9 Makanan Kucing Kampung Agar Cepat Gemuk

Meskipun banyak orang yang menyepelekan jenis kucing kampung, ternyata cara perawatannya memang cenderung lebih mudah dibandingkan jenis-jenis kucing lainnya.

Mereka seringkali berkeliaran di halaman rumah hanya untuk meminta makanan. Lantas apa saja 9 makanan kucing kampung agar cepat gemuk dan tetap sehat?

9 Makanan Kucing Kampung Agar Cepat Gemuk

Tidak hanya hidup liar di lingkungan sekitar, beberapa orang juga menjadikan kucing kampung ini sebagai hewan peliharaan.

Salah satu alasannya yakni biaya perawatan kucing kampung jauh lebih murah apabila dibandingkan dengan kucing jenis lain seperti kucing Anggora dan Persia.

Berikut 9 rekomendasi makanan kucing kampung agar cepat gemuk, yaitu:

1. Daging

Kucing Makan Daging
Daging merupakan salah satu makanan kucing kampung agar cepat gemuk

Sebagai kucing yang pada dasarnya merupakan hewan karnivora akan sangat senang ketika Anda memberi makan berupa daging.

Bukan hanya daging sapi namun ada banyak jenisnya mulai dari daging ayam hingga daging kambing. Pastikan jika kandungan proteinnya cukup tinggi untuk mereka.

Protein hewani yang terkandung di dalam daging berfungsi untuk meningkatkan fungsi jantung, sistem reproduksi serta indera penglihatan.

Kandungan di balik daging memiliki peran yang bagus pada pertumbuhan mereka. Pastikan Anda memasaknya terlebih dahulu sebelum memberikan ke kucing kampung.

Banyak orang memilih untuk mengukus daging terlebih dahulu sebelum diberikan kepada kucing. Cara ini juga dipercaya lebih sehat daripada harus menggunakan pengolahan lainnya.

Tujuan mengukus daging agar mencegah daging mentah maupun busuk, dimana masih terkandung bakteri cukup tinggi di dalamnya.

Artikel Lainnya: 7 Jenis Kucing Persia, Ciri Khas dan Harganya

2. Ikan

Kucing Kampung Makan Ikan
Kucing Kampung sedang Makan Ikan

Makanan kucing terbaik yang paling banyak disukai adalah ikan. Hewan peliharaan satu ini akan tertarik serta mengeong di hadapan Anda ketika sedang membawa salah satu pakan ini.

Jangan lupa juga untuk memasaknya terlebih dahulu, misalnya dengan dikukus menjadi opsi paling tepat agar kucing kampung cepat gemuk.

Dengan banyaknya jenis ikan yang ada di pasar, Anda bisa membuat variasi pakan kucing kampung secara lebih sehat. Terutama jika berasal dari ikan laut dimana didalamnya mengandung asam lemak omega-3.

Nutrisi dalam omega-3 berfungsi membantu penglihatan agar tetap tajam dan mencegah radang sendi.

3. Telur Ayam

Telur Ayam
Telur Ayam

Telur ayam merupakan salah satu makanan kucing kampung agar cepat gemuk yang bagus. Bukan hanya untuk manusia saja, kucing pun juga merasa cocok ketika menyantap telur ayam.

Opsi makanan kucing kampung ini mampu memenuhi kebutuhan kandungan protein hewani di dalam tubuhnya. Tujuannya agar bulu kucing tidak mudah rontok sehingga tetap terlihat sehat dan gemuk.

Sama seperti sebelumnya, Anda perlu memastikan bahwa telur ayam ini dalam keadaan matang.

Pasalnya jika kucing kampung diberikan telur ayam mentah, maka kucing akan memiliki risiko tinggi masih mengandung bakteri Salmonella. Mikroba ini akan menimbulkan berbagai penyakit bagi sistem pencernaan kucing.

4. Makanan Kucing Kemasan

Makanan Kucing Kemasan
Makanan kucing kampung agar cepat gemuk dengan makanan kucing kemasan

Bagi Anda yang merasa malas untuk mengolah makanan kucing sendiri, maka pilihan terbaik yakni dengan membeli makanan kucing dalam kemasan.

Tidak hanya praktis, namun semua kandungan nutrisi didalamnya sudah lengkap demi memenuhi kebutuhan gizi bagi hewan peliharaan satu ini agar cepat gemuk dan sehat.

Anda bisa memilih jenis makanan kucing murah atau mahal dalam bentuk kemasan, seperti: wet food ataupun dry food. Keduanya merupakan makanan kucing yang bagus dan perlu disesuaikan menurut umur kucing kampung.

Umumnya mereka lebih menyukai ketika diberi makanan basah karena bau yang cenderung amis sehingga mampu menarik nafsu makannya.

Makanan kucing kemasan pun tersedia dalam berbagai merk di cat shop sehingga Anda bisa mencobanya untuk menyesuaikan dengan selera mereka masing-masing.

Pastikan untuk tidak menimbulkan masalah baru. Pasalnya beberapa merk justru menyebabkan hewan satu ini mencret.

