11 Film Horor Indonesia Terseram dan Terbaik, Wajib Ditonton!

Film horor Indonesia adalah salah satu jenis film yang paling menakutkan di seluruh dunia. Ada banyak sekali cerita horor dari negara kita yang bahkan terkenal hingga ke luar negeri karena dijadikan karya film.

Film horor karya anak negeri juga tidak kalah kualitasnya dengan film horor karya orang luar.

Bagi Anda yang memang sangat suka memacu adrenalin dengan nonton film horor Indonesia, harus banget tahu daftar film horor terbaik dan terseram karya anak bangsa.

Berbagai film yang akan kami sebutkan di bawah ini sangat terkenal dengan alur ceritanya yang seram dan membuatmu susah tidur. Apa saja film horor terbaik dan terseram Indonesia tersebut?

Artikel Lainnya: The Invisible Man (2020): Sinopsis Film Horor dan Trailer

Rekomendasi Film Horor Indonesia Terseram Yang Wajib Ditonton!

Rekomendasi Film Horor Indonesia Terseram
Rekomendasi Film Horor Indonesia Terseram

Pada dasarnya cerita hantu-hantu yang ada di negara kita lebih menyeramkan dibandingkan dengan negara lain.

Tak heran jika film horor Indonesia menjadi tontonan langganan bagi mereka yang suka dengan tayangan yang memacu adrenalin para penontonnya. Berikut ini berbagai film horor terbaik Indonesia beserta trailer filmnya yang harus Anda ketahui :

1. Rumah Kentang: The Beginning (2019)

Official Trailer Film Horor Indonesia Berjudul Rumah Kentang: The Beginning (2019) (Source: Youtube)

Pada posisi pertama, Rumah Kentang: The Beginning yang ditayangkan pada tahun 2019 menyabet predikat film horor Indonesia terseram.

Namun, berbeda dengan film horor lain, film ini justru “menjual” kentang yang umumnya jadi bahan masak, menjadi unsur horor utama dalam film tersebut.

Rumah Kentang menceritakan tentang sebuah rumah kuno yang menyimpan misteri, dan menyangkut pembunuhan seorang anak yang dahulunya menghuni rumah tersebut.

2. Ratu Ilmu Hitam (2019)

Official Trailer Ratu Ilmu Hitam (2019)

Film horor Indonesia terbaik berikutnya yaitu Ratu Ilmu Hitam, yang di-remake dari film dengan judul sama di tahun 1981.

Film ini juga melibatkan Joko Anwar dalam prosesnya, namun sebagai penulis naskah. Sedangkan sutradaranya yaitu Kimo Stamboel.

Film ini menceritakan tentang Suzanna, Ratu Ilmu Hitam yang melegenda di Indonesia. Film ini termasuk yang terbaik dalam genre horror karena memiliki alur cerita yang sangat bagus.

3. Sunyi (2019)

Official Trailer Film Horor Indonesia Berjudul Sunyi (2019)

Selanjutnya, film horor Indonesia terbaik diperoleh oleh Sunyi yang dirilis di bioskop pada tahun 2019.

Film ini diperankan oleh para aktor dan aktris muda tanah air dengan visual yang menawan, namun dengan plot cerita yang menyeramkan. Film ini disutradarai oleh sutradara film Danur, yaitu Aqi Suryadi.

Sunyi menceritakan tentang isu perundungan di sekolah yang menyebabkan banyak pelajar junior meninggal dunia. Film ini merupakan remake dari film Korea horor yang terkenal yaitu Whispering Corridors.

Baca Juga: Film The Conjuring The Devil Made Me Do It (2021)

4. Kafir : Bersekutu Dengan Setan (2018)

Official Trailer Kafir : Bersekutu Dengan Setan (2018)

Film horor terbaik dan terseram Indonesia selanjutnya yang sangat kami rekomendasikan untuk Anda yaitu Kafir: Bersekutu dengan Setan.

Film ini disutradarai oleh Azhar Kinoi Lubis dan dirilis ke bioskop pada tahun 2018. Film ini menyajikan alur cerita yang cukup mistis, dengan latar belakang tahun 90-an.

Film ini mampu membuat merinding siapapun yang melihatnya, dengan alur cerita tentang seorang wanita yang mengalami banyak tragedi horor setelah suaminya meninggal dunia secara tidak wajar.

5. Sebelum Iblis Menjemput (2018)

Official Trailer di Youtube: Sebelum Iblis Menjemput (2018)

Pada urutan berikutnya, film berjudul Sebelum Iblis Menjemput juga menjadi salah satu film horor terbaik Indonesia. Film ini harus banget Anda tonton di rumah sendiri atau bersama keluarga di saat pandemi virus corona atau setelah pandemi.

Film yang dibintangi oleh Chelsea Islan dan dirilis tahun 2018 ini menjadi film thriller dan horor yang ceritanya sangat tak mudah dilupakan.

