10 Rekomendasi Skincare Terbaik untuk Perawatan Wajah

Istilah skincare saat ini sudah tidak asing lagi di telinga kita bukan? Skincare atau bahasa Indonesianya “perawatan kulit” identik dengan perawatan kulit wajah.

Ya, sangat penting bagi Anda untuk merawat kulit baik wanita maupun pria agar kulit tetap sehat dan memancarkan auranya. Skincare pria akan berbeda kandungannya dengan yang digunakan wanita.

Daftar Skincare yang Wajib Anda Miliki dan Penjelasannya

Ada banyak sekali jenis skincare yang bisa Anda gunakan untuk merawat kulit wajah agar tetap sehat dan terlihat cantik. Berikut pembahasan selengkapnya:

1. Micellar Water

Micellar Water by Margarita Kheruimova Canva
Micellar Water merupakan salah satu jenis skincare

Yang pertama ada Micellar Water. Micellar merupakan produk perawatan kulit yang berfungsi untuk membersihkan make up pada wajah. Ya, make up yang cukup tebal akan menyebabkan sulit hilang.

Dengan teknologi micellar maka make up akan mudah hilang hanya dengan satu hingga dua kali usapan menggunakan kapas saja. Produk ini bisa Anda temui di minimarket terdekat.

2. Facial Foam

Seorang Wanita Menggunakan Facial Foam by kyryloshevtsov Canva
Seorang wanita menggukan facial foam

Walaupun sudah menggunakan Micellar Water, namun untuk lebih mengangkat kotoran atau bekas riasan wajah, Anda bisa menggunakan Facial Foam atau sabun pencuci muka.

Setelah menggunakan micellar, Anda bisa mengaplikasikan sabun muka dan membilasnya dengan air bersih. Dengan ini maka kulit wajah akan lebih segar dan juga bersih.

3. Toner

Toner by Leisan Rakhimova Canva
Toner

Setelah membersihkan dengan sabun, Anda bisa mengaplikasikan toner. Toner dibagi menjadi dua jenis yang paling terkenal yaitu exfoliating toner dan juga hydrating toner.

Exfoliating toner gunanya untuk mengangkat sel kulit mati di kulit sehingga gunakan sesekali saja. Sedangkan untuk hydrating toner bisa Anda gunakan untuk memberikan kelembapan ringan untuk kulit.

Hydrating Toner juga sebaiknya digunakan setelah menggunakan exfoliating toner agar kulit tidak kering.

Artikel lainnya: Pengertian Skincare dan Cara Merawat Kulit agar Tetap Sehat

4. Serum

Serum by progressman Canva
Serum

Setelah menggunakan toner, Anda bisa menggunakan serum. Serum di sini merupakan cairan konsentrat yang penuh dengan nutrisi dan mudah diserap oleh kulit Anda.

Serum sangat cocok digunakan untuk Anda yang ingin mendapatkan efek yang cepat, misalnya ingin kulit menjadi lebih cerah maka gunakan serum yang berisi vitamin C.

5. Moisturizer

Moisturizer by S847 Canva
Moisturizer

Setelah menggunakan serum atau jika Anda tidak punya serum, bisa diaplikasikan moiturizer atau pelembap. Ya, pelembap sangat penting untuk siapa saja dengan kondisi kulit apa saja.

Bagaimana dengan kulit yang berminyak? Tentu sangat penting juga sebab minyak yang dikeluarkan bisa jadi tanda refleks kulit melembapkan kulit yang kering.

Oleh karena itu, gunakan pelembap agar kulit merasa lembap dan tidak mengeluarkan minyak.

6. Sunblock

Sunblock by spukkato Canva
Sunblock

Jika Anda ingin pergi keluar rumah, suka melakukan aktivitas di dapat komputer, atau melakukan aktivitas lapangan yang terkena matahari langsung sebaiknya gunakan sunblock.

Cream sunblock akan menangkal sinar matahari agar tidak merusak kulit. Gunakan sunblock dengan SPF yang tinggi jika Anda beraktivitas di tempat yang sangat panas karena matahari.

7. Masker

Seorang Pria dan Wanita Menggunakan Masker by AndreyPopov Canva
Seorang pria dan wanita menggunakan masker untuk perawatan kulit wajah

Selain perawatan wajah tiap hari seperti di atas, ada juga produk perawatan kulit yang biasa digunakan untuk beberapa waktu sekali yaitu Masker.

Masker merupakan produk perawatan kulit yang banyak digunakan baik menggunakan bahan-bahan alami maupun menggunakan produk buatan pabrikan.

Artikel Lainnya: 8 Tips Perawatan Wajah Usia 40 Tahun Keatas, Yuk Dicoba!

