11 Perawatan Wajah Berjerawat yang Terbukti Ampuh

Perawatan wajah berjerawat penting diketahui agar wajah terhindar dari jerawat dan bila wajah sudah terlanjur terkena jerawat, maka langkah-langkah perawatannya perlu diketahui agar tidak semakin bertambah parah.

Jerawat di wajah yang tidak segera diobati dan dibiarkan saja tanpa penanganan yang tepat dapat merusak kulit wajah sehingga merusak kecantikan wajah. Itulah mengapa perawatan wajah berjerawat perlu diketahui supaya tepat penanganannya.

Jerawat mempengaruhi penampilan dan bisa menghilangkan rasa percaya diri apalagi jika jerawat di wajah tidak sedikit dan menjalar. Memang kebanyakan jerawat muncul di area wajah ketimbang di bagian lain.

Secara umum, jerawat dialami kebanyakan saat usia 12 hingga 25 tahun. Meskipun demikian banyak juga yang mengalaminya meski usianya diatas 25 tahun. Dalam merawat jerawat yang masih dalam skala kecil bisa dilakukan secara mandiri.

Perawatan Wajah Berjerawat Secara Mandiri

Perawatan Wajah Berjerawat Secara Mandiri Menggunakan Pelembap
Perawatan Wajah Berjerawat Secara Mandiri Menggunakan Pelembap

Langkah-langkah perawatan wajah berjerawat secara mandiri dapat dilakukan dengan melakukan hal-hal berikut:

1. Rutin cuci wajah

Rajinlah mencuci wajah secara rutin minimal dua kali sehari, tetapi lebih sering juga lebih baik. Mencuci wajah baik dilakukan terutama setelah beraktivitas, berolahraga dan setelah menggunakan make up.

Dalam mencuci wajah akan semakin baik menggunakan sabun yang bahannya lembut. Ada juga produk sabun wajah yang secara khusus sengaja dibuat untuk jenis wajah berjerawat sehingga baik untuk dijadikan pilihan bagi wajah yang berjerawat.

Pastikan pula tangan yang digunakan untuk menyentuh kulit wajah telah bersih dari kotoran saat mencuci wajah. Sebelum mencuci wajah, terlebih dulu cuci tangan hingga bersih.

2. Pakai toner

Usai mencuci wajah, anda dapat memakai toner dengan cara mengoleskannya ke kulit wajah. Pemakaian toner membantu membersihkan sisa-sisa make up di wajah dan kotoran lain seperti debu yang masih menempel maupun yang lainnya.

Toner dapat pula membantu mengembalikan PH kulit, serta mengurangi minyak berlebih sehingga masalah kulit termasuk jerawat juga teratasi.

3. Pelembab

Perawatan wajah berjerawat selanjutnya menggunakan pelembab. Pelembab baik untuk menjaga kulit wajah supaya kelembabannya terjaga. Wajah yang konsisinya lembab akan semakin menghambat produksi minyak yang meningkat sehingga produksi minyak di wajah bisa terkontrol.

Minyak berlebih pada wajah yang bercampur dengan kotoran seperti debu atau sisa-sisa make up dapat menjadi salah satu penyebab timbulnya jerawat. Itulah mengapa penggunaan pelembab sangat baik untuk menjaga wajah tetap lembab.

4. Tabir surya

Usai menggunakan pelembab di wajah, pakai juga tabir surya apalagi saat akan beraktivitas ke luar rumah di siang hari. Pada sebagian penderita jerawat, paparan sinar matahari bisa membuat jerawat bertambah parah.

Untuk mengetahui jenis tabir surya terbaik bagi jenis kulit yang anda miliki, sebaiknya konsultasikan ke ahlinya.

5. Gunakan Serum

Penggunaan serum pada wajah dapat mengatasi masalah kulit seperti jerawat dan menghilangkan bekasnya.

Bahan yang terkandung dalam serum bisa menjangkau bagian dalam kulit sehingga dapat menyelesaikan masalah kulit hingga tuntas sampai ke akar-akarnya.

Artikel Lainnya: 13 Cara Perawatan Wajah Wanita agar Cantik dan Menarik

6. Makan-makanan sehat

Lengkapi pola makan empat sehat dengan menyempurnakannya pada pengkonsumsian buah. Buah yang kaya vitamin dan nutrisi memberikan pengaruh baik bagi kulit termasuk kulit wajah.

Pada dasarnya, hampir semua buah-buahan baik untuk kulit. Buah yang paling baik untuk kulit wajah beberapa diantaranya adalah seperti jeruk, timun dan tomat. Oleh sebab itu, pengkonsumsian dari dalam menjadi upaya yang baik.

