13 Situs Freelance Terbaik untuk Freelancer Cari Uang Online

Freelance adalah sebuah pekerjaan dengan cara kerja sesuai dengan tempat Anda bekerja, menyesuaikan jam operasional, bahkan bisa bekerja dimana saja.

Saat ini ada banyak sekali situs atau lowongan pekerjaan bisnis online sebagai freelance. Apalagi saat virus corona menyerang, setiap orang juga diharuskan untuk banyak menghabiskan waktu di dalam rumah.

13 Rekomendasi Situs Freelance Terbaik

Ada banyak sekali rekomendasi freelancer website terbaik yang ada di Indonesia ataupun perusahaan dari luar negeri.

Setiap lowongan kerja di website penyedia jasa freelance memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Berikut adalah beberapa diantaranya, yaitu:

1. Flexjobs

Flexjobs
Flexjobs (Foto: Screenshot Web Flexjobs)

Ini adalah salah satu platform digital sebuah perusahaan terbaik yang sudah berdiri dari tahun 2007.

Website ini bisa juga dipakai untuk menemukan pekerjaan dengan menggunakan metode remote working. Ada banyak sekali jenis pekerjaan di sini dan bisa disesuaikan dengan minat serta bakat freelancer.

Beberapa pekerjaan regular di sini seperti HR, engineering, accountant, call center, fitness dan lain sebagainya.

Cara pemilihan freelancer di sini cukup selektif mengenai apa yang mereka posting. Jadi, sudah pasti project tersebut bukan hanya sekedar main-main saja.

Artikel Lainnya: 13 Ide Bisnis Reseller Paling Menguntungkan

2. 99Designs

Website Freelance Desain 99Designs
Website Freelance 99Designs (Foto: Screenshot Web 99Designs)

Situs 99Designs adalah salah satu perusahaan tentang desain grafis yang terletak di Melbourne, Australia. Melakukan pengoperasian terhadap platform freelancer agar bisa menghubungkan desainer grafis dengan para kliennya dimanapun mereka tinggal.

99Designs telah berdiri sejak tahun 2008 dan mempunyai kantor di wilayah Amerika Serikat. Tepatnya berada di wilayah Oakland, California.

Berbagai macam desain bisa Anda temukan di 99Designs dengan mudah dan cepat. Diantaranya adalah desain logo web, custom landing page, name card dan t-shirt.

3. SolidGigs

Situs Freelance SolidGigs
SolidGigs (Foto: Screenshot Web SolidGigs)

Waktu merupakan sesuatu yang paling berharga dan tidak boleh disia-siakan begitu saja. Ada sebuah situs freelance bernama Solid Gigs.

Di sini Anda akan memperoleh penawaran untuk lebih menghemat waktu dari melakukan browsing kerja kemudian beralih ke email pemberitahuan.

Dengan begitu, Anda bisa memperoleh informasi mengenai email tawaran kerja jika ada lowongan yang sesuai dengan profilmu. Terdapat beberapa lowongan yang tersedia di sini, antara lain adalah marketing, penulis dan juga konsultan digital media.

4. Projects.co.id

Situs Freelance Indonesia Projects.co .id 1
Situs Freelancer Indonesia Projects.co.id (Foto: Screenshot Web Projects.co.id)

Website yang satu ini merupakan hasil karya dari anak-anak Indonesia. Fungsi utama pembuatannya adalah untuk mencari jasa freelancer dan melakukan transaksi untuk produk-produk digital dengan menggunakan sistem kerja remote yang praktis dan mudah.

Situs ini sangat direkomendasikan bagi Anda para freelancer Indonesia pemula. Lowongan yang tersedia di sini antara lain: jasa pembuatan website, pembuatan aplikasi mobile (Android dan IOS), desktop programming, jasa SEO (Search Engine Optimization), jasa penulis artikel, penerjemah, desain grafis dan lain sebagainya.

