8 Cara Perawatan Wajah Berminyak yang Wajib Diketahui

Setiap pria atau wanita pasti ingin mempunyai wajah glowing dan tidak memiliki wajah kusam karena wajah berminyak. Perawatan wajah berminyak perlu diperhatikan khususnya bagi anda yang memiliki jenis kulit wajah yang berminyak.

Langkah ini penting mengingat kulit wajah yang berminyak memang sangat mengganggu karena menyebabkan timbulnya banyak keluhan terutama terhadap penampilan karena mengurangi rasa percaya diri.

Untuk mengetahui kulit wajah anda termasuk dalam golongan kulit wajah yang berminyak atau tidak maka perhatikan di zona T.

Zona T ini meliputi daerah sekitar dagu, hidung dan dagu. Bila di zona ini kulit anda tampak mengkilau dan saat disentuh berminyak maka kulit wajah anda itu termasuk dalam jenis kulit wajah yang berminyak.

Kulit wajah yang mengeluarkan minyak berlebih tanpa mengenal waktu membuat wajah menjadi terlihat mengkilap. Selain itu, kulit wajah dengan minyak berlebih juga sangat rentan terhadap munculnya jerawat di area wajah.

Artikel Lainnya: 10 Cara Aman Perawatan Wajah Untuk Anak Usia 12 Tahun

Bahkan hal ini berefek lebih dari itu, kulit wajah rawan terkena infeksi atas timbulnya jerawat tersebut. Itulah mengapa wajah yang berminyak perlu perhatian lebih sekaligus perawatan wajah terbaik agar kulit wajah terjaga kesehatannya.

Faktor-faktor yang menyebabkan wajah berminyak ini adalah seperti udara yang terlalu lembab atau panas, pemakaian make up yang kurang tepat, konsumsi jenis makanan yang tidak sehat, faktor genetik dan perubahan hormon.

Perawatan Wajah Berminyak dengan Mudah dan Aman

Perawatan Wajah Berminyak dengan Mudah dan Aman cookie studio Freepik
Perawatan Wajah Berminyak dengan Mudah dan Aman (Foto: cookie_studio/Freepik)

Wajah yang berminyak ini bisa mengenai siapa saja baik yang masih remaja hingga usia dewasa oleh faktor penyebab yang telah disebutkan tadi.

Dalam merawat kecantikan wajah, cara terbaik untuk perawatan wajah berminyak ini terangkum dalam 8 cara terbaik berikut ini:

1. Rajin mencuci muka

Mencuci muka adalah perawatan kulit wajah yang paling mendasar guna membersihkan wajah dan menjaganya agar tetap bersih dari debu maupun jenis kotoran lainnya.

Khusus untuk jenis kulit yang berminyak, cucilah wajah menggunakan air hangat karena peran air hangat ini lebih baik untuk mengangkat minyak jika dibanding dengan air dalam suhu normal.

Mencucinya dengan sabun wajah juga lebih baik agar kotoran di wajah bersih maksimal. Minimal, cucilah wajah anda setidaknya dua kali dalam sehari.

2. Bersihkan wajah dengan pembersih wajah

Perawatan wajah berminyak dengan menggunakan produk pembersih wajah sebelum mencuci wajah adalah cara terbaik untuk merawat wajah yang berminyak.

Umumnya, pembersih wajah terdiri dari pembersih dan penyegar atau ada yang sekaligus paduan antara pembersih dan penyegar. Anda bisa memilihnya sesuai kebutuhan.

Dengan terlebih dulu membersihkan wajah menggunakan pembersih dan penyegar maka noda dan kotoran seperti debu atau semacamnya serta minyak berlebih yang keluar dari wajah dapat bersih secara optimal.

Artikel Lainnya: 10 Cara Perawatan Wajah Alami Di Rumah Yang Mudah Dicari

3. Memakai scrub

Disarankan bagi pemilik kulit wajah yang berminyak untuk memakai scrub paling tidak dua kali seminggu. Dengan memakai scrub, permukaan kulit wajah dibersihkan sampai ke pori-pori dan sekaligus dapat mengangkat sel-sel kulit mati di wajah.

Dalam pemakaiannya, hindari menggosok kulit wajah terlalu keras supaya tidak menimbulkan luka dan iritasi.

4. Krim wajah pilihan

Saat ini sudah banyak produk krim wajah bahkan yang memang sengaja khusus diproduksi untuk jenis wajah yang berminyak.

Pilihan perawatan wajah berminyak menggunakan krim wajah pilihan tentu sangat berpengaruh terhadap hasilnya.

Krim wajah untuk jenis wajah yang berminyak ini memiliki kandungan vitamin dan nutrisi yang dibutuhkan oleh jenis wajah berminyak sehingga baik digunakan.

5. Kertas minyak atau kertas blotting

Kertas blotting atau kertas minyak adalah rancangan khusus untuk menyerap minyak pada permukaan kulit wajah.

Saat minyak berlebih keluar dari permukaan kulit wajah, kertas minyak menyerapnya dan mengangkatnya sehingga membuat wajah tak terlalu tampak mengkilau.

Kertas minyak ini praktis dan instan sehingga cocok dibawa kemana-mana. Cara penggunaannya juga simpel cukup ditempelkan pada permukaan kulit wajah beberapa saat lalu diangkat.

Baca Juga: 11 Perawatan Wajah Berjerawat yang Terbukti Ampuh

6. Masker wajah

Menggunakan masker wajah secara rutin juga membantu merawat jenis wajah dengan minyak berlebih. Masker wajah dapat membersihkan kulit sekaligus menyerap minyak yang berlebih dari permukaan kulit wajah.

Lebih dari itu, sel-sel kulit mati akan terangkat dan kelembaban wajah juga akan tetap terjaga sehingga keluarnya minyak dari kulit wajah dapat dikontrol.

7. Es batu

Cara terbaik yang satu ini perlu anda coba karena cara ini termasuk cara yang cukup ampuh untuk mengurangi produksi minyak berlebih oleh kulit wajah. Baurkan es batu ke seluruh permukaan wajah.

Suhu yang dimilikinya adalah suhu dingin yang menyegarkan kulit wajah sehingga membantu mengecilkan pori-pori di kulit wajah untuk mengontrol minyak di wajah dan mencegah munculnya komedo maupun jerawat.

8. Jangan sembarangan pakai make up

Make up sembarangan yang tidak tepat seringkali berdampak pada kulit wajah. Itu sebabnya memilih make up yang tepat sesuai dengan kulit wajah sangat diperlukan.

Ada sejumlah make up yan dibuat khusus untuk perawatan wajah berminyak sehingga lebih cocok digunakan. Lakukan langkah-langkah bermake up yang benar dan upayakan untuk menggunakan make up yang ringan dan tidak terlalu tebal.

Baca Juga:

Cara-cara terbaik untuk perawatan wajah berminyak yang telah dirangkum diatas akan sangat membantu ada menemukan solusi perawatan jenis wajah dengan kadar minyak berlebih. Cara-cara ini sekaligus menjadi solusi ditengah kebuntuan mencari jalan keluarnya.

Share:

Tinggalkan komentar