8 Cara Mengatasi Wajah Kusam Dengan Alami dan Buatan

Siapa yang mempunyai impian memiliki wajah glowing dan cantik? Hampir semua orang mengidam-idamkannya, baik itu kaum Hawa ataupun kaum Adam. Bahkan, saat ini sudah ada cara mengatasi wajah kusam secara praktis, mudah, aman dan biaya minim.

Cara Mengatasi Wajah Kusam Dengan Bahan Alami

Penampilan cantik dan bersih tentu jadi idaman setiap wanita, tidak untuk kulit kusam. Bisa jadi hal tersebut menjadikan tidak percaya diri di depan umum. Penyebabnya seperti budaya hidup tak sehat, pola makan salah, dan sebagainya.

Bagaimana cara perawatan wajah alami di rumah? Berikut macam cara mengatasi wajah kusam secara alami:

1. Pola Makan Sehat

Pola Makan Sehat by pvproductions Freepik
Pola Makan Sehat untuk Mengatasi Wajah Kusam (Foto: pvproductions/Freepik)

Tidak bisa dipungkiri lagi, kesehatan memang prioritas utama yang harus dijaga. Bila Anda mengabaikannya, maka segala aktifitas bisa terhambat. Begitu juga kondisi kulit, ternyata juga perlu dijaga salah satunya dengan mengkonsumsi makanan sehat.

Selain itu, menerapkan pola hidup sehat dengan olahraga rutin dan mengkonsumsi vitamin bisa mencegah dari kulit wajah kusam.

Hindari kebiasaan buruk seperti merokok, begadang, sering stres, salah memilih produk kecantikan, dan masih banyak lagi.

2. Minum Air Putih

Seorang Wanita Minum Air Putih by pressfoto Freepik
Seorang Wanita Minum Air Putih untuk Mengatasi Wajah Kusam (Foto: pressfoto/Freepik)

Selain menerapkan pola hidup sehat, perlu memperbanyak konsumsi air putih. Sebab dehidrasi bisa menyebabkan kekurangan cairan tubuh, alhasil bisa mengakibatkan kulit terasa kering dan kusam. Bahkan berefek pada daya tahan tubuh menurun.

Supaya cairan pada tubuh terus terpenuhi, para ahli medis menyarankan untuk minum minimal 13 gelas sehari.

Bukan itu saja, air kelapa juga baik dikonsumsi yang kaya akan vitamin C. Hal tersebut bisa menjadikan tubuh lebih segar lagi.

Artikel Lainnya: Perawatan Wajah Untuk Anak Usia 12 Tahun

3. Perawatan Wajah

Cara Merawat Wajah Wanita agar Cantik dan Menarik
Seorang Wanita Melakukan Perawatan Wajah

Tiap harinya seseorang selalu dihadapkan dengan berbagai macam aktifitas di luar ruangan sehingga wajah rentan terkena polusi udara yang dapat mempengaruhi kesehatan kulit wajah.

Maka dari itu, perawatan wajah alami secara rutin sangat diperlukan agar kondisi kulit tetap segar dan sehat. Namun perawatan wajah ini harus dilakukan dengan membersihkan muka secara rutin.

Gunakan produk perawatan sesuai dengan kondisi kulit Anda. Jika tidak, bisa menggunakan bahan alami yang tersedia banyak di toko maupun lingkungan sekitar.

4. Olahraga

Seorang Pria dan Wanita Olahraga Senam by javi indy Freepik
Seorang Pria dan Wanita Olahraga Senam (Foto: javi_indy/Freepik)

Agar kulit tidak kusam lagi, lakukan olahraga secara rutin. Hal ini bisa berguna untuk mengembalikan kondisi wajah supaya cerah dan terasa lebih kencang. Setidaknya seminggu 3 kali, tidak butuh lama yang penting rajin.

Lakukan olahraga sebisanya saja, tidak perlu dengan yang berat. Cukup senam santai ataupun berlari di pagi hari, ajak anggota keluarga supaya tidak merasa bosan. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan tubuh sehat serta segar lagi.

