9 Cara Membuat Wajah Glowing dengan Bahan Alami

Dalam segala situasi, penampilan seseorang memang yang selalu diutamakan. Mulai dari pakaian hingga badan. Apa jadinya jika kulit tubuh seseorang kusam dan kering?

Tentu akan membuat siapa saja merasa tidak percaya diri, dan segera mencari tahu tentang cara membuat wajah glowing.

Cara Membuat Wajah Glowing dengan Bahan Alami dan Cepat

Bagaimana cara perawatan wajah alami di rumah? Wajah yang bersih dan mulus tentu menjadi idaman setiap orang, khususnya kaum perempuan. Polusi udara di Indonesia dan gaya hidup tidak sehat bisa berefek pada kulit tampak kusam dan tak bersinar lagi.

Berikut berbagai macam cara agar wajah terlihat glowing:

1. Buah Lemon

Wajah Glowing dengan Buah Lemon by Racool studio Freepik
Ilustrasi Wajah Glowing dengan Buah Lemon (Foto: Racool_studio/Freepik)

Cara pertama untuk membuat wajah glowing yaitu dengan menggunakan buah lemon. Bahan yang mudah didapatkan ini bisa juga digunakan sebagai skincare.

Kandungan zat di dalamnya akan membantu mencerahkan kulit, mengontrol kelebihan minyak, serta sel kulit mati terangkat.

Campurkan perasan air lemon sesuai kebutuhan di wajah lalu biarkan sekitar 10 menit. Setelah selesai, bilas menggunakan air bersih. Kemudian, selama penggunaan masker ini, hindari terkena sinar matahari secara langsung.

2. Putih Telur

Putih Telur by PxHere
Putih Telur (Foto: PxHere)

Selain untuk membuat kue, ternyata putih telur juga bisa digunakan sebagai masker wajah.

Di dalamnya terkandung protein tinggi yang berfungsi mencerahkan wajah. Skincare ini cukup sering digunakan untuk menjaga kesehatan kulit.

Cara menggunakannya pun mudah sekali. Anda hanya perlu mengocok bagian putih dari telur sampai terlihat mengembang, kemudian aplikasikan pada wajah. Bila dirasa cukup, segera basuh dengan air bersih dan lihat perbedaannya.

3. Teh Hijau

Teh Hijau by Racool studio Freepik
Teh Hijau (Foto: Racool_studio/Freepik)

Bahan yang satu ini biasanya mudah Anda dapatkan di daerah dengan suhu dingin dan sejuk, seperti pada dataran tinggi.

Daun teh hijau mengandung banyak manfaat, diantaranya flavonoid, yang bisa menjaga kesehatan kulit dan dapat menjaga wajah agar tetap terlihat segar.

Cara pembuatan yang mudah yaitu rebus daun teh hijau tadi hingga berubah warna. Sembari menunggu dingin, ditambah sedikit gula lalu aduk sampai tercampur. Oles ke seluruh bagian muka sampai merata, diamkan 10 menit, terus bilas dengan air bersih.

Artikel Lainnya: 13 Cara Perawatan Wajah Wanita agar Cantik dan Menarik

4. Buah Alpukat

Buah Alpukat by Steve Buissinne Pixabay
Buah Alpukat (Foto: Steve Buissinne/Pixabay)

Buah tropis satu ini memang sudah lama diketahui punya banyak manfaat bagi tubuh dan dapat membuat wajah glowing.

Mengandung omega 6 dan omega 3 berkhasiat untuk perawatan wajah berjerawat, serta mampu menjadikan kulit lembab. Selain bisa dikonsumsi, alpukat juga bisa digunakan untuk masker wajah.

Dapatkan manfaat dari alpukat yaitu dengan cara menghaluskan daging buah, campur dengan madu sesuai selera.

Kemudian aplikasikan ke seluruh bagian wajah, diamkan selama 20 menit, tunggu sampai mengering. Setelah selesai, bilas menggunakan air bersih.

