13 Camilan Rendah Kalori untuk Diet Sukses

Punya masalah berat badan berlebih dan ingin menurunkan berat badan tapi galau karena tidak kuat menahan rasa lapar?

Tak perlu galau ya, pasalnya kini banyak sekali informasi seputar camilan rendah kalori untuk diet agar sukses atau berhasil yang baik dikonsumsi. Camilan rendah kalori demi mendukung kelancaran program pengaturan pola makan sehat.

13 Rekomendasi Camilan Sehat Rendah Kalori

Selama ini banyak orang yang menjalani program penurunan berat badan merasa tersiksa dan bosan dengan menu makanan terbatas.

Padahal meskipun sedang diet, masih banyak berbagai jenis camilan sehat rendah kalori yang baik untuk dikonsumsi, diantaranya seperti:

1. Kacang Almond

Kacang Almond
Kacang Almond Merupakan Camilan Rendah Kalori

Bingung cari camilan rendah kalori untuk pengganti sarapan pagi? Almond bisa jadi pilihan tepat.

Perlu diketahui dalam 42 gram kacang mengandung 259 kalori. Dengan mengkonsumsi makanan ringan tersebut dapat memberikan efek kenyang lebih lama dibandingkan cemilan lainnya.

Selain rendah kalori, camilan satu ini juga mengandung banyak mineral serta nutrisi lain yang tidak terdapat pada makanan lain seperti protein, serat serta lemak sehat.

Karena keunggulannya, bahkan kacang Almond dijuluki sebagai superfood dan sangat cocok untuk mendukung program diet.

Artikel Lainnya: 3 Resep Mie Ayam yang Enak

2. Pisang Selai Kacang

Pisang Selai Kacang
Pisang Selai Kacang

Tahukah Anda jika mengkonsumsi selai kacang yang dikombinasikan dengan pisang sangat bagus dan mendukung program penurunan berat badan?

Faktanya cemilan satu ini selain memiliki cita rasa lezat juga terbukti efektif untuk diet. Seperti diketahui bahwa pisang merupakan buah kaya akan serat.

Jika dikombinasikan dengan selai kacang yang memiliki kandungan protein maka dapat menimbulkan efek kenyang lebih lama. Selain sehat, makanan ini juga rendah kalori.

3. Telur Rebus

Telur Rebus
Telur Rebus

Bingung cari menu makanan untuk mendukung program diet?

Telur rebus bisa masuk dalam daftar camilan sehat yang terbukti efektif menurunkan berat badan. Pasalnya dalam satu butir mengandung 78 kalori saja.

Tidak hanya rendah kalori dan karbohidrat, telur rebus juga mengandung nutrisi lainnya seperti selenium, lemah sehat, protein, fosfor, vitamin A dan B12.

Bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan, cemilan rendah kalori yang satu ini bisa jadi rekomendasi tepat.

4. Yogurt Greek

Yogurt Greek
Yogurt Greek

Selain beberapa cemilan di atas, yogurt juga bisa masuk dalam daftar menu camilan untuk mendukung program diet. Selain menyehatkan, makanan probiotik ini juga rendah lemak, kalium, kalsium serta magnesium.

Namun perlu diketahui bahwa tidak semua yogurt rendah kalori dan lemak. Jadi khusus untuk program diet pilihlah jenis greek.

Jika bosan dengan rasanya, Anda bisa mengkonsumsi makanan probiotik ini bersama camilan lainnya seperti salad.

5. Oatmeal

Oatmeal Merupakan Camilan Rendah Kalori untuk Diet
Oatmeal Merupakan Camilan Rendah Kalori untuk Diet

Ingin menurunkan berat badan dengan cepat?

Mengkonsumsi oatmeal bisa jadi salah satu pilihan tepat untuk mendukung program diet. Pasalnya, makanan yang terbuat dari biji gandum tersebut kaya akan nutrisi dan rendah lemak serta kalori.

Oatmeal sangat cocok buat dijadikan sebagai makanan utama pengganti nasi dan bisa dikonsumsi bersama sayur maupun buah-buahan.

Selain efektif untuk menurunkan berat badan, faktanya camilan rendah kalori ini juga memiliki manfaat kesehatan lainnya seperti mencegah kanker usus.

Artikel Lainnya: Resep Bubur Manado yang Sederhana, Enak dan Legit

6. Salad Ayam

Salad Ayam
Salad Ayam

Salah satu jenis camilan rendah kalori untuk diet yang banyak direkomendasikan adalah salad ayam. Meskipun masuk dalam kategori makanan berat, namun sangat ideal untuk menurunkan berat badan.

