat namun didominasi pula oleh krem muda.

Warna hidung dan telapak kaki identik dengan merah muda pucat. Meskipun sangat jarang dijumpai namun beberapa pihak masih mengembangbiakkannya bahkan sebagian terbagi melalui persilangan dengan kucing lainnya.

Harga Lilac Point sangat fantastis, bisa mencapai puluhan juta.

7. Siam Cream Point

Kucing Siam Cream Point
Siam Cream Point

Siamase cream point tentu saja memiliki warna identik berupa krem yang menyelimuti seluruh tubuhnya dalam bentuk bulu.

Namun, tidak boleh begitu saja melainkan dibubuhi dengan corak bintik bintik coklat kekuningan pada area wajah, cakar dan ekor.

Warna tersebut dapat menjadi semakin gelap seiring bertambahnya usia si kucing. Sedangkan bantalan kaki dan kulit hidung berwarna coklat.

Harga kucing siam cream point tergolong variatif serta bisa berbeda antar negara bahkan umumnya hanya dijumpai di luar negeri dengan harga mencapai puluhan juta.

Baca Juga: 5 Jenis Kucing Bengal dan Harganya, Termasuk Kucing Langka

8. Siam Blue Point

Kucing Siam Blue Point 1
Kucing Siam Blue Point

Berbagai hasil persilangan kucing siam dengan varietas lain terus menghadirkan jenis baru yang juga disertai warna kulit dan karakteristik berbeda.

Salah satunya Blue Point pun tergolong langka. Dengan balutan unsur putih kebiruan membuatnya semakin identik.

Warna tersebut semakin menarik dengan adanya corak titik-titik abu-abu kebiruan pada telinga, wajah, kaki dan ekor. Makin beragamnya unsur warna yang dimiliki oleh siam tentu akan menambah kecintaan dari para penggemarnya.

Selain itu, harga siam blue point tergolong tinggi karena keunikan tersebut kisaran jutaan dan puluhan juta rupiah.

9. Siam Red Point

Kucing Siam Red Point
Siam Red Point

Turut menjadi varian yang langka siam red point membuat takjub para pecinta kucing karena pola warna yang menarik. Antara lain dipengaruhi oleh bulu dasar berwarna krem ditambah corak titik-titik berwarna kuning tua, merah hingga orange.

Selain itu, titik tersebut juga memiliki kesan keemasan. Warna yang mencolok tersebut membuat jenis ini kian diminati hanya saja sering terhalang kelangkaan serta harga mahal. Adapun kisarannya bisa mencapai puluhan juta.

Demikian informasi tentang 9 jenis kucing siam dan harganya. Baca Juga: 17 Jenis-jenis Kucing

Selain itu, penting untuk memperhatikan segala kebutuhan sebagai persiapan sebelum memelihara hewan tersebut. Termasuk dengan mengetahui cara perawatannya. Semoga keterangan diatas bermanfaat.

Share:

Tinggalkan komentar