9 Peluang Usaha di Desa dan Tips Bisnisnya

Ketersediaan lapangan kerja yang sangat terbatas dan semakin bertambahnya jumlah penduduk di kota, membuat masyarakat terkadang memilih menetap di desa.

Hal tersebut memerlukan pemikiran yang besar, sebab desa memiliki potensi yang besar dan menarik untuk digeluti.

Memang, tidak sedikit dari orang desa yang berfikir bahwa bertempat tinggal di kota bakal menjanjikan terdapat banyak peluang usaha.

Namun pada dasarnya tidak demikian, sebab terdapat sangat banyak sekali peluang usaha di desa yang menjanjikan dan menguntungkan. Dapat dibuktikan dengan banyaknya kabar dari para pebisnis desa yang sukses menekuni usahanya di desa.

Selain itu, masih banyak juga pendapat yang mengatakan bahwa kota memiliki peluang lebih baik dari desa. Hal tersebut tidak benar adanya.

Namun jika peluang di kota adalah mendapatkan karir dalam perusahaan, itu benar adanya. Sebab, perusahaan besar dengan gaji yang besar memang berada di pusat kota seperti di DKI Jakarta atau kota lain dengan UMP (Upah Mininum Provinsi) tinggi.

Akan tetapi, bukan berarti di desa tidak mempunyai kesempatan meraih kesuksesan. Malah di desa mempunyai peluang untuk buka usaha sendiri dan mengembangkan diri.

Artikel Lainnya: 7 Ide Bisnis Online untuk Pelajar yang Menguntungkan

9 Rekomendasi Peluang Usaha di Desa

1. Bisnis pulsa

Pria Bisnis pulsa
Seorang Pria Berbisnis Pulsa di Desa

Menjalani bisnis pulsa menjadi salah satu peluang usaha di desa. Hal ini dikarenakan menjadi agen pulsa hanya memerlukan modal kecil dan mempunyai keuntungan yang besar.

Selain itu, Anda juga tidak akan kesulitan dalam mencari konsumen pulsa. Sebab, teknologi saat ini sudah masuk ke dalam desa.

Kemudian yang menarik dari bisnis tersebut adalah pasar pulsa sangatlah luas. Bahkan mencakup semua kelas ekonomi, dari yang bawah hingga atas pasti membutuhkan pulsa untuk berkomunikasi atau mengisi paket data internet.

Maka dari itu, usaha bisnis pulsa tidak hanya menjanjikan di dalam kota saja. Melainkan juga sangat menguntungkan di daerah pedesaan karena semua lapisan masyarakat pasti membutuhkan pulsa.

2. Jual token listrik

Bisnis Jual token listrik
Peluang Usaha di Desa dengan Menjual Token Listrik

Saat ini, masyarakat Indonesia secara bertahap mulai beralih dari sistem listrik pasca bayar menjadi listrik prabayar. Artinya, sudah banyak masyarakat desa yang menggunakan token listrik.

Hal ini juga mulai digandrungi oleh masyarakat di pedesaan. Sehingga, bisnis pada penjualan token listrik menjadi sebuah bisnis yang menjanjikan di desa.

Kemudian, dalam menjadi penjual token listrik atau reseller tokon listrik memang tidak ada pesyaratan khusus. Sebab, tugas Anda hanya mencari distributor token listrik PLN.

Bahkan bisnis jual token listrik ini sangat minim akan kerugian. Hal ini dikarenakan Anda menjual kebutuhan utama masyarakat untuk beraktivitas sehari-hari.

3. Usaha galon

Peluang Usaha galon di desa
Peluang Usaha Galon

Selama ini memang sangat beraneka ragam jenis peluang bisnis di desa dan juga mulai terus berkembang. Salah satu usaha yang patut Anda coba adalah usaha isi ulang galon.

Bisnis ini disebut sebagai peluang usaha yang menguntungkan dan menjanjikan. Sebab, Anda menjual mata air dari kualitas tanah yang bagus untuk dikonsumsi. Selain itu, sejumlah kantor desa atau warung di desa pasti membutuhkan air minum bersih.

Bahkan semakin meningkatnya penggunaan dispenser listrik di rumah, menjadikan penggunaan air minum dari galon juga semakin bertambah. Sehingga, isi ulang air galon menjadi sebuah peluang usaha di desa dan mempunyai prospek yang bagus.