Baca Juga: 11 Bisnis Dropship yang Menguntungkan, Laba Hingga 30%

5. Fastwork.id

Website Freelance Indonesia Fastwork.id
Fastwork (Foto: Screenshot Web Fastwork)

Fastwork menjadi platform untuk freelancer paling professional dan bahkan menjadi nomor satu paling terbesar di wilayah Asia Tenggara. Awal asalnya adalah dari negeri Thailand dan sekarang mulai merambah ke negara Indonesia.

Cara kerja FastWork adalah dengan membantu para pebisnis bertemu dan memberikan pekerjaan kepada para pencari kerja (freelancer) secara cepat, sederhana, hemat biaya dan aman. Fungsi utamanya adalah melakukan percepatan terhadap pertumbuhan bisnis usaha mereka.

Pekerjaan yang dapat dikerjakan oleh freelancer di Fastwork antara lain: Grafis dan desain, penulisan dan penerjemahan, web dan pemrograman, visual dan audio, pemasaran dan periklanan, jasa konsultasi dan gaya hidup.

6. Freelancer.com

Freelancer com
Freelancer.com (Foto: Screenshot Web Freelancer.com)

Ini adalah situs untuk freelancer terbesar yang ada di dunia. Karena ini adalah situs yang memuat satu dunia, maka persaingan di dalamnya semakin ketat. Bahkan, ada banyak juga fake job terpampang di website pencari pekerjaan satu ini.

Jika Anda ingin mencoba untuk mencari lowongan pekerjaan freelance di sini. Maka, sebaiknya lakukan dengan hati-hati.

Ada baiknya untuk selalu periksa dengan hati-hati tentang iklan pekerjaan yang ada, supaya tidak tertipu dengan lowongan kerja tipuan dari pihak yang tidak bertanggung jawab.

7. Sribulancer

Freelance Indonesia Sribulancer
Sribulancer (Foto: Screenshot Web Sribulancer)

Salah satu platform untuk freelancer Indonesia yang dibuat khusus oleh anak Nusantara dan menjadi website paling bagus dan terpercaya adalah Sribulancer.

Alasannya adalah karena ada cukup banyak freelancer berpengalaman dan memiliki skill berkualitas yang gabung di sini. Hasil kerjanya cepat, berkualitas, hemat waktu dan hemat biaya pengerjaan proyek.

Kategori lowongan kerja freelancer yang tersedia di sini adalah seperti jasa website, penulisanan artikel, design grafis, bisnis dan pemasaran online, penerjemah, Apps developer, data entry, video, audio serta fotografi.

Bahkan disana juga tersedia versi Bahasa Inggrisnya. Dengan begitu, Anda akan bisa memperoleh klien dari luar negeri juga dan menghasilkan uang yang banyak.

Baca Juga: 9 Cara Bisnis Reseller Online agar Sukses dan Cuan Besar

8. Upwork

Freelancer Upwork
Upwork (Foto: Screenshot Web Upwork)

Ini adalah wadah perusahaan dan juga individu untuk bisa saling terhubung dan menjalankan bisnis bersama-sama.

Sekitar tahun 2015 lalu, nama Upwork adalah Elance-oDesk. Sekarang nama lengkap perusahaan sudah berubah menjadi Upwork Global Inc.

Anda bisa menemukan beberapa kategori pekerjaan di sini. Misalkan adalah seperti development & IT, design & creative, sales marketing, writing, admin & support, finance & accounting.

Dengan begitu, pilihan kerja freelancer di sini cukup banyak dan bisa dipilih sesuai dengan kemampuan pekerjanya.

9. CloudPeeps

CloudPeeps
CloudPeeps (Foto: Screenshot Web CloudPeeps)

CloudPeeps memiliki markas besar perusahaan di wilayah San Fransisco, Amerika Serikat. Menyediakan platform untuk para pebisnis agar bisa menjangkau para pelaku bisnis atau perusahaan dan juga perorangan untuk dapat memberikan hasil kerja yang maksimal.

Lowongan kerja yang tersedia di CloudPeeps antara lain sebagai: admin, content writer, email, desain, konten marketing, virtual assistants dan juga SEO Profesional.

