8 Tips Perawatan Wajah Usia 40 Tahun Keatas, Yuk Dicoba!

Semakin menginjak usia 40 tahun, kaum hawa memang rentan terkena kerutan di kulit. Hal ini disebabkan karena penurunan hormon.

Maka dari itu, bagi para wanita yang ingin tampil tetap keren harus melakukan perawatan wajah usia 40 tahun keatas secara rutin dan benar.

Didalam penelitian para ahli kesehatan kulit, progesterin dan estrogen menjadi hormon yang menentukan kekencangan kulit. Sedangkan semakin usia bertambah, para wanita seperti anda pasti akan mengalami penurunan hormon tersebut. Akibatnya kulit akan telihat semakin halus dan nampak kering.

Saat inilah yang memberikan kesan jika kulit para wanita akan semakin terlihat keriput. Dan segi perawatan wajah wanita diatas usia 40 tahun tentunya tidak akan sama seperti yang sudah diterapkan 10 tahun lalu.

Wajah wanita yang sudah menginjak usia 40 tahun memang membutuhkan perawatan khusus. Mengingat kondisi kulit memang sudah berbeda.

Kerentanan kulit wanita di usia inilah yang juga harus diperhatikan. Karena jika memaksa memakai serum ataupun alat kecantikan dengan bahan yang kurang cocok, pastinya kekerutan dan kekenduran kulit wajah tidak akan bisa daiatasi.

Nah, didalam menjaga dan melakukan perawatan wajah usia 40 tahun keatas yang benar, dibawah ini ada beberapa cara terbaik dan bisa Anda jalankan.

Artikel Lainnya: 8 Cara Perawatan Wajah Berminyak yang Wajib Diketahui

8 Tips Melakukan Perawatan Wajah Usia 40 Tahun Keatas

8 Tips Melakukan Perawatan Wajah Usia 40 Tahun Keatas by jcomp Freepik
Tips Melakukan Perawatan Wajah Usia 40 Tahun Keatas (Foto: jcomp/Freepik)

Banyak wanita yang mungkin harus bisa melakukan perawatan wajah usia 40 tahun keatas secara benar. Namun saat menerapkan sejumlah cara masih belum bisa maksimal hasilnya.

Tentu saja langkah yang harus dilakukan adalah memperbaiki sejumlah hal itu dengan melakukan kebiasaan setiap hari mulai sekarang. Inilah tips yang bisa para ibu-ibu lakukan.

1. Rutin Mencuci Muka

Bagi wanita yang masih melakukan aktifitas rutin seperti bekerja, pastinya selalu memakai kosmetik setiap harinya. Rutin mencuci muka merupakan salah satu cara perawatan wajah alami.

Nah, wanita di usia 40 tahun keatas yang memakai kosmetik juga harus bisa terus menjaga kulit supaya terhindar dari kotoran maupun sisa kosmetik yang masih menempel di kulit wajah.

Bisa juga setelah bangun tidur langsung menerapkan rutinitas kecantikan wajah ini. Gunakan air hangat dan sabun. Siapkan kapas pembersih dan juga pembersih wajah yang sudah sering Anda gunakan.

Untuk mendapatkan kulit wajah yang telihat lebih muda, mencuci muka yang ideal bisa dilakukan pagi ataupun malam sebelum beranjak tidur.

2. Menjaga Kelembaban

Bagi wanita yang sudah menginjak usia 40 tahun keatas, tentu saja kelembaban kulit juga harus terus dijaga. Gunakan krim malam dengan kandungan mencegah penuaan.

Pastikan juga jika krim wajah ini memang ada kandungan vitamin C, kolagen dan asam hialuronat yang selama ini memang bagus untuk menjaga kelembaban kulit tua.

3. Gunakan Body Oil

Bukan hanya memakai pelembab saja, kombinasi pemakaian body oil pada wajah juga akan menjaga kondisi kulit tetap lembab.

Bahan seperti tea tree oil, rose hip oil, argan oil dan lainnya. Bahan-bahan itulah yang saat ini bisa dipakai sebagai media penambah saat menjaga kelembaban kulit Anda.

Baca Juga: 11 Perawatan Wajah Berjerawat yang Terbukti Ampuh

4. Lindungi Dari Paparan Sinar UV

Setelah masuk usia 40 tahun biasanya wanita akan lebih mudah terserang bintik-bintik wajah. Jadi sangat dianjurkan terus memakai tabir surya saat akan keluar ruangan atau rumah untuk perawatan wajah.

Takaran yang bagus untuk tabir surya di kisaran usia ini yaitu memiliki kandungan SPF 30. Lihat saja kondisi cuaca  yang ada dikawasan rumah Anda.

Oleskan menyeluruh di bagian wajah, leher dan garis leher mengingat area ini memang sangat mudah sekali terpengaruh sinar UV. Jika memakai riasan, sebaiknya sudah ada kandungan tabir surya di kosmetik tersebut.

5. Memakai Serum

Bagi kalangan wanita, pemakaian serum memang tidak selamanya digunakan. Namun didalam menjaga kulit tetap halus dan nampak muda, serum memang bisa menjadi media perawatan wajah usia 40 tahun keatas yang tepat.

Dengan pemakaian rutin, serum yang digunakan sebelum memakai pelembab memang akan memberikan kesan wajah lebih bercahaya dan cerah dipandang.

Serum yang baik bagi kalangan wanita berusia 40 tahun keatas harus banyak kandungan vitamin dan mempunyai efek restoratif.

6. Gunakan Toner

Pemakaian toner ke wajah juga bisa menjadi salah satu alternatif untuk menenangkan kulit di usia 40 tahun keatas.

Mengingat sifat toner sendiri di bidang kecantikan adalah sebagai pembantu dalam menghaluskan, mengurangi bintik hitam, meminimalkan peradangan dan kemerahan pada kulit wajah.

Baca Juga: 10 Cara Perawatan Wajah Alami Di Rumah Yang Mudah Dicari

7. Menjalankan Pengelupasan Kulit

Untuk mengangkat sel-sel mati para wanita juga bisa melakukan pengelupasan kulit.

Dengan melakukan cara ini akan memberikan kemudahan kulit dalam memperbaruhi sel-sel kulit tersebut. Penuaan juga akan lebih mudah ditunda jika rutin menjalankan ini.

8. Makan Buah dan Sayur

Pola makan yang baik dan beristirahat cukup juga bisa membantu para wanita 40 tahun keatas didalam menjaga kesehatan kulit wajah.

Tentu saja pola makan dengan memperbanyak konsumsi air putih, buah dan sayur juga bisa dijadikan kegiatan rutin untuk membantu Anda tetap terlihat awet muda.

Baca Juga:

Itulah beberapa tips melakukan perawatan wajah usia 40 tahun keatas dan bisa Anda terapkan setiap hari. Semoga bermanfaat!

Share:

Tinggalkan komentar