5 Makanan Kucing Kampung Masih Kecil

Kucing kampung merupakan hewan yang banyak dipelihara oleh manusia. Sifatnya sungguh lucu, manja dan juga penuh rasa penasaran sehingga membuat pemiliknya sangat menyayanginya.

Dalam memeliharanya, perlu tahu apa saja makanan kucing kampung masih kecil dan tidak sembarangan. Makanan kucing yang benar akan membuat kucing kampung baru lahir menjadi sehat hingga dewasa.

Makanan Kucing Kampung Masih Kecil atau Baru Lahir

Bagi Anda yang memelihara kucing kampung, jangan menganggap bahwa jika kewajiban memberi makanan kepada mereka dapat disepelekan.

Pasalnya ada beberapa jenis pakan cukup berbahaya apabila diberikan. Terutama jika masih berusia anak-anak sehingga harus ekstra hati-hati. Berikut ini rekomendasi makanan kucing kampung masih kecil yang terbaik, yaitu:

1. Daging

Daging
Daging untuk Makanan Kucing Kampung Masih Kecil

Makanan kucing kampung masih kecil yang bisa Anda berikan yakni daging. Mengingat jika mereka merupakan hewan karnivora, maka harus mendapatkan protein cukup untuk mendapatkan kondisi jantung kuat.

Dengan begitu, sistem penglihatan kucing menjadi kuat serta reproduksi sehat agar senantiasa memperoleh kesehatan.

Anda bisa memberikan makanan daging kepada kucing kampung berupa daging ayam, daging sapi, daging kalkun atau daging deli tanpa lemak.

Jangan pernah menawarkannya dalam kondisi busuk pada mereka karena berbahaya bagi kesehatannya. Usahakan untuk memasak daging terlebih dahulu.

Artikel Lainnya: 9 Tips Memilih Makanan Kucing Terbaik dan Bergizi

2. Gandum

Gandum
Gandum

Selama proses pertumbuhannya, anak kucing tentu memerlukan protein tinggi untuk menjaga kesehatan sekaligus mempercepat perkembangannya.

Salah satu jenis makanan dengan kandungan tersebut yakni gandum dimana mengandung kalori banyak serta mudah diolah sebagai pakan hewan.

Tepung jagung yang sudah digiling kasar mempunyai tekstur cukup baik untuk Anda berikan pada anak kucing, terutama jika mereka juga menyukai tekstur dan rasa jagung

Tidak hanya jagung, beberapa pilihan menu pakan lainnya yakni berupa nasi merah hingga barley dengan ditumbuk terlebih dahulu.

3. Ikan

Kucing baru lahir makan ikan
Ilustrasi Ikan untuk Warga

Ikan menjadi makanan paling favorit bagi kucing dalam jenis apapun. Pasalnya di dalamnya terkandung asam lemak omega 3 yang mampu membantu penglihatan mereka tetap tajam untuk berburu.

Selain itu, ikan memiliki bau amis sehingga meningkatkan daya nafsu anak kucing baru lahir ketika hendak memakannya

Ikan juga dipercaya mampu mengatasi penyakit ginjal, radang sendi serta gangguan jantung dari kucing peliharaan Anda.

Berikan saja dalam bentuk makanan kaleng atau merebusnya terlebih dahulu. Pastikan juga telah membuang duri dan tulang-tulangnya sehingga tidak membuatnya tersedak dan terluka.

Baca Juga: Makanan Kucing Anggora dan Cara Perawatannya

4. Telur

Telur
Telur

Telur sendiri merupakan makanan anak kucing kampung lain yang juga bisa Anda berikan. Jenis pakan ini mengandung protein cukup tinggi sehingga dibutuhkan bagi mereka.

Berikan saja dalam bentuk telur rebus sehingga kucing peliharaan akan terasa lebih mudah saat memakannya.

Perlu diingat, jangan pernah memberikan telur dalam keadaan masih mentah atau bahkan belum dicuci kepada kucing.

Hal ini dikarenakan ketika makanan tidak dimasak masih mengandung bakteri E.coli hingga Salmonella. Keduanya akan menyebabkan keracunan makanan termasuk juga pada hewan.

5. Keju

Keju
Keju untuk Makanan Kucing Kampung Baru Lahir

Makanan kucing kampung masih kecil yang berprotein tinggi, salah satunya keju. Camilan ini baik diberikan kepada anak kucing. Berikan saja sesekali sebagai selingan setelah memakan ikan atau daging agar tidak bosan pada makanan utamanya.

Protein keju memang tidak selengkap seperti susu, daging dan telur namun tak ada salahnya jika Anda memberikan camilan bernutrisi tinggi kepada hewan peliharaan seperti kucing.

Namun demikian, ada juga diantara mereka kurang menyukai jenis makanan ini sehingga dapat dicoba terlebih dahulu.

Baca Juga:

Kelima makanan kucing kampung masih kecil di atas dapat Anda jadikan sebagai referensi ketika hendak memberikan mereka makanan bergizi sesuai usia perkembangannya. Baca Juga: 7 Makanan Kucing untuk Bulu Rontok

Selain makanan kucing diatas, Anda juga bisa membeli makanan kucing baru lahir di pet shop. Harga makanan kucing murah atau mahal adalah pilihan Anda untuk membuat kucing semakin lincah dan cepat

Jangan lupa untuk selalu memperhatikan asupan yang di makan kucing kampung masih kecil demi badan yang sehat tanpa rawan terserang oleh penyakit.

Share:

Tinggalkan komentar