Ibu tokoh utamanya meninggal, ayahnya menikah lagi, dan lalu beliau mengalami sakit yang cukup misterius. Penyebabnya tentu berkaitan dengan dunia lain, yang membuatnya harus berurusan dengan hal-hal yang menakutkan.

6. Danur: I Can See Ghost (2017)

Official Trailer Danur: I Can See Ghost (2017)

Serial Danur memang sangat terkenal karena dikisahkan langsung oleh Risa Saraswati, seorang indigo yang sudah berteman dekat dengan dunia hantu sejak kecil.

Dirinya memiliki banyak hantu dari berbagai kalangan, dan dituangkan pada novel yang kini difilmkan dengan judul yang sama.

Risa Saraswati sendiri memiliki banyak teman hantu yang kebanyakan berasal dari bangsa Belanda, yang tentunya sangat menarik perhatian.

Danur dibuat dengan 3 seri, namun versi yang paling menyeramkan menurut penonton adalah Danur 1 : I Can See Ghost.

Baca Juga: 7 Situs Streaming Film Terbaik 2021 | IndoXXI & Dunia21 Gratis

7. Mata Batin (2017)

Official Trailer Mata Batin (2017)

Film Indonesia terbaik dan terseram lainnya yang akan sangat membuatmu merinding ketika berada sendirian di rumah yaitu Mata Batin.

Film ini dirilis di bioskop pada tahun 2017 dan disutradarai oleh Ricky Soraya. Mata Batin menceritakan seorang anak kecil yang memiliki mata batin dan bisa melihat hantu.

Ia bercerita pada kakaknya jika di rumah mereka banyak arwah gentayangan. Sang kakak yang meminta mata batinnya dibuka oleh paranormal sangat ketakutan dengan suasana yang ada di rumah tersebut.

8. Pengabdi Setan (1980 & 2017)

Official Trailer Pengabdi Setan (2017)

Pengabdi Setan yang ditayangkan pada tahun 2017 agak berbeda dengan yang ditayangkan pada tahun 1980, namun latarnya tetap di tahun 80’an.

Film ini pada dasarnya menceritakan tentang meninggalnya seorang penyanyi terkenal yang sakit selama 3 tahun sebelum kematiannya.

Pengabdi Setan tahun 1980 disertai dengan kebahagiaan sebelum penyanyi tersebut meninggal.

Sedangkan Pengabdi Setan tahun 2017 fokus pada suasana berkabung setelahnya, disertai dengan fokus cerita horor yang lebih berkembang dan disempurnakan.

9. Pintu Terlarang (2009)

Trailer Pintu Terlarang (2009)

Joko Anwar memang digadang-gadang sebagai salah satu sutradara film horor terbaik Indonesia.

Film Pintu Terlarang yang dirilis pada tahun 2009 menjadi salah satu karya besar Joko Anwar yang pantas disebut sebagai film horor Indonesia terseram.

Pintu Terlarang (The Forbidden Door – Netflix) menceritakan tentang pematung yang suka membuat patung ibu hamil.

Patung tersebut terlihat hidup, dan didalamnya menyimpan janin bayi yang didapatkan Gambir, tokoh utama, dari klinik aborsi.

Baca Juga: Sinopsis Black Water Abyss, Buaya Sang Predator

10. Keramat (2009)

Official Trailer Keramat (2009)

Selanjutnya, judul film horor Indonesia terbaik dan terseram yang sangat direkomendasikan untuk Anda yaitu Keramat.

Film ini dirilis tahun 2009 dan disutradarai oleh Monty Tiwa. Film yang satu ini walaupun dirilis 12 tahun lalu, sudah menyajikan alur film yang agak modern.

Keramat menceritakan tentang pengalaman seram kru syuting film sewaktu ingin mengambil gambar di daerah Bantul. Kejadian-kejadian seram terjadi karena daerah yang akan digunakan untuk syuting film begitu keramat.

11. Bangsal 13 (2004)

Trailer Bangsal 13 (2004)

Pada posisi terakhir, film horor Indonesia terbaik dan terseram selanjutnya yang sangat kami rekomendasikan yaitu Bangsal 13.

Film yang satu ini dibuat pada tahun 2004, dan disutradarai oleh Ody C. Harahap. Film ini menceritakan tentang kecelakaan yang dialami Nat dan Mina, yang memaksa para suster membuka kunci Bangsal 13 yang telah ditutup puluhan tahun.

Ada banyak pantangan yang dilanggar oleh Nat dan kekasihnya, yang mengakibatkan teror terjadi. Mina, berhasil selamat dengan menyimpan kenangan buruk akan bangsal tersebut selamanya.

Baca Juga:

Itulah 11 film horor di Indonesia yang terbaik dan paling seram sepanjang sejarah yang sangat direkomendasikan bagi Anda.

Anda bisa menonton film horor Indonesia disini: Streaming Film Indonesia. Semoga informasi yang kami berikan di atas bisa menjadi referensi Anda nantinya!

Share:

Tinggalkan komentar