Pasalnya, selain rendah lemak dan kalori. Menu makanan ini juga mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Seperti yang kita diketahui, bahan pembuatan salad terdiri dari sayuran berserat sehingga memberikan efek kenyang lebih lama. Selain itu juga kaya akan air, mineral dan vitamin. 

7. Crackers Tuna

Crackers Tuna
Crackers Tuna

Jika Anda tidak suka oatmeal atau yogurt, alternatif cemilan rendah kalori lain yang bagus dikonsumsi untuk mendukung program diet adalah crackers tuna. Selain mudah didapatkan, kandungan gizi dan nutrisinya sangat tinggi.

Sekarang ini banyak sekali cracker gandum rendah lemak dan kalori yang banyak dijual dipasaran.

Agar tubuh tetap mendapatkan nutrisi selama diet, Anda dapat menambahkan tuna di atasnya. Selain menambah rasa lezat, daging ikan tersebut bisa menjadi sumber protein dan omega-3.

8. Pancake Buah

Pancake Buah
Pancake Buah

Takut gemuk karena mengkonsumsi makanan manis-manis. Kini tidak perlu galau, pasalnya meskipun dalam program diet, Anda tetap dapat menikmati cemilan lezat namun tetap sehat seperti pancake buah.

Namun pancake yang satu ini berbeda dengan biasanya.

Anda harus mengganti bahan utama yakni terigu dengan tepung gandum, almond, quinoa maupun pisang. Sedangkan untuk bagian topingnya gunakan buah-buahan segar atau biji-bijian. 

9. Dark Chocolate

Dark Chocolate
Dark Chocolate

Kabar gembira bagi pecinta makanan manis yang sedang menjalani program diet. Anda tetap dapat mengkonsumsi coklat jenis dark chocolate sebagai cemilan tanpa perlu takut berat badan naik.

Pasalnya, dark chocolate mempunyai kadar cokelat hampir lebih dari 70 persen, selain itu tidak mengandung pemanis buatan, kadar gula serta susu. B

Bukan hanya itu saja, cemilan rendah kalori ini juga kaya akan nutrisi nabati yang dapat menurunkan lemak jadi bagus untuk mendukung program diet.

Artikel Lainnya: 3 Resep Soto Banjar Asli, Komplit dan Pendampingnya

10. Nanas

Nanas
Nanas

Buah nanas merupakan camilan sehat yang kaya nutrisi dan mengandung vitamin C, niasin, tiamin, karoten, dan vitamin lainnya yang dibutuhkan oleh tubuh.

Elemen jejak pada nanas sepertii kalsium, magnesium dan zat besi mudah diserap oleh tubuh manusia.

Protease yang ada dalam sari buah, batang dan kulit buah nanas dapat bantu pencernaan protein dan membantu penguraian daging dan ikan. Nanas cocok dikonsumsi setelah makan besar.

11. Pepaya

Pepaya
sirichai_asawalapsakul

Pepaya mengandug enzin yang membantu untuk mencerna protein dan penyerapan makanan pada tubuh. Pepain pada buah pepaya bisa memecah lemak menjadi asam lemak.

Pepaya bermanfaat untuk memperkuat limpa, menghilangkan makanan, menyembuhkan edema, memperbaiki persendian, dan mengatasi beri-beri.

12. Tomat

Tomat
Tomat

Tomat merupakan camilan sehat yang mengandung vitamin A, baik untuk penglihatan dan perbaikan kulit saat berjemur.

Konsumsi tomat tanppa menaburkan gula pada tomat yang dingin karena rasa manisnya dapat berpengaruh pada nafsu makan.

Pasien diabetes, obesitas, dan hipertensi tidak diperbolehkan makan tomat yang diberi pemanis gula, biasa disebut “Snowman Flame Mountain“.

13. Mentimun

Mentimun
Mentimun

Camilan rendah kalori berikutnya adalah mentimun. Mentimun merupakan camilan yang mengandung vitamin C, vitamin B, dan trace mineral. Nutrisi pada mentimun cukup banyak dan segar bila dimakan mentah.

Kulit mentimun banyak mengandung nutrisi dan lebih baik dimakan saat mentah. Namun, sebaiknya mentimun direndam di dalam air garam terlebih dahulu selama 15 – 25 menit sebelum di konsumsi untuk mencegah bahaya residu pestisida pada tubuh.

Baca Juga: Resep Fried Chicken, Resep Roti Bakar, dan Resep Bubur Ayam

Demikianlah ulasan singkat seputar cemilan rendah kalori untuk diet. Semoga informasi diatas bisa menambah pengetahuan dan menjadi sumber referensi ketika memilih menu sehat yang efektif mendukung program penurunan berat badan.

Share:

Tinggalkan komentar