Pengertian Skincare dan Cara Merawat Kulit agar Tetap Sehat

Skincare adalah salah satu istilah yang kini banyak diungkapkan oleh banyak orang khususnya bagi para anak mudah zaman sekarang. Namun, banyak orang salah mengartikan pengertian skincare itu sendiri.

Oleh karena itu, di bawah ini akan kita bahas tuntas mengenai pengertian skincare dan juga bagaimana cara merawat kulit yang baik dan benar agar tetap sehat.

Pengertian Skincare dan Cara Merawat Kulit

Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa banyak masyarakat yang masih salah mengartikan skincare itu sendiri. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas pengertian dari skincare agar paham, uraiannya di bawah ini:

1. Pengertian Skincare

Pengertian Skincare by puhhha Canva
Skincare

Banyak orang mengatakan istilah ini dengan maksud yang mungkin berbeda-beda antara satu dengan yang lainnya. Banyak yang menduga bahwa Skincare adalah produk untuk kulit sehingga berbagai jenis alat make up  masuk dalam daftar skincare.

Bahkan ada pula yang mengartikan bahwa skincare adalah perawatan kulit wajah, padahal skincare merupakan rangkaian perawatan kulit dari mulai kulit kepala hingga kulit telapak kaki Anda.

Selain itu, skincare merujuk pada serangkaian perawatan kulit di mana Anda menggunakan berbagai hal untuk merawat kulit Anda tersebut baik menggunakan alat maupun produk skincare itu sendiri.

Jadi, bisa disimpulkan bahwa skincare pria atau wanita merupakan suatu rangkaian untuk merawat kulit sehingga tidak semuanya yang ditempelkan ke kulit namanya skincare.

Jika hal tersebut tidak memiliki khasiat untuk merawat kulit maka itu bukan termasuk pada kelompok skincare.

Artikel Lainnya: Perawatan Kecantikan Wajah: Kulit Kering Hingga Kombinasi

2. Cara Merawat Kulit Menggunakan Skincare

Cara Merawat Kulit Menggunakan Skincare by shironosov Canva
Seorang Wanita Merawat Kulit Menggunakan Skincare

Setelah mengetahui pengertian dari skincare maka selanjutnya kita akan membahas mengenai cara merawat kulit itu sendiri.

Ya, tentunya berdasarkan pada pengertian di atas bahwa kulit yang dirawat bukan hanya kulit wajah saja melainkan seluruh kulit pada tubuh Anda. Kemudian, bagaimana caranya? Simak uraian selengkapnya di bawah ini:

a. Kulit Kepala

Pertama adalah merawat kulit kepala. Kulit kepala memang kebanyakan tertutup oleh rambut baik itu rambut pendek maupun rambut panjang.

Namun, walaupun kulit kepala tertutup sebaiknya Anda juga merawatnya karena jika tidak akan menimbulkan berbagai permasalahan.

Seperti yang telah diketahui bersama bahwa kulit kepala sering mengalami masalah khususnya ketombe yaitu kulit kepala yang mulai mengelupas karena berbagai macam penyebab.

Kulit kepala sendiri dapat Anda rawat dengan keramas secara teratur menggunakan sampo yang tepat.

Tak hanya itu saja, Anda bisa menambahkan pelembap ke kulit kepala misalnya menggunakan jel aloe vera atau minyak zaitun, Anda pun juga bisa menambahkan hair tonic.

b. Kulit Wajah

Skincare sangat identik dengan kulit wajah dan produk perawatan wajah yang dijual bebas di toko online atau offline sangat beragam.

Ada berbagai rangkaian skincare untuk wajah seperti micellar water, sabun pencuci muka, toner, pelembap, sunscreen, serum, krim malam, krim siang, masker, dan masih banyak lagi lainnya.

Anda bisa menggunakan rangkaian produk yang sesuai dengan kondisi kulit wajah. Misalnya kulit wajah bruntusan dan berjerawat maka gunakan skincare yang khusus untuk wajah bruntusandan juga berjerawat.

c. Kulit Bibir

Bibir juga memiliki kulit yang sering kali mengalami masalah. Kulit pada bibir juga harus sering dirawat.

Salah satunya dengan scrub bibir untuk mengangkat kulit mati. Gunakan juga lip balm atau pelembap bibir lainnya untuk menjaga kulit bibir tetap lembap dan tidak pecah-pecah.

Tak hanya itu saja, kulit bibir memerlukan nutrisi karena sering mengalami pigmentasi sehingga Anda memerlukan produk dengan kandungan vitamin C tinggi agar dapat lebih cerah.

Dengan merawat bibir secara teratur maka akan lebih sehat yang ditandai dengan rona bibir yang merah dan lembap.

d. Lipatan Kulit

Jika menurut Anda lipatan kulit tidak memerlukan perawatan maka itu salah besar. Lipatan seperti ketiak maupun di selangkangan juga harus sering dirawat.

Mengapa demikian? Lipatan tersebut sering kali mengalami gesekan dan juga lembap sehingga sering mengalami iritasi. Tak hanya iritasi, kulit di lipatan juga sering mengalami hiperpigmentasi yaitu kulit menjadi menghitam.

Untuk merawatnya, Anda bisa menggunakan krim yang mengandung vitamin C agar lebih cerah. Selain itu, gunakan cairan anti bakteri agar tidak terjadi penumpukan bakteri dan jamur yang menyebabkan bau.

e. Kulit Tangan dan Kaki

Kulit tangan dan kaki pria atau wanita harus dirawat dengan baik. Salah satunya adalah dengan menggunakan lulur dan juga losion.

Anda bisa gunakan lulur untuk mengangkat sel kulit mati dan losion untuk melembapkan dan menutrisi kulit.

Baca Juga: 11 Cara Perawatan Wajah Pria agar Kulit Tetap Sehat

Itulah beberapa hal yang perlu Anda ketahui mengenai Skincare itu sendiri. Kini Anda sudah tahu bahwa skincare adalah suatu rangkaian perawatan kulit yang bisa Anda lakukan dengan teratur dengan tujuan tertentu seperti untuk membuat wajah glowing.

Manfaatnya agar kulit tetap sehat karena skincare ada yang menggunakan bahan alami maupun menggunakan produk jadi dari pabrikan. Semoga kini Anda paham mengenai produk skincare secara baik dan benar.

Share:

Tinggalkan komentar