6 Fakta Tentang Kucing Persia Himalaya

Kucing persia himalaya menjadi salah satu jenis yang banyak diminati oleh banyak orang untuk dirawat di rumah atau di kosan karena penampilannya terlihat seperti bentuk boneka.

Kucing ini mulai dikembangbiakkan pada tahun 1931. Ras kucing ini berasal dari persilangan antara kucing persia dengan kucing siam. Simak bentuk, karakeristik dan cara merawatnya hanya di Klik Terbaru.

1. Bentuk Wajah Kucing Persia Himalaya

Bentuk Wajah Kucing Persia Himalaya
Bentuk Wajah Kucing Persia Himalaya

Kucing persia memiliki wajah yang berbentuk bulat. Lalu, jika Anda lihat dari bentuk hidungnya, ada 2 macam, yakni yang berbentuk Himalayan Ultra Face dengan hidung yang pesek dan yang berbentuk Himalayan Doll Face.

Salah satu ciri-ciri kucing persia himalaya jika Anda melihatnya dari sisi samping maka tidak terlihat pesek.

2. Bola Mata Kucing Persia Himalaya

Pada umumnya, kucing persia ini mempunyai bola mata yang berwarna biru. Walaupun begitu, ada juga kucing persia jenis ini yang memiliki warna putih bersih.

Lalu, ada 2 macam jenis kucing ini beradasarkan bola matanya. Yang pertama adalah jenis Himalaya Ultra Face dengan warna bola mata hitam. Sedangkan jenis yang kedua adalah Himalaya Doll Face yang memiliki bola mata yang berwarna putih kebiruan.

3. Bentuk Tubuh Kucing Persia Himalaya

Bentuk Tubuh Kucing Persia Himalaya
Bentuk Tubuh Kucing Persia Himalaya

Kucing ini memiliki bentuk tubuh yang sangat besar. Berat tubuhnya kurang lebih sekitar 4 hingga 6 KG.

Kucing ini juga mempunyai struktur tulang yang kuat untuk membantu menopang tubuhnya. Untuk kakinya, kucing ini memiliki kaki yang pendek sehingga ketika melompat akan sulit.

Sedangkan untuk bulu yang ada di seluruh bagian tubuhnya memiliki warna yang bermacam-macam. Di antara warna tersebut seperti krem, abu-abu kecoklatan, putih, hitam, coklat kehitaman, abu-abu, merah penuh, hingga krem kemerahan.

Artikel Lainnya: Harga Kucing Himalaya dan Ciri Fisiknya

4. Sifat Kucing Persia Himalaya

Kucing jenis ini sangat terkenal akan sifatnya yang lembut, tenang, suka berinteraksi, cerdas, hingga cukup aktif. Hal ini terbukti ketika kucing ini selalu memainkan barang-barang yang ada disekitarnya yang sekiranya menarik.

Tidak hanya itu, kucing ini sangat suka dibelai sehingga dia akan manja pada tuannya. Kucing Persia Himalaya juga sangat senang jika bermain dengan anak-anak. Apalagi jika bulunya disisir dengan lembut.

Sifat lain yang dimiliki kucing ini adalah tidak menyukai tempat yang bising serta tidak suka memanjat. Oleh sebab itu, kucing ini sangat senang jika lingkungan rumahnya tenang serta memiliki banyak tempat yang dapat dijangkau seperti lantai untuk bersantai atau bermain.

5. Masalah Kesehatan Kucing Persia Himalaya yang Sering Dialami

Kucing Persia Himalaya 2
Kucing Persia Himalaya

Gangguan kesehatan yang banyak dialami kucing Persia Himalaya adalah Seborrhea Oleosa. Penyakit ini akan membuat kucing merasakan gatal-gatal, warna kemerahan, hingga bulu yang rontok.

Gangguan kesehatan yang kedua adalah sensitif pada panas dan gangguan sistem saraf.  Kucing ini juga sering mengalami gangguan mata seperti  Mata Cherry, Entropion, hingga Atrofi Retina yang progresif.

Gangguan lain yang biasa dialaminya yakni kesulitan bernapas dan napas kucing terdengar keras. Hal ini karena ukurannya hidung kucing yang kecil.

Baca Juga: 9 Tips Memilih Makanan Kucing Terbaik dan Bergizi

6. Cara Merawat Kucing Persia Himalaya

Anda perlu memandikan kucing jenis ini seminggu sekali, dan dapat menggunakan shampo khusus kucing. Selesai mandi, keringkan bulunya.

Selain itu, pastikan untuk menyisir bulu kucing dengan teratur agar tidak terlihat gimbal.

Menyisir bulu bertujuan untuk menghilangkan bulu-bulu yang rontok. Pastikan juga Anda meluangkan waktu untuk mengajak kucing bermain di rumah atau di luar ruangan. Hal ini untuk mencegah stres pada kucing.

Tidak hanya itu, pastikan juga Anda selalu mengecek kondisi kuku kucing persia himalaya. Jika kuku sudah mulai panjang, segera dipotong agar tidak melukai kucing maupun orang disekitarnya.

Baca Juga:

Kucing Persia Himalaya yang merupakan salah satu jenis kucing hasil persilangan ini karakternya cukup manja. Karenanya, pastikan jika Anda selalu memanjakannya dengan mengajaknya bermain atau sering usap bulunya agar tidak stress.

Demikian informasi lengkap tentang fakta kucing persia himalaya, semoga bermanfaat dan bantu di Share ya artikelnya..

BAGIKAN:

Tinggalkan komentar