Artikel lainnya: 5 Cara Bermain Saham Online bagi Pemula, Aman dan Untung

4. Usaha bidang hidroponik

Usaha bidang hidroponik
Usaha bidang hidroponik

Selama ini kita tahu bahwa masyarakat perkotaan kekurangan lahan untuk menaman. Sehingga mereka memanfaatkan pekarangan rumah untuk melakukan cocok tanam namun dengan sistem yang berbeda, yakni hidroponik.

Maka dari itu, jangan sampai ketinggalan dengan masyarakat kota. Sebab, hasil pertanian hidrponik sangat disukai oleh banyak orang. Hal ini dikarenakan sayuran hidroponik sangat higienis.

Selain itu,bercocok tanam dengan sistem hidrponik juga lebih murah dan praktis. Hal ini akan membuat kita lebih mudah mengetahui caranya. Dengan penggunaan lahan yang lebih luas di desa, bisa menjadikan bisnis sayuran dengan sistem hidroponik akan menjadi lebih efektif.

5. Ternak ayam kampung menggunakan 3 sistem

Usaha Bisnis Ternak ayam kampung
Ternak ayam kampung

Kebutuhan daging ayam kampung di masyarakat Indonesia sejak tahun 2015 hingga 2021 terus mengalami peningkatan. Kemudian dengan peternak ayam kampung hanya bisa mencukupi kebutuhan pasar sebesar 25% hingga 30 % saja.

Sehingga, bisa disimpulkan bahwa menjalankan bisnis ternak ayam kampung menjadi sebuah peluang usaha di desa yang menjanjikan dengan modal yang kecil. Maka dari itu, Anda perlu mencoba melakukan bisnis tersebut.

Baca Juga: Peluang Usaha Ternak yang Menjanjikan di Tahun 2021

Namun sebelum terjun, ada beberapa metode yang harus Anda pahami. Diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Pertama : Metode Umbaran

Metode ini dinilai sangat populer di masyarakat pedesaan. Sebab, ayam tidak memerlukan perawatan khusus dan sudah sangat cocok apabila dijalankan di pedesaan.

Metode ini sering disebut dengan metode tradisional, yakni dengan membiarkan ayam mencari makanan sendiri. Sedangkan dengan Anda, hanya perlu menyiapkan kandang untuk ayam tersebut berteduh atau tidur.

Biasanya, menjalani bisnis ayam dengan metode umbaran ini hanya dilakukan dalam skala kecil.

Namun, Anda bisa menggunakan sistem ini apabila lahan yang Anda miliki sangat luas. Sehingga, ayam peliharaan tidak akan mengganggu, terutama tetangga Anda.

  • Kedua : Metode Semi Intensif

Metode yang kedua ini adalah metode semi insentif, yakni membuat kandang yang luas dengan maksud agar ayam tidak lepas ke mana saja. Misalnya, lahan hanya dipagari dengan pagar tententu seperti jaring ikan atau bambu.

Dengan menggunakan metode ini, pasti Anda akan lebih mudah mengontrol ayam-ayam peliharaan Anda. Mulai dari makanan, kesehatan, hingga pertumbuhan ayam itu sendiri.

  • Ketiga : Metode Intensif

Yang ketiga adalah metode intensif, yakni membuat kandang dan ayam di lepas ke mana-mana. Memang, cara ini membutuhkan modal yang tidak sedikit.

Bahkan pada pembuatan kandang ayam dan pakan ayam, pengeluarnnya juga cukup banyak. Selain itu, metode ini mempunyai beberapa kelebihan dan kekurangan. Sehingga, diperlukan pengetahuan yang luas dalam hal ini.

6. Membuka BimBel (Bimbingan Belajar)

Usaha di kampung Membuka Bimbingan Belajar
Seorang Wanita Membuka BimBel (Bimbingan Belajar) di Desa

Kesadaran pendidikan di pedesaan semakin tinggi. Sehingga membuat peluang usaha bimbil juga disebut sangat menjanjikan. Sebab, bimbel sendiri belum cukup populer di pedesaan.

Bahkan, bimbel di sini bisa dibuka dengan apapun pendidikannya. Jika Anda menguasai komputer, anda bisa mencoba membuka bimbel komputer.

Anda hanya menyediakan peralatan komputer dan mengajarkannya sesuai dengan perkembangan zaman.

Selain komputer, sebenarnya masih banyak jenis bimbel yang lain, seperti Matematika, Bahasa Inggris, dan mata pelajaran lainnya untuk TK/Paud, SD, SMP, SMA, ataupun SMK. Sehingga, bisnis bimbel merupakan peluang usaha di desa yang sangat besar.