Baca Juga: 9 Jenis Kucing Siam dan Harganya

5. Susu

Kucing Kampung Makan Susu
Seekor Kucing sedang Makan Susu

Susu dan seluruh produk olahannya memang diketahui memiliki kandungan protein yang sangat tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa susu sangat cocok untuk makanan kucing kampung agar cepat gemuk.

Namun perlu diingat agar tetap membatasi jumlah asupannya agar tidak terlalu berlebihan saat dimakan. Alangkah lebih baik jika Anda memberikan makanan kucing kampung dalam produk olahan susu yang dikhususkan bagi kucing.

Sebab, susu sapi memiliki kandungan laktosa, zat ini tidak dapat dicerna oleh sistem pencernaan kucing kecil atau besar. Hal ini justru menyebabkan kucing mengalami diare atau muntah.

6. Tempe

Tempe
Makanan Kucing Kampung agar Cepat Gemuk dengan Menggunakan Tempe

Memang tidak semua kucing kampung menyukai makanan ini. Namun, hal ini bukan menjadi masalah jika Anda mencoba memberikannya.

Kandungan kedelai di tempe memiliki kandungan protein tinggi sehingga baik dikonsumsi saat mengalami diare.

Namun jangan memberikan tempe kepada kucing terlalu sering. Pasalnya mereka lebih memerlukan protein hewani daripada nabati.

Apabila pemberiannya dirasa berlebih, akan menyebabkan resiko muntah dan diare. Tentu saja jika hal ini dibiarkan bisa menimbulkan berat badannya jadi menurun.

7. Hati dan Jantung Ayam

Hati dan Jantung Ayam
Jantung Ayam

Bagi Anda yang merasa terlalu mahal untuk membeli daging maka bisa memilih alternatif lain dengan memberikan jeroan berupa hati dan jantung ayam.

Tidak hanya mudah ditemukan, harganya pun relatif murah. Selain itu, kandungan gizinya pun cukup tinggi sebagai makanan kucing kampung agar cepat gemuk.

Hati dan jantung ayam memiliki kandungan yang bagus untuk kucing peliharaan di rumah. Beberapa diantaranya seperti vitamin A, vitamin B12, fosfor dan zat besi di dalam suatu porsi olahan makanan kucing tersebut.

Jangan hanya berikan makanan ini dalam keadaan di rebus saja karena akan membuat mereka bosan memakannya.

Baca Juga: 6 Jenis Kucing Munchkin, Harga dan Cara Merawatnya

8. Bubur

Kucing Kampung Makan Bubur
3 Kucing Kampung Makan Bubur

Salah satu makanan yang cocok untuk diberikan pada kucing kampung yakni bubur agar kucing cepat gemuk terutama jika masih berusia 1 bulan.

Hal ini berfungsi untuk menambah nutrisi selama masa pertumbuhan. Cara ini juga dapat dijadikan sebagai alternatif ketika indukan sudah tidak ada.

Bubur atau makanan halus dapat Anda berikan pada kucing kampung berusia 1 hingga 2 bulan untuk menggantikan nutrisi dari indukannya.

Namun, dalam pemilihannya, jangan sembarangan saat memberikannya. Pastikan jika di dalamnya telah terkandung beberapa vitamin, omega 3 dan 6.

Berikan juga porsi yang pas pada anak kucing saat memakannya. Terlebih jika mereka memang tidak dianjurkan mengkonsumsi nasi dalam jumlah banyak. Anda bisa menggunakan takaran berupa perkiraan 75% : 25%, dimana 25% untuk ikan atau lauk lainnya.

9. Tajin

Tajin
Tajin

Tajin merupakan air dari cucian beras pada saat Anda hendak menanak nasi. Nyatanya banyak orang menggunakannya sebagai makanan kucing kampung agar cepat gemuk.

Pasalnya di dalamnya terkandung karbohidrat dalam jumlah cukup untuk memenuhi kebutuhannya di usia 1 bulan.

Selain itu, banyak pemilik kucing kampung merasa jika pemberian air tajin ini mampu membuat anak kucing tidak buang air besar ketika belum memasuki umurnya. Tentu cara mendapatkannya sangat mudah sehingga tak akan menguras kantong terlalu banyak.

Berikut ini merupakan cara membuat makanan kucing agar cepat gemuk dengan tajin:

  1. Anda hanya perlu merebus beras dengan air yang sedikit banyak.
  2. Ketika sudah mendidih, ambillah air rebusan secukupnya.
  3. Saring terlebih dahulu agar nasinya tidak terikut dikonsumsi.
  4. Tunggu dingin terlebih dahulu sebelum diberikan pada kucing kampung.

Anda bisa memberikan 9 makanan kucing kampung agar cepat gemuk di atas secara bergantian dengan harapan selama di masa pertumbuhan mereka mendapatkan nutrisi yang cukup.

Baca Juga:

Jangan hanya beri makanan sembarangan, karena dapat menimbulkan penyakit baru bahkan berbahaya bagi pencernaan kucing kampung. Semoga rekomendasi makanan kucing kampung agar cepat gemuk bermanfaat dan jangan lupa di share ya artikelnya.

BAGIKAN:

Tinggalkan komentar