7 Jenis Skincare Pria Agar Kulit Bersih dan Mulus

Memiliki kulit yang bersih dan mulus merupakan impian semua orang. Tidak hanya wanita, pria juga memiliki kewajiban untuk merawat wajah sehingga tampil lebih percaya diri.

Selain mengutamakan kebersihan muka, untuk mendapatkan kulit yang bersih, pria juga bisa menggunakan skincare atau produk perawatan kulit. Apakah skincare bisa berpengaruh pada perawatan wajah pria? Jawabannya, tentu saja!

Rekomendasi Skincare untuk Pria yang Wajib Dimiliki

Dengan perkembangan dunia skincare yang semakin pesat, kini banyak sekali poduk skincare yang memang dikhususkan untuk pria.

Nah, berikut ini kami akan memberikan informasi mengenai skincare yang bisa digunakan pria untuk mendapatkan kulit yang bersih dan mulus. Apa saja? Simak jawabannya berikut ini!

1. Sabun Muka (Facial Foam)

Seorang Pria Menggunakan Sabun Muka Facial Foam by IPGGutenbergUKLtd Canva
Sabun muka atau facial foam merupakan salah satu skincare pria

Langkah pertama untuk merawat wajah pria adalah dengan menggunakan facial foam atau sabun cuci muka. Dengan skincare pria yang satu ini seluruh kotoran dan debu yang menempel pada kulit wajah akan terangkat.

Sebelum menggunakan pembersih wajah yang satu ini, anda harus mengetahui jenis kulit yang dimiliki. Satu facial foam dengan yang lain memiliki fungsi yang berbeda kepada masing-masing jenis kulit.

Contohnya apabila memiliki kulit berminyak, anda bisa memilih facial foam yang mampu mengangkat dan membersihkan minyak berlebih pada wajah.

Membersihkan wajah dengan baik dan benar akan membuat anda terhindar dari segala jenis masalah kulit, misalnya jerawat.

2. Toner Dehidrasi

Toner Dehidrasi by Olgaorly Canva
Ilustrasi Toner Dehidrasi

Setelah dalam keadaan bersih, kini saatnya mempersiapkan wajah untuk menerima rangkaian skincare pria untuk menutrisi kulit secara optimal.

Sebagai jalan pembuka, Anda bisa menggunakan toner dehidrasi untuk mengembalikan kelembaban kulit setelah dibersihkan menggunakan facial foam.

Untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal dan tidak membuang-buang skincare, daripada menuangkan toner di kapas, lebih baik Anda menuangkannya di tangan dan tap-tap pada wajah.

Diamkan toner beberapa saat sampai seluruh cairannya menyerap ke dalam kulit. Setelah itu lanjut ke step skincare selanjutnya.

3. Serum sesuai Kebutuhan

Serum untuk Skincare Pria by Elena Canva
Serum dalam Skincare Pria

Setelah wajah dipersiapkan dengan toner, kini saatnya anda menggunakan serum. Dengan kandungan yang lebih thick, serum mampu menembus ke dalam lapisan dermis kulit sehingga hasilnya pun lebih maksimal.

Serum dalam skincare pria terdiri dari beberapa jenis dan fungsi. Ada yang berfungsi untuk mencerahkan, melembabkan, menghilangkan jerawat, dan lain-lain. Pilih serum yang sesuai dengan permasalahan kulit Anda.

Untuk memiliki wajah yang bersih, halus dan cerah, Anda bisa mengaplikasikan serum dengan kandungan niacinamide dan retinol.

Artikel Lainnya: 9 Cara Membuat Wajah Glowing dengan Bahan Alami

4. Pelembab (Moisturizer)

Pelembab (Moisturizer)
Seorang Pria Menghapus Pelembab (Moisturizer)

Selesai dengan serum, kini saatnya Anda bertugas untuk mengembalikan kelembaban kulit. Hal ini dilakukan dengan cara mengaplikasikan pelembab atau moisturizer.

Pelembab memegang peranan penting untuk perawatan wajah Anda. Tanpa kelembaban, kulit Anda akan menjadi kering dan muncul garis-garis halus.

Usahakan Anda memilih pelembab dengan tekstur lotion karena mampu menghidrasi kulit secara maksimal.

5. Sunblock Tameng dari Matahari

Sunblock Tameng dari Matahari by hyunah Kang Canva
Sunblock SPF 30 PA+++ Tameng dari Matahari

Sebagai pria tentunya aktivitas yang dilakukan lebih banyak di bawah terik sinar matahari. Tanpa sunblock, seluruh skincare yang Anda gunakan tidak akan bekerja untuk merawat kulit.

Pasalnya sinar matahari mengandung sinar UV yang mampu menyebabkan flek dan penuaan dini.

Untuk mengatasi masalah ini, Anda bisa menggunakan sunblock atau sunscreen. Kandungan SPF pada sunscreen mampu menjadi tameng sinar UV penyebab radikal bebas.

Artikel Lainnya: 8 Cara Mengatasi Wajah Bruntusan Secara Alami dan Cepat

6. Krim Mata (Eye Cream)

Krim Mata atau Eye Cream by triocean Canva
Krim Mata (Eye Cream)

Biasanya pria lebih senang menghabiskan waktunya untuk berkumpul teman-teman dengan meminum secangkir kopi.

Karena terlalu asyik minum kopi bersama teman, banyak dari mereka yang lupa waktu hingga jam tidurnya pun berkurang. Tidak tanpa efek, kurangnya jam tidur bisa membuat kantung mata Anda membesar dan menghitam.

Tentu hal ini sangat tidak Anda inginkan karena mampu merusak penampilan. Untuk mensiasati masalah ini, Anda bisa menggunakan eye cream atau krim mata.

Kandungan ekstra moisturizer pada eye cream mampu menghidrasi kantung mata yang kering dan menghitam.

7. Masker dan Scrub

Cara Perawatan Wajah Pria agar Kulit Tetap Sehat
Seorang Pria Mencuci Muka Setelah Menggunakan Masker dan Scrub

Rangkaian skincare pria yang kami sebutkan di atas merupakan langkah wajib yang harus anda lakukan setiap hari sehabis mandi.

Namun apakah Anda yakin hanya dengan membersihkan wajah menggunakan facial foam kotoran bisa terangkat secara maksimal? Jawabannya adalah tidak!

Facial foam hanya bisa mengangkat kotoran dan debu yang menempel pada lapisan terluar kulit.

Baca Juga: 15 Cara Perawatan Wajah Sehari-hari yang Dilakukan Rutin

Sebum dan sisa skincare yang telah meresap ke dalam kulit akan menyebabkan sel kulit mati dan komedo. Apabila tidak segera di atasi, kedua masalah tersebut bisa menyebabkan jerawat yang meradang.

Untuk mencegah hal tersebut terjadi, Anda bisa menggunakan masker dan scrub. Gunakan masker dari bahan charcoal untuk mengangkat kotoran secara mendalam. Setelah kotoran diangkat, kini giliran scrub yang mengangkat kotoran dan sel kulit mati dari wajah anda.

Karena cara kerjanya yang mendalam, sebaiknya Anda menggunakan masker dan scrub ini sebanyak 3 kali dalam seminggu.

Nah, itulah beberapa rangkaian skincare pria yang bisa anda coba. Dengan mengaplikasikan produk skincare tersebut, dijamin kulit wajah Anda akan bersih dan mulus.

Share:

Tinggalkan komentar