5. Kombinasi Beras dan Wijen

Kombinasi Beras dan Wijen by jcomp dan whatwolf freepik
Kombinasi Beras (Kiri) dan Wijen (Kanan) (Foto: jcomp dan whatwolf/Freepik)

Perpaduan antara beras dan biji wijen ternyata membantu mengangkat sel kulit mati serta kotoran pada pori-pori kulit muka.

Selain itu, kandungannya juga berfungsi menambahkan nutrisi pada kulit serta membantu mencerahkan wajah secara sehat. Bahan familiar memudahkan cara membuatnya.

Campur masing-masing bahan 3-4 sendok teh pada wadah berisi air, diamkan satu malam. Besoknya, blender sampai lembut. Krim yang dihasilkan bisa digunakan untuk masker dengan mengoleskan secara halus, jika dirasa cukup basuh menggunakan air bersih.

6. Minyak Almond

Minyak Almond by Absandme Pixabay

Berbagai bahan alami bisa didapatkan secara mudah untuk memperoleh hasil yang diinginkan. Kandungan minyak almond bisa membantu menjadikan kulit wajah glowing dan cerah alami. Serta meningkatkan perputaran darah.

Cara penggunaannya, bersihkan wajah terlebih dahulu dari bekas make up yang menempel. Kemudian baluri dengan minyak almond secara merata. Pijat lembut dengan tiga jari diamkan semalaman. Esok paginya, cuci memakai air hangat.

Artikel Lainnya: 11 Cara Perawatan Wajah Pria agar Kulit Tetap Sehat

7. Face Oil

Face Oil by Racool studio Freepik
Face Oil (Foto: Racool_studio/Freepik)

Cara membuat muka glowing selanjutnya yaitu menggunakan face oil atau minyak wajah. Berbahan dasar alami sebagai solusi kulit yang kering dan kusam. Serta membantu melancarkan perputaran darah.

Sebelum perawatan wajah menggunakan face oil, bersihkan dari make up yang menempel seharian terlebih dahulu. Kemudian oleskan pada wajah secara merata, pijat perlahan selama beberapa menit. Diamkan semalaman, besok pagi bilas dengan air hangat.

8. Susu

Susu by Pikist
Susu (Foto: Pikist)

Tak hanya berkhasiat menyehatkan tubuh saja, ternyata susu memiliki faidah untuk menjaga kecantikan agar wajah glowing.

Kandungan didalamnya mampu mencerahkan, melembabkan dan menghilangkan sel kulit mati. Selain digunakan untuk mandi, manfaat susu juga bisa didapatkan melalui media masker.

Bahan yang digunakan tidak hanya susu saja, tetapi perlu dicampur dengan tepung beras sampai menjadi krim. Kemudian oles pada wajah yang sudah dibersihkan, diamkan kurang lebih 30 menit. Bila dirasa cukup, basuh hingga bersih.

9. Yogurt

Yogurt by Racool studio Freepik
Ilustrasi Cara Membuat Wajah Glowing dengan Yogurt (Foto: Racool_studio/Freepik)

Selain susu, ternyata yogurt juga memiliki khasiat yang sama. Terbuat dari bahan yang difermentasikan, banyak manfaat bisa didapatkan. Salah satunya menjaga kecantikan wajah glowing secara natural.

Bersihkan wajah terlebih dahulu, kemudian oleskan yogurt secara merata. Diamkan biar mengering selama 30 menit, lalu bilas hingga bersih. Untuk hasil maksimal, bisa juga ditambahkan madu atau minyak zaitun.

Baca Juga: Perawatan Wajah Untuk Anak Usia 12 Tahun

Itulah tadi macam-macam cara membuat wajah glowing. Perawatan wajah alami secara rutin sangat dibutuhkan agar mendapatkan hasil maksimal. Selain itu, imbangi juga dengan mengkonsumsi makanan yang baik untuk kesehatan tubuh dan kulit.

Share:

Tinggalkan komentar