7. Hindari menyentuh dan memecahkan jerawat

Kebiasaan yang sulit ditahan adalah menyentuh wajah yang berjerawat dan memecahnya dengan sengaja. Padahal, hal ini perlu dihindari supaya kondisi jerawat tidak semakin parah.

Menyentuh jerawat apalagi memecahkannya dengan sengaja bisa menyebabkan infeksi karena penyumbatan dan peradangan pada kulit wajah. Bahkan, jaringan parut dapat muncul di area wajah yang berjerawat tersebut.

8. Menggunakan es batu

Perawatan wajah berjerawat selanjutnya menggunakan es batu. Es batu ternyata mampu mengurangi peradangan jerawat.

Caranya cukup simpel, bungkus es batu menggunakan kain bersih lalu tempelkan pada permukaan kulit wajah selama satu menit. Lakukan dengan sering dan berulang.

Cara ini dapat mengurangi kondisi wajah yang kemerahan serta pembengkakan pada wajah akibat jerawat.

Artikel Lainnya: 11 Cara Perawatan Wajah Pria agar Kulit Tetap Sehat

9. Putih telur

Peradangan jerawat di kulit wajah dapat berkurang dengan menggunakan putih telur. Selain itu, putih telur juga memiliki kemampuan untuk mengontrol produksi minyak berlebih dan dapat pula mengencangkan kulit.

Caranya, oleskan putih telur pada wajah yang berjerawat lalu diamkan sampai 10 menit. Jika 10 menit berlalu, bilas menggunakan air hingga bersih. Mudah bukan?

10. Masker alami

Memakai masker dengan bahan alami yang mudah didapat menjadi alternatif solusi yang dapat dipilih. Tentu saja, bahan alami yang dipilih untuk dijadikan sebagai masker harus terlebih dahulu dihaluskan seperti dihancurkan ataupun diblender.

Masker dari bahan alami ini adalah seperti bahan buah-buahan dan bisa juga dari bahan alami lainnya tanpa adanya campuran bahan kimia.

11. Perawatan ke dokter kulit

Terakhir, perawatan dan konsultasi ke dokter kulit penting dilakukan terlebih jika jerawat yang diderita semakin parah dan meluas bahkan terjadi peradangan. Dokter kulit akan mendiagnosa dan berupaya memberikan penanganan yang tepat.

Tindakan yang dilakukan biasanya dengan pemberian obat-obatan ataupun penanganan lainnya sesuai kondisi kulit.

Perawatan Wajah Berjerawat dengan Masker Bahan Alami

Perawatan Wajah Berjerawat dengan Masker Bahan Alami
Perawatan Wajah Berjerawat dengan Masker Bahan Alami Seperti Madu

Bahan-bahan alami yang ada di sekitar kita ternyata bisa bermanfaat untuk melakukan perawatan wajah berjerawat dengan cara membuatnya menjadi masker wajah.

Perawatan wajah alami menggunakan bahan-bahan yang bisa dibilang mudah didapat. Apa saja kira-kira? Inilah beberapa diantaranya:

1. Bedak dingin

Bedak dingin terbuat dari beras yang memiliki kandungan mineral dan vitamin untuk membantu kulit wajah memproduksi sel-sel baru.

Disamping itu, bedak dingin juga dipakai untuk menghilangkan sel-sel kulit mati dengan mudah.

2. Madu

Masker wajah menggunakan madu caranya mudah, cukup olesi wajah dengan madu lalu diamkan dan tunggu sampai 30 menit.

Selanjutnya, bilas memakai air hangat supaya pori-pori kulit wajah terbuka dan lanjutkan dengan membilasnya memakai air dingin supaya pori-pori di wajah kembali tertutup.

3. Timun

Salah satu manfaat baik buah timun adalah untuk mengurangi peradangan jerawat dan mengontrol kadar produksi minyak berlebih pada kulit wajah. Kulit wajah yang rusak juga dapat berkurang dengan penggunaan timun sebagai masker ini.

Cara membuat timun sebagai masker wajah adalah: haluskan timun kemudian ambil sarinya dengan cara disaring. Setelah itu, campurkan gula pasir satu sendok makan saja dan aduk rata lalu oleskan di wajah sampai 10 menit kemudian bilas sampai bersih.

Baca Juga:

Sejumlah cara yang dapat dilakukan dalam perawatan wajah berjerawat seperti yang telah diulas diatas bisa dijadikan solusi bila anda mengalami masalah yang sama. Istirahat yang cukup dan menghindari stres akan semakin mendukung perawatan wajah berjerawat secara maksimal.

Share:

Tinggalkan komentar