7+ Cara Membersihkan Wajah yang Baik dan Benar

Wajah yang bersih dan sehat merupakan idaman setiap orang, karena bisa membuat kepercayaan diri meningkat. Untuk mendapatkannya, langkah awal yang harus dilakukan adalah dengan membersihkan wajah secara baik dan benar.

Jika dilakukan dengan tepat, mencuci muka bisa mengangkat seluruh kotoran yang menempel pada wajah secara sempurna.

Sehingga masalah pada kulit bisa diminimalisir. Lalu bagaimana cara mencuci wajah yang disarankan? Simak jawabannya dalam ulasan berikut ini!

Cara Membersihkan Wajah Pria atau Wanita yang Disarankan

Meskipun terkesan sepele, namun mencuci muka tidak boleh dilakukan secara sembarangan.

Jika sembarangan bisa menyebabkan berbagai masalah kulit pada wajah. Ikuti 7+ cara membersihkan wajah di bawah ini agar kulit lebih sehat dan bersih!

Artikel Lainnya: 10 Rekomendasi Skincare Terbaik untuk Perawatan Wajah

1. Gunakan Sabun yang Sesuai Dengan Jenis Kulit

Cuci Muka dengan Sabun yang Sesuai Dengan Jenis Kulit
Seorang Wanita Membersihkan Wajah dengan Sabun yang Sesuai Dengan Jenis Kulit

Langkah pertama yang harus kamu lakukan sebelum mencuci muka adalah mencari tahu jenis kulit. Pasalnya setiap produk sabun pencuci muka diformulasikan secara khusus untuk masalah kulit yang berbeda.

Contohnya, untuk kulit kering cenderung sensitif sabun wajah yang direkomendasikan adalah yang mengandung aloe vera, vitamin E, dan hyaluronic acid.

Jika mencuci muka dengan produk yang tidak sesuai tentu akan membuat kulitmu bermasalah.

Contohnya, jika kamu memiliki tipe kulit kering namun menggunakan sabun untuk wajah berminyak. Tentu saja kulitmu akan semakin kering, keriput, dan mengelupas karena sabun tersebut akan mengangkat minyak alami dari kelembapan kulit.

2. Double Cleansing

Membersihkan Wajah dengan Double Cleansing
Membersihkan Wajah dengan Double Cleansing

Siapa bilang dengan mencuci muka kotoran akan terangkat dengan sempurna?

Memang benar mencuci muka bisa membersihkan kulit, tetapi hanya pada bagian permukaannya saja. Sedangkan kotoran yang masuk ke dalam lapisan epidermis akan menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat.

Solusinya kamu harus melakukan double cleansing. Apa itu double cleansing? Sesuai dengan namanya, double cleansing adalah cara membersihkan kulit wajah menggunakan double step.

Langkah pertama dengan micellar water atau cleansing balm untuk mengangkat kotoran. Sedangkan step akhir menggunakan sabun wajah untuk membersihkan dan menyegarkan kulit.

3. Mencuci Muka 2 Kali Sehari

Pria Mencuci Muka
Seorang Pria Mencuci Muka

Apakah dengan mencuci muka setiap beberapa jam sekali bisa membersihkan kulit secara maksimal? jawabannya tidak! Intensitas mencuci wajah terlalu sering justru tidak baik untuk kulit.

Bisa terjadi dua kemungkinan jika kamu melakukan kesalahan fatal ini. Yaitu kulit menjadi kering dan mengelupas atau bahkan semakin berminyak karena respon kulit berlebihan.

Lalu berapa kali jumlah mencuci muka yang disarankan dalam sehari? 2 kali! Usahakan kamu mencuci muka pada saat mandi pagi dan malam setelah double cleansing.

Mencuci muka secara berkualitas jauh lebih worth it daripada intensitas yang berlebihan.

Artikel Lainnya: 8 Tips Perawatan Wajah Usia 40 Tahun Keatas, Yuk Dicoba!