5. Buah Mentimun

Mentimun untuk Mengatasi Wajah Kusam by cookie studio Freepik
Seorang Wanita Melakukan Perawatan Wajah dengan Mentimun (Foto: cookie_studio/Freepik)

Manfaat yang dikandung dalam mentimun bisa membantu mengatasi masalah kulit wajah kusam dan berminyak. Selain itu, mentimun berkhasiat menyegarkan wajah. Bahan yang sangat familiar ini sangat mudah Anda dapatkan.

Cukup dengan mengiris mentimun menjadi bagian tipis, kemudian gosokkan pada seluruh permukaan wajah.

Diamkan semalaman, lalu basuh dengan air bersih besok paginya. Ulangi lagi setiap menjelang tidur.

6. Buah Alpukat

Buah Alpukat by dashu83 Freepik
Buah Alpukat (Foto: dashu83/Freepik)

Buah tropis satu ini memang sudah lama diketahui punya banyak manfaat bagi tubuh. Mengandung omega 6 dan omega 3 berkhasiat mencegah dan perawatan wajah berjerawat, serta mampu menjadikan kulit lembab dan tidak kusam. Selain bisa dikonsumsi, alpukat juga bisa digunakan untuk masker wajah.

Cara membuatnya sangat mudah dengan menghaluskan daging buah, campur dengan nanas yang sudah dihaluskan sesuai selera.

Kemudian oleskan ke seluruh bagian wajah, diamkan selama 20 menit, tunggu sampai mengering. Setelah selesai, bilas menggunakan air bersih.

Cara Mengatasi Wajah Kusam dengan Bahan Buatan

Banyak sekali produk yang menyediakan perawatan kecantikan wajah, mulai dari merawat tubuh hingga wajah. Misal sabun muka, maka carilah yang mengandung pemutih natural serta mencerahkan kulit kusam.

Berikut beberapa cara mengatasi wajah kusam dengan bahan buatan:

1. Gunakan Masker

Seorang Wanita Menggunakan Masker Kecantikan untuk Mengatasi Wajah Kusam by freestockcenter Freepik
Seorang Wanita Menggunakan Masker Kecantikan (Foto: freestockcenter/Freepik)

Banyak produsen yang menawarkan berbagai macam produk kecantikan, mulai dari obat hingga masker. Tujuannya tidak lain agar kulit wajah tetap sehat dan tidak kusam lagi. Namun jangan sampai salah pilih bahan yang akan digunakan.

Masker kecantikan sangat beragam varian serta fungsinya. Pemilihan produk tepat, tentu akan bisa mendapatkan hasil yang sesuai.

Tetapi jika sampai salah, pasti berefek pada kondisi wajah, sebab tiap orang memiliki jenis kulit berbeda-beda.

2. Gunakan Pelembab

Seorang Wanita Menggunakan Pelembab by pressfoto Freepik
Seorang Wanita Menggunakan Pelembab (Foto: pressfoto/Freepik)

Penggunaan pelembab juga bisa mengatasi muka kusam, serta menjadikan lebih cerah. Pakailah produk sesuai dengan jenis kulit Anda. Jangan sampai salah dalam memilih bahan yang bisa berefek buruk pada kondisi wajah.

Agar mendapatkan wajah sehat dan cerah, sesuaikan pelembab sesuai dengan jenis kulit Anda. Bila muka berminyak, cari produk yang bisa mengatasi komedo.

Begitu juga jika kulit terasa kering, maka gunakan bahan mengandung asam hialuronat, simethicone, dan gliserin.

Baca Juga:

Itulah tadi beberapa cara mengatasi wajah kusam. Dengan tetap menerapkan pola hidup sehat, rajin olahraga, serta menghindari hal-hal yang bisa berakibat buruk pada kulit, maka akan mendapatkan hasil yang diinginkan. Jika belum, jangan segan untuk berkonsultasi kepada dokter ahli.

Share:

Tinggalkan komentar