Jurusan ADMINISTRASI BISNIS dan 7 Prospek Kerjanya

Ilmu administrasi bisnis atau administrasi niaga belakangan ini menjadi studi atau jurusan kuliah yang banyak dipilih oleh mahasiswa di berbagai universitas. Namun apa sebenarnya administrasi bisnis itu sendiri?

Administrasi bisnis adalah kegiatan niaga administrasi yang mempelajari seluruh kegiatan operasional perusahaan dan bisnis. Mulai dari kegiatan pengelolaan keuangan, pemasaran, produksi, dan Sumber Daya Manusia (SDM).

Bukan tanpa alasan, kepopuleran ilmu administrasi niaga disebabkan oleh banyaknya prospek kerja yang ditawarkan. Apa saja prospek kerjanya? Simak jawabannya dalam ulasan lengkap di bawah ini!

Prospek Kerja Administrasi Bisnis

Karena mempelajari cukup banyak cakupan bisnis, administrasi bisnis memiliki banyak sekali prospek kerja yang bagus dan cemerlang. Apa saja? Berikut list-nya!

1. Staff Administrasi

Staff Administrasi
Prospek Kerja Administrasi Bisnis Salah Satunya Staff Administrasi

Prospek kerja pertama dari jurusan administrasi bisnis yaitu sebagai staff administrasi. Posisi staff administrasi dalam sebuah perusahaan cukup beragam. Mulai dari administrasi pajak, gudang, pembukuan, umum, dan masih banyak lagi.

Tugas dari seorang staff administrasi cukup mudah yaitu membuat rekapitulasi atau filling bukti transaksi atau surat berharga lainnya.

Tidak hanya merekap, staff administrasi juga harus mempersiapkan dan menyimpan dokumen yang diperlukan dengan baik. Seperti kontrak kerja, surat pembelian, kontrak kerjasama, dan lain-lain.

Artikel Lainnya: 9 Peluang Usaha di Desa dan Tips Bisnisnya

2. Staf Sumber Daya Manusia (HRD)

Staf Sumber Daya Manusia HRD
Staf Sumber Daya Manusia (HRD)

Posisi lain yang bisa diraih alumni jurusan administrasi niaga yaitu sebagai Human Resoruces Development (HRD) atau lebih dikenal dengan personalia.

Posisi ini cukup bergengsi dalam sebuah perusahaan, karena memiliki wewenang penuh atas pengelolaan SDM. Seperti proses perekrutan, perpanjangan kontrak kerja, penyaringan tenaga kerja, rekap pembayaran, dan lain sebagainya.

Untuk bisa menjadi seorang HRD, kamu sebagai lulusan administrasi niaga harus mengembangkan beberapa skill. Seperti komunikasi, analisa, teamwork, relationship atau membangun jaringan, dan memberdayakan serta mengembangkan orang lain.

3. Staff Marketing

Staff Marketing
Seorang Pria Sebagai Staff Marketing Menjelaskan Planning ke Client

Jangan terkecoh dengan namanya, meskipun sebagai staff marketing tetapi posisi ini memiliki penghasilan yang cukup besar loh! Sebagai seorang yang pernah mengenyam materi marketing dalam jurusan administrasi negara, pekerjaan ini cocok sekali untuk kamu pilih.

Sesuai dengan namanya, tugas dari seorang staff marketing adalah memasarkan dan meningkatkan penjualan produk atau jasa perusahaan.

Staff marketing harus memikirkan berbagai cara dan strategi untuk mencapai tujuannya. Mulai dari promosi, diskon, dan lain sebagainya.

Jenjang karir dalam divisi pemasaran ini cukup cemerlang. Jika kinerja staff marketing memuaskan, tidak menutup kemungkinan untuk naik jabatan menjadi seorang manajer pemasaran.

Artikel Lainnya: 7 Ide Bisnis Online untuk Pelajar yang Menguntungkan

4. Manajemen Perusahaan

Manajemen Perusahaan
Manajemen Perusahaan

Satu lagi prospek kerja yang ditawarkan jurusan ilmu administrasi niaga atau bisnis yaitu masuk ke dalam jajaran manajemen perusahaan.

