Whatsapp Bisnis, Jenis dan Contohnya

Whatsapp bisnis adalah salah satu aplikasi dari WhatsApp sendiri yang khusus digunakan untuk berbisnis.

Aplikasi Whatsapp yang satu ini sangat bagus digunakan untuk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) bahkan bisnis yang sudah besar. Aplikasi ini sangat penting dan berkaitan dengan kelangsungan bisnis Anda untuk promosi atau memberi informasi.

Whatsapp Bisnis untuk Manajemen Bisnis yang Baik dan Benar

Seperti yang telah dikatakan di atas bahwa penggunaan WhatsApp bisnis ini sangat berkaitan dengan manajemen di bidang bisnis. Bagaimana bisa dan apa hubungannya? Ini dia penjelasan lebih lanjutnya:

1. Mengenal Whatsapp Bisnis

Perbedaan Whatsapp Bisnis dan Biasa
Ilustrasi Whatsapp Bisnis

Hal pertama yang harus diketahui terlebih dahulu adalah Whatsapp bisnis itu sendiri. Whatsapp untuk bisnis adalah besutan inovasi dari Whatsapp yang berada di bawah naungan Facebook.

Lihat saja bahwa kebanyakan pengguna internet berjualan di Facebook atau Instagram kemudian meminta untuk chat atau berkomunikasi lebih lanjut di WhatsApp.

Facebook sangat memahami kebutuhan akan WhatsApp bisnis ini sehingga bisa mempermudah penggunaannya. Whatsapp bisnis ini bisa jadi solusi yang tepat untuk Anda yang ingin melayani konsumen dengan lebih baik.

Artikel Lainnya: 7 Ide Bisnis Online untuk Pelajar yang Menguntungkan

2. Mengenal tentang Manajemen Bisnis

Setelah mengenal tentang WhatsApp untuk bisnis, selanjutnya kita akan membahas tentang manajemen bisnis itu sendiri.

Manajemen bisnis adalah segala sesuatu yang digunakan dengan cara berpikir, merencanakan, hingga mengambil tindakan yang berkaitan pada keselamatan bisnis.

Manajemen bisnis ini tentunya bertujuan untuk melakukan pencapaian suatu target bisnis. Dengan adanya manajemen bisnis maka semuanya dapat berjalan dengan lancar serta memuaskan.

Manajemen bisnis sangat penting karena dengan cara ini, Anda bisa menentukan rencana yang tepat sekaligus bagaimana prospek ke depannya lagi. Jadi, bisnis tak sembarangan dijalankan apalagi sampai berhenti di tengah jalan.

3. Jenis Manajemen Bisnis

Manajemen Bisnis
Ilustrasi Jenis Manajemen Bisnis

Berikutnya, kita akan membahas tentang beberapa jenis manajemen bisnis yang perlu diketahui. Ya, manajemen bisnis ini ada beberapa jenis antara lain yaitu sebagai berikut:

a. Manajemen Sumber Daya Manusia

Yang pertama adalah manajemen sumber daya manusia atau biasa disebut dengan SDM. Dalam perusahaan yang cukup besar tak mungkin bisa Anda lakukan sendiri bukan?

Oleh karena itu Anda memerlukan HRD untuk melakukan manajemen tenaga kerja. Selain itu mereka juga akan mengatur jadwal masuk, gaji, dan lain sebagainya.

b. Manajemen Keuangan

Berikutnya, ada juga manajemen keuangan yang tugasnya adalah untuk melakukan kegiatan akuntansi. Ya, mereka harus bisa membuat nilai pendapatan sama dengan nilai pengeluaran sehingga bisa pas.

Untuk menjadi anggota di bidang manajemen keuangan ini tentunya adalah mereka yang berlatar belakang ekonomi di bidang keuangan.

c. Manajemen Pemasaran

Pemasaran adalah salah satu hal yang paling utama dalam bisnis sehingga diperlukan tenaga marketing untuk menyelesaikan semuanya.

d. Manajemen Layanan Konsumen

Berikutnya adalah manajemen layanan konsumen di mana dengan cara ini mereka merasa diperhatikan. Namun, cara ini nyatanya efektif meningkatkan pembelian dan keuntungan Anda pun makin berlipat ganda. Kesuksesan pun ada di depan mata.

Baca Juga: 9 Peluang Usaha di Desa dan Tips Bisnisnya

4. Contoh Manajemen Bisnis

Contoh Manajemen Bisnis
Contoh Manajemen Bisnis

Lalu, bagaimana contoh dari manajemen bisnis itu? Tentunya ada banyak. Manajemen bisnis harus dilakukan sejak awal sebelum perusahaan bisnis Anda didirikan. Artinya Anda harus merencanakan berbagai hal dan memikirkan dalam jangka panjang.

Ya, sebelum memulai bisnis harus ditentukan terlebih dahulu akan seperti apa bisnis ini akan berjalan nantinya.

Selain itu, Anda juga harus menentukan bagaimana modalnya, siapa target pasarnya, bagaimana produksinya, bagaimana Sumber Daya Manusia (SDM), dan lain sebagainya.

Tak hanya sampai di situ saja, manajemen bisnis harus dilakukan secara kontinu agar menghasilkan apa yang diinginkan. Manajemen harus dilakukan pembaharuan setelah dilakukan evaluasi pelaksanaannya.

Setelah pembaharuan maka perusahaan bisnis Anda bisa berjalan dengan mudah dan juga lebih maksimal. Keuntungan yang akan didapatkan pun makin besar dan Anda akan lebih sukses.

5. Kaitan Whatsapp Bisnis dengan Manajemen Bisnis

Kaitan Whatsapp Bisnis dengan Manajemen Bisnis
Kaitan Whatsapp Bisnis dengan Manajemen Bisnis

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya apabila WhatsApp untuk bisnis ini sangat berkaitan dengan manajemen.

Salah satunya adalah jenis pelayanan konsumen dalam melayani pelanggan. Cara yang satu ini sangat penting, sebab kepuasan konsumenlah yang nomor satu.

Bahkan, di dunia bisnis pelanggan adalah raja sehingga kita tak boleh semena-mena dengan mereka. Dengan cara ini pun akun WhatsApp Anda akan terlihat profesional dan pastinya akan menarik hati.

Pelanggan akan lebih percaya dengan akun Whatsapp yang memiliki informasi yang lengkap mengenai bisnisnya. Dengan ini maka Anda turut andil dalam melakukan manajemen bisnis yang baik sebab bisa mempertahankan pelanggan agar tetap setia.

Baca Juga:

Dengan penjelasan di atas, diharapkan Anda bisa menggunakan WhatsApp bisnis dengan tepat untuk mendapatkan manajemen yang baik.

Jika sampai di sini Anda sudah paham berarti pasti sudah tahu mengenai apa yang harus dilakukan. Sebelum menggunakan Whatsapp bisnis, ketahui dulu cara bisnis online. Semoga, informasi di atas bisa bermanfaat.

Share:

Tinggalkan komentar