8. Lip Balm

Lip Balm by puhhha Canva
Seorang wanita menggunakan lip balm untuk merawat bibirnya

Selain kulit wajah, Anda juga harus menggunakan lip balm untuk merawat kulit bibir.

Bibir juga masih bagian dari kulit yang mana sering kali mengalami kekeringan atau menghitam karena terkena udara luar dan kurang minum. Oleh karena itu, lip balm sangat penting untuk kesehatan kulit bibir agar tetap lembap dan merah.

9. Scrub

Scrub by Artem Varnitsin Canva
Seorang pria menggunakan scrub

Anda juga harus memiliki produk scrub baik untuk wajah maupun untuk kulit badan. Namun penggunaannya jangan setiap hari karena jika setiap hari akan merusak kulit wajah Anda.

Pilih juga bulir-bulir yang lembut sehingga tidak menggesek kulit terlalu dalam dan menimbulkan iritasi yang akhirnya membuat kulit menjadi memiliki flek-flek hitam.

10. Night atau Day Cream

Night atau Day Cream by pixelshot Canva
Night atau Day Cream

Selain beberapa produk di atas, Anda juga bisa menggunakan krim malam maupun krim siang yang biasanya diberikan oleh dokter kecantikan jika Anda melakukan perawatan di klinik kecantikan.

Krim siang sebenarnya juga mengandung sunblock. Keduanya bisa mengandung obat salah satunya untuk kulit wajah berjerawat.

Cara Memilih Skincare yang Baik dan Benar

Aneka Skincare
Aneka Skincare

Setelah mengetahui daftarnya di atas maka selanjutnya akan kita bahas mengenai cara memilih produk skincare yang tepat.

Hal ini harus diperhatikan karena jika tidak, kulit tidak sehat malah rusak. Uraiannya sebagai berikut:

1. Sesuaikan dengan Kondisi Kulit

Yang pertama dan yang paling utama adalah kenali terlebih dahulu kondisi kulit Anda. Untuk kulit masyarakat Indonesia sendiri ada banyak jenisnya, misalkan kondisi kulit yang normal, kering, berminyak, kombinasi, berjerawat, dan masih banyak lagi lainnya.

Anda wajib mengenalinya sebab produk perawatan kulit tidak semuanya bisa untuk jenis kulit. Sebenarnya untuk mengenali bisa melalui pengalaman Anda sendiri.

Misalkan untuk kulit yang berminyak maka pada kulit memang terlihat basah karena minyak khususnya di bagian sekitar hidung.

Untuk kulit yang kering biasanya akan terasa kasar dan sering kali mengelupas. Sedangkan untuk kulit normal biasanya tidak memiliki berbagai masalah kulit.

Setelah mengenali maka pilihlah produk yang sesuai untuk jenis kulit Anda.

2. Pastikan Produk Skincare Tidak Menggunakan Bahan yang Berbahaya

Selain menyesuaikan dengan kondisi kulit, Anda juga harus memperhatikan komposisi dari produk skincare yang ingin Anda gunakan.

Komposisi bisa Anda lihat di bagian belakang kemasan. Lihat betul-betul apakah mereka menggunakan bahan-bahan yang aman atau yang tidak aman.

Bahan yang aman pun juga harus Anda cek kadarnya karena bisa jadi untuk beberapa bahan yang kadarnya terlalu tinggi juga berefek buruk pada kulit.

Saat ini, banyak produsen yang sudah melek dengan bahan-bahan yang digunakan, mereka berlomba-lomba menciptakan produk dengan bahan yang seaman mungkin sehingga tak sulit untuk mendapatkannya sekarang.

3. Pastikan Skincare Sudah Terdaftar di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM)

Khusus di Indonesia maka Anda harus memastikan produk perawatan kulit tersebut telah terdaftar di Badan Pengawas Obat dan Makanan atau BPOM.

Badan yang satu ini memang bertugas untuk mengawasi apakah produk aman digunakan oleh masyarakat atau tidak.

Mereka akan mengecek baik komposisi maupun cara pengolahannya sehingga produk aman digunakan setelah sampai di tangan konsumen.

Lembaga yang satu ini juga memberikan kemudahan bagi pelanggan untuk mengecek keaslian apakah sudah terdaftar di BPOM atau belum.

Kini BPOM menyediakan aplikasi yang dapat digunakan untuk melakukan scanning QR Code atau bisa juga mencari manual dengan menggunakan nama produk atau nomor BPOM produk.

Nah, itulah beberapa pembahasan mengenai skincare yang dapat digunakan untuk sehari-hari. Anda bisa menggunakan berbagai produk yang penting cocok. Baca juga: Perawatan Wajah Berminyak.

Oleh karena itu, penting sekali mengetahui jenis kulit dan juga cara memilih produk yang benar. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat bagi Anda ya.

Share:

Tinggalkan komentar