Di website ini Anda bisa dengan mudah mendaftar sebagai freelancer di bidang apapun. Namun, sebaiknya pemilihan bidang pekerjaan perlu disesuaikan dengan keahlian Anda.

10. Contena

Situs Freelance Penulis Contena
Contena (Foto: Screenshot Web Contena)

Untuk Anda yang ingin menemukan situs pekerjaan freelance sebagai seorang penulis, maka coba saja Contena ini. Nama website satu ini memang cukup asing di telinga, namun di sini ada banyak sekali freelancer yang bekerja dan bahkan ada pekerja dari berbagai negara.

Fee atau biaya yang ditawarkan dalam situs ini juga bukan main-main. Anda bisa mendapatkan cuan besar secara online dengan gaji mulai dari 500-10.000 USD.

Bahkan, ada banyak kemungkinan bahwa Anda bisa direkrut untuk menjadi pekerja freelancer tetap di perusahaan klien. Namun dengan catatan mereka puas dengan kinerja yang sudah dikerjakan.

Baca Juga: 11 Cara Memulai BISNIS PROPERTI: Untung & Tanpa Modal

11. PeoplePerHour

PeoplePerHour
Situs Freelancer PeoplePerHour (Foto: Screenshot Web PeoplePerHour)

PeoplePerHour telah membantu para freelancer hingga mendapatkan £130 juta atau sekitar Rp 2.5 triliun selama situs beroperasi. Anda bisa daftar di People Per Hour sebagai freelancer dengan berbagai keahlian dan berbagai pekerjaan ada disana.

People Per Hour sudah menggunakan AI (Artificial Intelligence) untuk memudahkan perusahaan dalam menemukan profil secara cepat dan tepat. Sehingga Anda harus mengatur profil di People Per Hour dengan benar agar dengan mudah ditemukan oleh calon klien.

Jenis pekerjaan yang ada di People Per Hour sangat banyak, seperti: teknologi dan programming, penulis dan penerjemahan artikel, desain, bisnis, digital marketing, musik dan audio, video, foto dan gambar, sosial media, marketing, branding & sales.

12. JournalismJobs

Jasa Penulis Profesional di JournalismJobs
Situs Freelance Penulis Profesional di JournalismJobs (Foto: Screenshot Web JournalismJobs)

Website Journalism Jobs ini menjadi tempat atau lokasi berkumpulnya penulis profesional yang masuk dalam level jurnalis. Website freelance ini sangat tepat untuk Anda yang berkeinginan menjadi penulis berita untuk situs-situs luar negeri.

Anda juga akan bisa memperoleh pengalaman berharga sebagai seorang penulis berita luar negeri. Sekaligus juga mendapatkan banyak teman dan relasi baru di dunia jurnalis. Dengan begitu, sebagai freelancer kamu bisa dengan mudah memiliki kemampuan yang berbeda.

13. AngelList

AngelList
AngelList (Foto: Screenshot Web AngelList)

Bagi Anda yang ingin bisa bekerja sebagai freelancer di perusahaan startup, maka Angel List ini adalah pilihan paling tepat.

Menemukan kandidat dan bersedia untuk bekerja di perusahaan startup dan menggunakan bantuan remote menjadi tujuan pembentukannya.

Bahkan, ada banyak sekali kategori pekerjaan dalam perusahaan satu ini. Diantaranya adalah product development, marketing software engineer, data science dan lain sebagainya. Hal tersebut tentu akan sangat bagus dan Anda bisa memilih jenis pekerjaan sesuai dengan skill yang dimiliki.

Baca Juga:

Demikian uraian singkat mengenai 13 rekomendasi website freelance terbaik di Indonesia ataupun dari luar negeri. Ada banyak sekali tempat kerja yang bisa disesuaikan dengan kemampuan para pelamar kerjanya dengan baik. Hal tersebut tentu akan sangat berguna bagi semua pencari pekerjaan secara online.

BAGIKAN:

Tinggalkan komentar