4. Jangan Mengeringkan Wajah Dengan Berlebihan

Mengeringkan Wajah Dengan Berlebihan
Jangan Mengeringkan Wajah Dengan Berlebihan

Dengan asumsi ingin mengangkat sel kulit mati, banyak orang yang mengeringkan wajah menggunakan handuk dengan cara digosok-gosok. Tindakan tersebut merupakan suatu kesalahan fatal dalam dunia kecantikan maupun kesehatan.

Permukaan handuk yang kasar dan bertekstur justru akan merusak permukaan kulit. Wajah akan menjadi iritasi dan kemerahan karena gesekan yang berlebihan. Dalam kasus yang lebih parah, hal ini bisa menyebabkan jerawat batu maupun kulit sensitif.

5. Mendiamkan Sabun Terlalu Lama

Mendiamkan Sabun Terlalu Lama
Mendiamkan Sabun Terlalu Lama

Stop kebiasaan mendiamkan sabun terlalu lama ketika mencuci muka. Pasalnya ini tidak memberikan pengaruh apapun pada kecantikan kulitmu.

Meskipun tidak didiamkan, sabun mampu mengunci kotoran yang menempel sesaat setelah mengeluarkan busa.

Tetapi pada beberapa jenis facial wash tidak menutup kemungkinan bahwa penggunaannya haruslah didiamkan dahulu. Jadi penting sekali bagi kamu untuk membaca petunjuk penggunaannya terlebih dahulu.

6. Menggunakan Air Biasa

Cuci Muka Menggunakan Air Biasa
Cuci Muka Menggunakan Air Biasa

Banyak orang yang berasumsi bahwa mencuci wajah dengan air hangat atau dingin mampu membersihkan muka secara optimal.

Memang benar, dengan air hangat pori-pori akan melebar sehingga kotoran bisa dengan mudah diambil. Namun juga tidak menutup kemungkinan akan terjadinya iritasi akibat masuknya bakteri pada pori-pori tersebut.

Lalu, jenis air seperti apa yang disarankan untuk digunakan mencuci muka? Jawabannya adalah air biasa. Air tidak perlu hangat atau dingin, asalkan bersih dari kotoran dan bakteri. Hal ini akan meminimalisir terjadinya iritasi dan masalah kulit lain.

Baca Juga: 8 Cara Perawatan Wajah Berminyak yang Wajib Diketahui

7. Segera Gunakan Toner

Toner Dehidrasi by Olgaorly Canva
Toner

Tahukah kamu bahwa setelah mencuci wajah pH kulit akan turun drastis? Ya, wajah yang telah dibersihkan menggunakan facial wash kadar keasamannya akan menurun. Maka tak heran, kulit biasanya akan seperti ketarik dan kering.

Untuk mengatasinya, segera gunakanlah toner atau pelembab setelah mencuci muka. Tujuannya adalah menyeimbangkan pH kulit agar segera normal kembali.

8. Ikat Rambut

Ikat Rambut Saat Mencuci Muka
Ikat Rambut saat Mencuci Muka

Langkah yang terakhir dalam membersihkan wajah secara baik dan benar adalah dengan mengikat rambut. Jangan biarkan rambut berada di permukaan wajah ketika mencuci muka.

Hal ini untuk menghindari risiko berpindahnya bakteri dan kuman dari rambut ke kulit. Selain itu, dengan mengikat rambut mencuci wajah bisa menjadi lebih mudah.

Baca Juga:

Nah, itulah ulasan lengkap mengenai 7+ cara membersihkan wajah secara baik dan benar. Jika dilakukan dengan tepat, tentu kondisi kulit wajah akan semakin sehat dan bersih. Masalah kulit seperti jerawat pun bisa diminimalisir. Baca Juga: Cara Perawatan Wajah Alami.

Share:

Tinggalkan komentar