8 Cara Mengatasi Wajah Bruntusan Secara Alami dan Cepat

Bila Anda tiba-tiba mengalami masalah kulit seperti wajah bruntusan, tentu sangat kurang nyaman saat dipandang. Setiap pria atau wanita pasti ingin wajah glowing dan bukan wajah kusam karena bruntusan.

Namun jangan khawatir dulu, karena ada solusi termudah untuk cara menghilangkan wajah bruntusan secara alami dan bahan kimia.

Cara Menghilangkan Wajah Bruntusan dengan Bahan Alami

Ketika terjadi permasalahan pada kulit seperti terjadinya iritasi atau bintik-bintik di wajah, maka untuk menghilangkanya gunakan dulu bahan-bahan non kimia.

Sebab resiko akan terkena infeksi seperti alergi akan lebih terminimalisir. Berikut beberapa tips cara mengatasi wajah bruntusan secara alami:

1. Bahan Alami Madu

Cara Mengatasi Wajah Bruntusan dengan Madu by Steve Buissinne Pixabay
Cara Mengatasi Wajah Bruntusan dengan Madu (Foto: Steve Buissinne/Pixabay)

Sudah bukan rahasia lagi bahwa madu memang sudah terkenal sebagai bahan alami untuk kesehatan tubuh dan juga kecantikan wajah.

Penggunaannya sendiri biasanya sebagai media menghilangkan jerawat membandel serta kekusaman pada kulit wajah sehingga tampak lebih cerah.

Namun, bahan alami ini ternyata bisa juga sebagai media menghilangkan bruntusan di area wajah. Cara pengaplikasiannya terbilang sangat mudah dilakukan dan simpel.

Ambil saja madu murni beberapa sendok makan, kemudian oleskan secara merata pada wajah bruntusan, biarkan mengering, lalu bilas dengan air bersih.

2. Menggunakan Es Batu

Cara Menghilangkan Wajah Bruntusan dengan Es Batu by valuavitaly Freepik
Cara Menghilangkan Wajah Bruntusan Menggunakan Es Batu (Foto: valuavitaly/Freepik)

Bahan satu ini memang sangat sering sekali dijumpai selain sebagai penyejuk minuman, ternyata es batu sendiri mempunyai manfaat untuk kecantikan.

Salah satunya adalah dapat menghilangkan rasa gatal ketika tiba-tiba terjadi bruntusan di area wajah. Selain itu bahannya pun juga sangat mudah untuk didapatkan.

Penggunaan bahan es batu ini biasanya untuk perawatan wajah berjerawat agar jerawat hilang. Akan tetapi, pada iritasi kulit seperti bruntusan akan lebih mudah menyembuhkan.

Cara penggunaannya juga terbilang mudah, cukup mengoleskan es batu secara merata para area wajah yang bruntusan.

3. Menggunakan Bahan Tomat

Cara Menghilangkan Wajah Bruntusan dengan Tomat by Alexas Fotos Pixabay
Cara Menghilangkan Wajah Bruntusan dengan Tomat (Foto: Alexas_Fotos/Pixabay)

Penggunaan bahan satu ini biasanya sebagai minuman jus dengan cara di blender. Namun, selain bisa menyehatkan tubuh dan mengatasi permasalahan pada mata, ternyata buah tomat bisa dijadikan media kecantikan. Kemudian kandungan zat alaminya mampu menyembuhkan bruntusan.

Banyaknya manfaat tomat untuk perawatan wajah alami, maka banyak sekali orang menggunakannya sebagai penghilang bruntusan maupun jerawat.

Cara pangaplikasiannya juga amat mudah sekali, yaitu dengan dengan memblender buah tomat sampai halus dan jadikanlah masker pada wajah.

Artikel Lainnya: 10 Cara Aman Perawatan Wajah Untuk Anak Usia 12 Tahun

4. Menggunakan Bahan Lemon dan Putih Telur

Lemon by Free Photos Pixabay
Lemon (Foto: Free Photos/Pixabay)

Rasa buah satu ini memang sangatlah masam pada saat memakannya. Akan tetapi jangan salah menilainya, karena kandungan zat alami pada lemon ternyata bisa sebagai media kecantikan.

Semisalnya saja tiba-tiba kulit wajah bruntusan, maka lemon bisa mengatasinya. Pangaplikasian bahan satu ini akan lebih maksimal bilamana dicampurkan dengan putih telur.