7. Jasa Pangkas Rambut

Jasa Pangkas Rambut
Seorang Anak Memakai Jasa Pangkas Rambut di Desa

Jasa pangkas rambut adalah peluang usaha di desa yang memiliki potensi yang baik untuk kedepannya. Warga desa tidak perlu lagi jauh-jauh ke daerah kecamatan atau kota kabupaten hanya untuk mencari pangkas rambut atau barber shop.

Kemampuan pangkas rambut juga bisa menjadi peluang usaha bagi para mahasiswa atau sarjana muda sebelum pulang ke desa.

Mahasiswa dapat mempelajari cara memotong rambut dengan mengikuti pelatihan cukur rambut dengan harga yang terjangkau.

Bisnis pangkas rambut di pedesaan dapat dilakukan secara fleksibel. Anda bisa memiliki tempat usaha untuk potong rambut atau Anda mendatangi pelanggan yang ingin pangkas rambut setelah dihubungi olehnya.

Baca Juga: 7 Orang Terkaya di Dunia, Bidang Teknologi

8. Jualan Kue Tradisional

Onde Onde Jualan Kue Tradisional
Onde-onde

Pada setiap desa memiliki makanan kue khas tersendiri dengan cita rasa yang berbeda-beda. Oleh karena itu, berjualan kue tradisional adalah salah satu usaha di desa yang menguntungkan dengan permintaan yang banyak.

Semakin berkembangnya teknologi, kemasan kue tradisional dapat dibuat menjadi lebih menarik dan higienis, sehingga memiliki nilai jual yang mahal.

Kue tradisional di desa biasanya menjadi jajanan para wisatawan untuk dibawa pulang ke rumahnya atau sebagai oleh-oleh.

Usaha ini dapat di lakukan tanpa modal atau hanya dengan modal yang kecil karena bahan baku pembuatan kue biasanya sudah tersedia di lahan pertanian di desa.

9. Usaha Sewa Alat Pertanian

Usaha Sewa Alat Pertanian Membajak Sawah
Seorang Pria Membajak Sawah di Kampung

Jika Anda memiliki modal yang cukup dan banyak, tidak ada salahnya untuk membuka usaha sewa alat-alat pertanian.

Bisnis sewa alat pertanian adalah salah satu jenis usaha yang tepat sasaran di kampung karena punya target pasar yang sangat jelas, yaitu petani.

Jasa sewa alat pertanian akan cukup laris saat memasuki musim panen atau menanam karena para petani butuh alat untuk membajak sawah atau memanen.

Baca Juga: 7 Rahasia Elon Musk untuk Kesuksesan Bisnisnya

Beberapa Tips Membuka Peluang Usaha di Desa

Tips Membuka Peluang Usaha di Desa
Tips Membuka Peluang Usaha di Desa

1. Survey peluang

Sebelum terjun, alangkah baiknya Anda melakukan analisis peluang usaha untuk mencermati keadaan sekitar. Seperti kebutuhan apa saja di sekitar lokasi Anda, apakah peluang usaha tersebut masih mempunyai peluang besar dan menjanjikan.

Dalam mengatisipasi hal ini, Anda harus melakukan survey. Mulai dari terjun ke lapangan hingga bertanya kepada orang tua, kerabat, tetangga atau teman.

2. Minat atau bakat

Usaha yang selaras dengan minat atau bakat Anda, bakal memberikan dampak yang positif.  Sebab ketika menjalankan bisnis tersebut, Anda akan menjalankannya dengan sangat serius.

Maka dari itu, anda perlu mencari tahu terlebih dahulu minat dan bakat yang Anda miliki sebelum berbisnis di desa.

3. Amati tiru dan modifikasi (ATM)

Apabila Anda ingin meraih keuntungan yang besar, maka Anda harus terus belajar dari orang yang sudah pengalaman. Dalam artian, Anda harus belajar pada orang yang memang ahli pada bidang tersebut.

Jangan hanya belajar dari orang yang hanya pintar dalam teori. Setelah itu, Anda modifikasi ilmu tersebut supaya menjadi lebih baik lagi. Cara ini kerap disebut dengan ATM (Amati, Tiru, dan Modifikasi).

Baca Juga:

Semoga rekomendasi peluang usaha di desa dan tips membuka bisnis di desa dapat menjadi tambahan ilmu sebelum memulai bisnis. Jangan hanya teori terus yang dipelajari, lebih baiknya perbanyak praktek dalam bisnis. Semoga sukses ya!

Share:

Tinggalkan komentar