Bisnis Online Adalah? Ini Pengertian dan Beberapa Bidangnya

Di zaman modern seperti sekarang, masyarakat dituntut untuk beradaptasi dengan keadaan serta mengikuti perkembangan teknologi yang begitu pesat.

Perubahan tersebut membawa dampak bagi kehidupan, tidak heran jika muncul sebuah pertanyaan yaitu pengertian bisnis online adalah?

Pengertian Bisnis Online

Bisnis Online Adalah
Ilustrasi Pengertian Bisnis Online Adalah? …

Mengulik lebih jauh mengenai definisi bisnis online bisa mengacu pendapat dari beberapa ahli.

Menurut, Yudhi Wicaksono bisnis online adalah kegiatan jual beli yang dilakukan secara daring (dalam jaringan) dengan memanfaatkan berbagai fitur belanja.

Secara lebih jauh, pakar dari luar negeri yakni Hend dan Urwick. Ia mengatakan bahwa bisnis online adalah serangkaian transaksi jual beli yang dilakukan oleh beberapa pihak yakni meliputi konsumen, distributor dan produsen. Dalam proses tersebut juga mencakup pelayanan jasa.

Jadi secara singkatnya, bisnis online adalah transaksi jual beli yang dilakukan dengan perantara koneksi internet.

Proses ini juga terdiri dari beberapa kegiatan, mulai dari perkenalan produk, promosi, sampai pengiriman barang. Bisnis online melibatkan 3 pihak yakni produsen, konsumen dan distributor.

Baca Juga: 7 Rahasia Elon Musk untuk Kesuksesan Bisnisnya

Beberapa Bidang Bisnis Online

Pengertian Bisnis Online
Ilustrasi Bidang Bisnis Online

Setelah memahami mengenai definisi bisnis online, ada baiknya juga jika Anda mengetahui bidang atau jenis ranah kerja di dunia tersebut.

Salah satunya yang bisa dijajaki sesuai dengan kemampuan atau skill diantaranya seperti berikut:

1. Marketplace

Marketplace atau bisa dikenal dengan istilah e-commerce merupakan salah satu jenis bidang bisnis online yang paling populer. Platform ini menjadi wadah fasilitas bagi para pedagang untuk memasarkan produknya.

Ranah bidang ini sangat cocok bagi Anda yang memiliki basis pengetahuan tentang ilmu teknologi terutama dalam membuat sebuah platform.

Sekarang di Indonesia terdapat banyak sekali jenis marketplace seperti Bukalapak, Shopee, Tokopedia, Gojek, Airbnb, dan lain-lain.

2. Fintech (Financial Technology)

Berikutnya jenis bisnis online yang tidak kalah populer yakni fintech. Ranah usaha ini bergerak di bidang jasa keuangan dengan berbasis online. Contohnya seperti Paytren, Go Pay, Doku Wallet, DANA, Jenius serta masih banyak lainnya.

Dilihat dari peluang dan prospeknya, bidang bisnis online ini berkembang cukup bagus sejak awal kemunculannya hingga sekarang.

Pasalnya, pertumbuhannya terus bergerak baik, baik dari sisi konsumen maupun pebisnis, sebagai buktinya layanan fintech di Indonesia semakin bervariasi.

3. Digital Marketing

Bidang bisnis online yang memiliki prospek besar yakni digital marketing. Ranah ini berfokus mengenai cara pemasaran agar sebuah produk dikenal oleh masyarakat melalui promosi di media sosial.

Namun untuk terjun ke bidang ini, Anda harus memiliki basis pengetahuan tentang ilmu pemasaran termasuk di dalamnya kemampuan mengambil keputusan serta skill komunikasi yang efektif.

Perkembangan bisnis online ini cukup bagus, terbukti banyak perusahaan sukses di ranah tersebut.

4. Online shop

Online shop merupakan salah satu peluang usaha bisnis yang naik daun beberapa tahun terakhir. Seperti diketahui bidang ini berfokus pada transaksi jual beli barang. Dari segi prospek, bentuk usaha tersebut cukup cemerlang.

Terbukti, saat ini banyak sekali brand-brand ternama yang sukses memasarkan produknya secara online, baik melalui media sosial maupun berjualan via e-commerce.

Tidak sedikit pula, pebisnis berhasil membuka toko sendiri, contohnya seperti Zalora dan Hijup.

5. Afiliasi Bebas Bayar

Bagi yang memiliki koneksi atau jaringan luas bisa mencoba ranah bisnis online satu ini. Cara bisnis online di bidang afiliasi tersebut cukup mudah.

Prinsipnya, jika Anda berhasil mengajak orang lain untuk memakai atau membeli sebuah produk dari penyedia program maka akan diberikan bayaran.

Namun, sistem perhitungan pemberian bayaran tersebut tergantung dari skala bisnis serta tingkat kesulitan untuk memperoleh konsumen. Semakin besar tantangannya tentu berbanding lurus dengan besaran fee-nya.

Baca Juga: 12 Bisnis di Masa Pandemi Corona yang Menjanjikan

Bisnis online adalah? … Sudahkah Anda berhasil menjawab pertanyaan tersebut? Selain penjelasan bisnis online, ketahui juga pengertian peluang usaha adalah?

Semoga dengan ulasan singkat di atas bisa menjadi sumber referensi dan menambah pengetahuan masyarakat dalam memahami istilah serta macam-macam bidangnya.

Share:

Tinggalkan komentar