Cara membuatnya sangat mudah yaitu peraslah air dari buah lemon, lalu campurkan dengan putih telur. Setelah itu jadikan masker wajah, tunggu sampai kering dan bilas dengan air bersih.

5. Menggunakan Lidah Buaya

Lidah Buaya by mozo190 Pixabay
Lidah Buaya (Foto: mozo190/Pixabay)

Bahan satu ini memang sering sekali dijumpai di teras rumah maupun pelataran sebab dijadikan tanaman hias. Namun perlu diketahui bahwa lidah buaya ternyata juga mempunyai khasiat sebagai media kecantikan kulit. Misalnya saja mampu menyembuhkan terjadi bruntusan di wajah.

Hal ini disebabkan karena lidah buaya sendiri mempunyai kandungan zat alami berupa vitamin E yang sangat baik bagi perawatan kulit.

Cara mengaplikasikannya juga sangat mudah sekali, yaitu dengan mengambil gelnya kemudian oleskan ke wajah, setelah beberapa saat bilas menggunakan air bersih.

6. Menggunakan Teh Hijau

Teh Hijau by dungthuyvunguyen Pixabay
Teh Hijau (Foto: dungthuyvunguyen/Pixabay)

Daun teh memang mempunyai efek memberikan kenyamanan saat meminumnya dalam keadaan hangat di waktu pagi. Namun dibalik kenikmatan sebagai minuman, ternyata juga memiliki segudang manfaat bagi kecantikan. Salah satu manfaat teh hijau bisa menghilangkan bruntusan di wajah.

Hal tersebut bisa terjadi karena teh hijau sendiri mempunyai zat alami berupa antioksidan yang sangat baik sekali untuk perawatan kulit.

Cara pengaplikasiannya juga tidak begitu sulit, Anda tinggal mengoleskan saja airnya ke bagian wajah bruntusan tadi.

Baca Juga: 10 Cara Perawatan Wajah Alami Di Rumah Yang Mudah Dicari

Cara Mengatasi Wajah Bruntusan dengan Formula Kimia

Bruntusan di wajah memang sangat mengganggu sekali terutama saat ingin tampil keren dan cantik. Penyebabnya banyak sekali, salah satunya karena alergi.

Jangan khawatir karena ada beberapa bahan kimia yang mampu menyembuhkan penyakit tersebut. Berikut ini beberapa daftar list nya:

7. Oleskan Sunscreen

Sunscreen by AdoreBeautyNZ Pixabay
Sunscreen (Foto: AdoreBeautyNZ/Pixabay)

Ketika ingin melakukan perjalanan ke luar rumah, pastikan selalu memakai Sunscreen agar kulit terlindung dari pantulan sinar ultraviolet. Penggunaan bahan satu ini bisa secara efektif mencegah terjadi bruntusan di wajah sebagai saranan pelembab kulit.

Cara pengaplikasiannya sangat mudah sekali, yaitu dengan mengoleskan saja keseluruh tubuh yang tidak tertutup oleh kain. Pastikan ulangi pengolesan setiap 2 – 3 jam an.

8. Menggunakan Skincare

Skincare untuk Perawatan Wajah
Perawatan Wajah Bruntusan dengan Skincare

Jika terjadi bruntusan jangan panik terlebih dahulu, karena dengan menggunakan skincare akan bisa mengatasi permasalahan tersebut. Sekarang ini banyak sekali dijuang produk-produk kecantikan tersebut di berbagai toko online shop.

Penggunaan skincare sendiri akan aman bila sesuai dengan takaran yang ada. Sebaiknya lakukan konsultasi terlebih dahulu kepada para dokter ahli kecantikan. Sebab, mereka jauh lebih tahu penggunaan bahan yang cocok.

Baca Juga: 15 Cara Perawatan Wajah Sehari-hari yang Dilakukan Rutin

Setelah membaca artikel tentang cara menghilangkan wajah bruntusan, maka Anda tinggal pilih saja menggunakan bahan alami maupun kimia.

Jika masih bingung dengan cara perawatan wajah pria atau cara perawatan wajah wanita secara alami atau bahan kimia, Anda bisa konsultasikan dengan dokter kecantikan terdekat.

Share:

Tinggalkan komentar