Tugas dari seorang manajer yaitu memimpin, mengarahkan, dan membimbing bawahannya untuk bisa mencapai target setiap divisi.

Tidak sampai di situ, seorang manajer dituntut untuk melakukan pengambilan keputusan yang terbaik dan tepat. Tujuan utama setiap planning yang telah direncanakan bisa berjalan dengan semestinya.

Untuk bisa menduduki jajaran manajemen dalam perusahaan, seorang lulusan administrasi niaga harus mengembangkan beberapa skill. Kemampuan yang dibutuhkan seperti komunikasi, delegasi, training orang lain, dan membantu orang lain.

Tidak selalu dari posisi bawah, kini untuk menjadi seorang manajer caranya cukup mudah. Menjadi manajer dengan melamar job vacancy di program management trainee.

Jika kualifikasimu memenuhi, dijamin kamu akan mencapai kesuksesan dalam waktu singkat di perusahaan. Pelajari juga: Manajemen Bisnis.

5. Konsultan Bisnis

Konsultan Bisnis
Konsultan Bisnis

Sebagai seorang yang telah khatam dalam ilmu bisnis, lulusan administrasi niaga bisa mencoba pekerjaan sebagai konsultan bisnis.

Sesuai dengan namanya, konsultan bisnis memiliki tugas untuk memberikan saran bisnis kepada klien. Namun wewenang konsultan bisnis hanya sebatas memberikan nasihat bukan untuk mengimplementasikan kebijakan.

Posisi konsultan bisnis terbagi menjadi dua jenis, yaitu konsultan internal dan eksternal. Perbedaan kedua posisi tersebut hanya terletak pada tempat bekerjanya.

Di mana konsultan internal merupakan seorang karyawan dalam sebuah perusahaan. Sedangkan konsultan eskternal adalah seseorang yang bekerja dalam firma atau agensi konsultan.

Baca Juga: Bisnis Online Adalah? Ini Pengertian dan Beberapa Bidangnya

6. Entrepreneur atau Pengusaha

Entrepreneur atau Pengusaha
Seorang Wanita Menjadi Entrepreneur atau Pengusaha

Tidak selalu sebagai seorang karyawan di sebuah perusahaan, lulusan administrasi niaga juga bisa menjadi seorang pengusaha atau entrepreneur.

Dengan menjadi seorang pengusaha kamu bisa bebas mengelola bisnismu sendiri. Agar bisa berkembang secara pesat, kamu bisa mengimplementasikan berbagai bidang ilmu yang dipelajari di bangku perkualiahan.

Sebelum itu, pastikan kamu memiliki kreativitas, ide, kegigihan, dan strategi yang matang.

Sukses atau tidaknya bisnis, tergantung dari keputusan yang kamu buat dalam berbisnis offline atau bisnis online. Untuk menunjang bisnis dan administrasi, kamu bisa menggunakan Whatsapp bisnis.

7. Dosen

Dosen
Dosen

Prospek kerja terakhir dari jurusan administrasi bisnis adalah sebagai dosen. Dosen merupakan seseorang yang mengajar di tingkat perkualiahan. Untuk bisa menjadi seorang dosen, pastikan kamu menguasai setiap detail dari ilmu administrasi.

Tidak hanya pengetahuan, syarat lain untuk menjadi dosen adalah kualifikasi pendidikannya.

Di mana untuk dosen S1, minimal pendidikannya haruslah lulusan S2 atau S3. Begitupun untuk dosen S2, kualifikasi pendidikan yang dibutuhkan adalah S3 dan Professor.

Baca Juga:

Nah, itulah ulasan lengkap mengenai pengertian dan prospek kerja dari jurusan administrasi bisnis.

Bagaimana setelah mengetahui prospek kerjanya, kamu mulai tertarik untuk mempelajari bidang studi ini? Semangat ya dan jangan lupa share artikel ini.

Share:

Tinggalkan komentar