Pendidikan Agama Islam (PAI): Pengertian, Tujuan & Perannya

Seberapa penting peranan Pendidikan Agama Islam bagi para peserta didik? Mata pelajaran satu ini hadir dalam instansi pendidikan yang menyajikan materi mengenai agama Islam.

Lantas, apa saja manfaatnya? Simak penjelasan berikut ini untuk Anda.

Pengertian Pendidikan Agama Islam (PAI)

Pengertian Pendidikan Agama Islam PAI by pxfuel
Ilustrasi Pendidikan Agama Islam (PAI) (Foto: Pxfuel)

Pendidikan Agama Islam adalah salah satu mata pelajaran dalam suatu instansi pendidikan, baik di sekolah (SD, SMP, SMA, SMK) ataupun perguruan tinggi.

Materi Pendidikan Agama Islam berisi mengenai pembelajaran seputar agama Islam yang berlandaskan pada Al-Qur’an, sebagai pedomannya.

Dr. Armai Arief, M.A menjelaskan mengenai pengertian dari Pendidikan Agama Islam, yaitu proses yang bertujuan menciptakan seluruh manusia agar paham nilai-nilai agama seutuhnya, menguatkan keimanan, serta bertakwa pada Tuhan Yang Maha Esa.

Pendidikan Agama Islam ini merupakan suatu usaha dalam membina serta mengajarkan peserta didik supaya senantiasa memahami ajaran-ajaran agama secara kompleks dan menyeluruh. Setelah itu, diharapkan akhirnya mampu mengamalkannya sebagai pandangan hidup.

PAI dapat menumbuhkan dan meningkatkan keimanan melalui adanya pembelajaran pengetahuan, refleksi diri, pengamalan, serta pengalaman peserta didik.

Mereka diberikan beberapa hikmah agar nantinya menjadi muslim atau muslimah yang maju dan berkembang.

Artikel Lainnya: Pendidikan Kewarganegaraan (PKN) Bagi Anak Indonesia

Tujuan dan Fungsi Pendidikan Agama Islam (PAI) Peserta Didik

Tujuan dan Fungsi Pendidikan Agama Islam PAI Peserta Didik
Ilustrasi Tujuan dan Fungsi Pendidikan Agama Islam (PAI) Peserta Didik

Tujuan adanya pembelajaran PAI sudah bersinggungan dalam pengertiannya secara umum, yaitu untuk menambah atau meningkatkan keimanan, penghayatan, pengamalan, ketakwaan, serta berakhlak mulia dalam kehidupan pribadi, kelompok, berbangsa dan bernegara.

Seorang tokoh Islam bernama Abdurrahman Saleh Abdullah memberikan pendapatnya mengenai tujuan adanya pembelajaran PAI bagi peserta didik.

Pendidikan Islam akan membentuk kepribadian seorang muslim yang beriman dan tunduk pada Allah secara total.

Secara profesional, tujuan penetapan pembelajaran pendidikan Islam, yaitu menjadikannya sebagai suatu ilmu pengetahuan.

Selain itu juga dijadikan sebuah profesi serta salah satu aktivitas atau kegiatan dalam pengembangan nilai religius dalam masyarakat.

Anda bisa menarik kesimpulan, bahwa tujuan adanya pembelajaran PAI dalam dunia pendidikan, yaitu dapat terbentuknya suatu kesadaran serta fungsi dan tugas manusia dalam menyembah Allah SWT, serta mampu menempatkan diri dalam kehidupan bermasyarakat.

Artikel Lainnya: PENDIDIKAN KARAKTER: Pengertian, Fungsi, hingga Strategi

Peran Penting PAI dalam Berbagai Lingkup

Peran Penting PAI dalam Berbagai Lingkup Al Quran by Ahmad Ardity Pixabay
Al Qur’an Sebagai Ilustrasi Peran Penting PAI dalam Berbagai Lingkup (Foto: Ahmad Ardity/Pixabay)

PAI memiliki peranan penting dalam berbagai lingkup, baik pendidikan nasional, sekolah umum, lembaga, serta peserta didik itu sendiri.

Bagaimana peran-peran tersebut dapat berjalan? Simak beberapa penjelasan dibawah ini akan menambah pemahaman Anda.

1. Peran Penting PAI dalam Lingkup Pendidikan Nasional

Pancasila sebagai dasar Negara Indonesia menjadi sebuah pedoman hidup yang harus Anda amalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Adanya pembelajaran PAI memiliki peranan penting sebagai penguat dari setiap falsafahnya demi kelangsungan berbangsa dan bernegara.

PAI dalam lingkup pendidikan nasional berjalan melalui proses orientasi kepada hubungan tiga arah, diantaranya peserta didik dengan Tuhannya, masyarakatnya, dan alam sekitarnya. Tujuan akhirnya yaitu terbentuknya generasi berkualitas yang berlandaskan tuntunan agama.

2. Peran Penting PAI dalam Lingkup Sekolah Umum

Pertanyaan besarnya adalah mengapa mata pelajaran PAI ada di lingkup sekolah umum?

Pendidikan Islam berposisi kultural yang berada dalam lingkup peran, fungsi, serta tujuannya yang sama. Semuanya bermaksud dalam menegakkan manusia melalui sebuah transmisi.

Pendidikan Islam berusaha mengambil peran kompetitif dalam mengatur sosiologi bangsa Indonesia yang kultural.

PAI dalam sekolah umum bertujuan untuk melahirkan manusia-manusia beriman serta mempunyai pengetahuan, sehingga saling menunjang satu sama lain.

3. Peran Penting Pendidikan dalam Lingkup Lembaga

Pada pengamalan sila pertama dalam Pancasila, menjelaskan bahawa setiap manusia tentu perlu beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Proses pendidikan ini akan berlangsung seumur hidup, baik lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat.

Dalam rangka pembangunan atau pembentukan manusia seutuhnya berdasarkan Pancasila, pendidikan Islam berfungsi untuk membentuk pribadi seseorang menjadi beriman dan bertakwa, serta membina warga negara Indonesia yang taat ketika menjalankan agama.

Baca Juga: PENDIDIKAN Adalah: Pengertian, Sejarah, Fungsi, dan Tujuan

4. Peran Penting PAI bagi Peserta Didik

PAI sebagai ikhtiar manusia dengan jalan bimbingan agama untuk membantu individu dan mengarahkan mereka pada fitrahnya.

Pendidikan Islam akan membentuk kepribadian utama sesuai dengan ajaran-ajaran spiritual yang berkaitan pada masalah akhlak atau budi pekerti.

Melihat arti pendidikan agama tersebut tentunya menjadi salah satu pokok yang wajib ditanamkan pada aspek penerimaan ilmu pengetahuan dari setiap peserta didik. Oleh karena itu, PAI sangat penting dalam perkembangan jasmani dan rohani setiap anak.

Keterlibatan PAI dalam kurikulum pendidikan nasional akan menciptakan kepercayaan setiap anak didik agar bertakwa pada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, berpengetahuan luas, mandiri, serta menjadi warga negara yang bertanggung jawab dan demokratis.

Demikian penjelasan mengenai peran penting adanya pelajaran Pendidikan Agama Islam di Indonesia dalam berbagai lingkup sosial, agama, berbangsa, dan bernegara.

PAI sangat penting dalam mengembangkan potensi dari setiap peserta didik yang cerdas dan beriman. Dengan begitu, juga akan berimbas pada kehidupan sehari-hari yang lebih santun.

Share:

Tinggalkan komentar